Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Rekomendasi Buah Dengan Kandungan Vitamin E Tinggi

30 December 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Blackberry dan Raspberry

2. Aprikot

3. Jambu Biji

4. Kiwi

5. Delima

6. Alpukat

7. Pepaya

8. Strawberry

Sumber Referensi

Sama seperti jenis vitamin lainnya, Vitamin E menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin ini punya peran penting karena tingginya kandungan zat antioksidan yang dapat membantu sel agar dapat bertahan dari serbuan radikal bebas.

Dengan demikian, sel tidak akan mudah rusak dan tubuh pun jadi tidak rentan terhadap penyakit. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, Vitamin E juga bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit hingga mendukung kesuburan organ reproduksi. Namun untuk mendapatkan khasiatnya, kamu perlu rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan Vitamin E secara rutin. Mengingat kebutuhan vitamin E setiap orang berbeda-beda dan tergantung dari usianya. Sebaiknya konsumsilah sesuai kebutuhan, jangan terlalu sedikit atau malah berlebihan.

Seseorang bisa dikategorikan tercukupi kebutuhannya akan Vitamin E apabila telah mencapai angka berikut :

● 4-8 tahun = 7 miligram
● 9-13 tahun = 11 miligram
● Dewasa = 15 miligram
● Ibu Menyusui = 19 miligram

Setelah mengetahui seberapa besar kebutuhan vitamin E yang diperlukan oleh tubuh. Kamu bisa mendapatkannya lewat suplemen atau beberapa jenis buah yang mengandung vitamin E. Berikut ini sudah ada berbagai buah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu kamu untuk memenuhi asupan vitamin E.

1. Blackberry dan Raspberry

Raspberry memenuhi 5% dosis harian tubuh akan vitamin E. Sedangkan, blackberry mengandung 1,7 miligram vitamin E atau setara 11% angka kecukupan gizi (AKG) harian. Fungsi vitamin E dalam kebuah ini bisa menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan berat badan secara efektif.

2. Aprikot

Aprikot kemungkinan masih terasa asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, rasa manisnya begitu khas dan segar di tenggorokan, meskipun bentuknya cukup kecil. Akan tetapi, manfaat buah dari Tiongkok ini sangat besar bagi tubuh.

Aprikot mempunyai kandungan vitamin E sekitar 1,4 miligram atau setara dengan 9% dosis harian vitamin E yang diperlukan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan antioksidannya cukup tinggi dan bisa membantu menangkal radikal bebas ditubuh.

3. Jambu Biji

Buah yang sedikit kecut dan manis ini ternyata juga mengandung antioksidan tinggi. Kandungan tersebut akan mendukung peran vitamin E yang terkandung dalam jambu. Satu buah jambu sudah mengandung sekitar 1,2 miligram vitamin E.

Setara dengan 8% dosis harian vitamin E yang diperlukan tubuh. Kandungan vitamin E dalam jambu juga berfungsi untuk melawan infeksi, meningkatkan sel pertahanan tubuh dan menjaga keremajaan kulit.

4. Kiwi

Perpaduan rasa antara asam dan manis dari kiwi sangat menyegarkan tenggorokan. Selain dapat dikonsumsi langsung, kiwi juga biasanya dijadikan olahan salad buah atau jus. Selain rasanya yang segar, tahukah kamu bahwa kiwi mengandung vitamin E yang cukup besar?

Untuk satu buah kiwi mengandung sekitar 2,6 miligram vitamin E atau setara dengan 18% dosis harian vitamin E untuk tubuh. Kiwi juga termasuk buah yang kaya akan antioksidan dan sumber serat. Jadi, tidak hanya membantu proses pencernaan, namun menjaga kesehatan kulit.

5. Delima

Buah berukuran 5-12 cm ini cukup mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional. Rasanya yang manis ternyata sudah menyimpan berbagai macam manfaat untuk tubuh.

Diantaranya meningkatkan kesuburan, dan meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Sehingga manfaat tersebut juga diperoleh dari vitamin E sekitar 1 miligram dalam buah delima.

6. Alpukat

Alpukat seringkali diolah berbentuk jus, rasanya yang segar sangat nikmat dikonsumsi saat siang hari. Apabila dikonsumsi secara teratur, maka alpukat bisa menjaga kesehatan mata dan jantung.

Manfaat tersebut juga diperoleh oleh kandungan vitamin E didalamnya. Satu buah alpukat telah mengandung 0,4 miligram vitamin E atau setara dengan 3% dosis harian vitamin E yang diperlukan tubuh.

7. Pepaya

Pepaya tentunya lebih mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Buah satu ini juga kaya akan serat dan vitamin E. Buah ini telah terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam satu buah pepaya mengandung 0,4 miligram vitamin E setara dengan 3% dosis harian vitamin E yang diperlukan tubuh. Buah mampu menjaga kesehatan kulit agar terhindari dari penyakit infeksi.

8. Strawberry

Strawberry dapat dimakan langsung atau sebagai campuran kue, namun rasanya tetap saja nikmat. Kamu tidak akan dapat menilai manfaat strawberry hanya dari bentuknya yang kecil.

Ini karena dalam satu gelas strawberry mengandung 0,5 miligram vitamin E atau setara dengan 3% dosis harian vitamin E. Selain bisa mencegah penuaan dini pada kulit, strawberry juga mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi.

Bagaimana, kamu sudah menentukan ingin mengonsumsi buah apa hari ini? Pastinya kamu bisa memperoleh berbagai khasiat vitamin E, apabila mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin. Tidak lupa untuk selalu berolahraga dan jaga pola hidup sehat, agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Sumber Referensi


Pyridam Farma. 2022. Inilah 7 Buah Mengandung Vitamin E yang Tinggi [online] (https://pyfahealth.com/blog/buah-mengandung-vitamin-e/ di akses 24 Desember 2022)

Kelvin Halim S Gz. 2022. Buah yang Mengandung Vitamin E dan C [online] (https://jovee.id/buah-yang-mengandung-vitamin-e-dan-c/ di akses 24 Desember 2022)

Rizka Noveliana. 2022. Inilah 4 Buah Mengandung Vitamin E Tinggi, Dapatkan Kulit Awet Muda! [online] (https://www.momsmoney.id/news/inilah-4-buah-mengandung-vitamin-e-tinggi-dapatkan-kulit-awet-muda-1 di akses 24 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya