Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Flow Yoga Shala: Ruang untuk Mengharmoniskan Jiwa dan Raga Masyarakat Lampung

18 April 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

10 Tahun Pertahankan Eksistensi Sejak 2014

Sediakan Kelas Yoga Paket Lengkap

Siapa Saja Bisa Beryoga di Flow Yoga Shala Lampung

Jadwal Latihan dan Harga Membership

Yoga Selaraskan Jiwa dan Raga

Dilatih Instruktur Bersertifikat dan Berpengalaman

Yoga memang telah dikenal sebagai salah satu olahraga yang bisa menyelaraskan jiwa dan raga. 

Rupanya, hal tersebut turut dibuktikan dan dirasakan oleh Floriana Sundari Loung, founder sekaligus instruktur di studio yoga bernama Flow Yoga Shala Lampung. 

Tim Nirvana Indonesia Yoga berbincang langsung dengan Miss Flo dan dua instruktur lainnya yakni Miss Merry dan Miss Shinta. 

Tak cuma membagikan keseruan beryoga di Flow Yoga Shala Lampung saja, ketiganya juga turut membagikan pengalaman masing-masing saat menggeluti yoga.

Penasaran seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

10 Tahun Pertahankan Eksistensi Sejak 2014

Miss Flo menuturkan bahwa Flow Yoga Shala Lampung telah berdiri hampir 10 tahun, tepatnya pada 22 Juni 2014 lalu. 

Penggunaan nama studio, disamping menyerupai namanya yakni FLORI, kata FLOW dipilih karena memiliki arti MENGALIR.

Ia berharap, agar siapa saja yang beryoga di Flow Yoga Shala Lampung, energinya bisa mengalir dengan lancar, tidak terhambat dan tidak tertumpuk. Sehingga tubuhnya sehat secara keseluruhan baik jiwa maupun raganya. 

Selain berlatih yoga, Miss Flo mengungkapkan bahwa studionya juga memiliki sejumlah kegiatan sosial rutin. “Kita juga mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan yoga. 

Bahkan tahun ini kita berencana mengundang guru yoga dari Pulau Dewata, Mr. Putu. Di tahun sebelumnya kita sempat mengundang Ni Lesti Wari, guru yoga asal India dan belajar banyak dari beliau,” katanya.

Direncanakan juga tahun ini Flow Yoga Shala Lampung akan mengadakan Yoga Charity berupa pembagian paket sembako kepada yang membutuhkan, donor darah. 

Serta mengajak anak-anak panti asuhan membeli sepatu baru. Sementara untuk kegiatan Yoga Trip direncanakan ke Jimbaran atau Pantai Amed, Bali dan Hokkaido, Jepang.

Sediakan Kelas Yoga Paket Lengkap

Ciri khas Yoga Shala Lampung adalah studio yoga paket lengkap. Lengkap dari peralatan hingga beragamnya jenis yoga yang ditawarkan hingga siapa saja bisa beryoga disini (anak- anak, orang dewasa dan ibu hamil).

"Itu tuh ketiga kekuatannya, dari anak-anak 4 tahunan sampai oma-oma usia 71 tahun, dari yang segar bugar, belum menikah, hamil sampai menyusui, ada programnya," ungkap Miss Flo. 

Namun khusus kelas Prenatal Yoga, Miss Shinta menuturkan sebelum memulai latihan, member diminta sharing dahulu terkait kehamilannya. 

“Member akan kita aja diskusi, apa saja dirasakan selama masa kehamilan. Hal ini dilakukan agar latihan yoga yang diberikan bisa maksimal,” tuturnya.

Flow Yoga Shala Lampung menyediakan beragam jenis yoga. Mulai dari yoga Vinyasa, Wheel Yoga, Basic Yoga, Fly Yoga, serta Iyengar Yoga (Miss Flo). 

Untuk kelas Prenatal, Flow Yoga Dance diajar oleh Miss Shinta. Sementara Miss Merry khusus mengajar di kelas Yoga Kids.

Tak perlu ragu terkait fasilitas yang tersedia, karena cukup lengkap. Mulai dari perlengkapan Iyengar Yoga, kemudian wheel, matras, yoga strap, balok, balok kayu.

Siapa Saja Bisa Beryoga di Flow Yoga Shala Lampung

Adapun batas usia untuk setiap kelas yoga yang disediakan bermacam-macam. Pada kelas Yoga Kids, Miss Flo menuturkan sebenarnya dimulai dari usia 4-11 tahun, kemudian usia 12-15 tahun sudah masuk ke dalam kategori Teen Yoga. 

Akan tetapi, di Flow Yoga Shala, anak usia 12-15 tahun masih berada dalam kelas Kids Yoga, dan ketika menginjak usia di atas 15 tahun baru memasuki kelas Teen Yoga.

“Namun bagi anak-anak yang berusia 17 tahun-an biasanya tidak suka ikut dengan kelas reguler, lantaran latihan yoganya lebih mengarah ke stretching. 

Miss Flo mengatakan tidak ada batasan usia khusus untuk bisa mengikuti kelas yoga di studionya. Bahkan ada member yang usianya sudah mencapai 71 tahun, namun masih aktif beryoga,” ceritanya.

Lebih lanjut, Miss Flo mengungkapkan pada awalnya, studio yoganya menerima semua kalangan, baik wanita maupun pria. 

Namun lambat laun, ia dan member lainnya merasa lebih nyaman bila dalam satu kelas hanya perempuan saja. Sehingga saat ini, semua member hanya perempuan saja. 

“Gak menutup kemungkinan untuk memberikan kelas yoga terhadap kaum adam. Akan tetapi hanya untuk kelas-kelas spesial atau workshop. Terkait dengan jadwal latihan, kelas dibuka full dari Senin hingga Minggu,” jelas Miss Flo.

Jadwal Latihan dan Harga Membership

Selain offline, Studio Flow Yoga Shala juga menyediakan kelas online dan privat. “Kelas online awalnya ada saat pandemi. Namun ternyata hingga sekarang banyak member masih mengikuti. 

Nah siapa saja yang tertarik bisa ikut setiap Sabtu, pukul 6.30 - 7.30. Semanetara private bisa dilakukan di rumah maupun studio. Sesuai kesepatan saja dengan member,” jelas Miss Flo.

  • Untuk hari Senin hingga Jumat, kelas tersedia dari pukul 06.30 - 07.30, 08.00 - 09.00, 16.00 - 17.00, dan 17.00 - 18.00.
  • Sementara untuk hari Sabtu, kelas tersedia dari pukul 06.30 - 07.30 dan 08.00 - 09.00.
  • Kelas Yoga Kids dimulai pukul 10.00 - 11.00.
  • Sementara untuk hari Minggu, hanya ada satu kelas tambahan yakni Fly Yoga, pada pukul 08.30 - 09.30.

Soal harga, jangan khawatir sebab biayanya relatif terjangkau. Untuk menjadi member, hanya perlu membayar biaya sebesar Rp200.000 - Rp300.000/bulan dan sudah bisa mendapatkan 4 kelas. 

Sementara bagi kalian yang masih ragu dan ingin coba-coba dulu, hanya perlu mengeluarkan biaya senilai Rp80.000-Rp100.000 untuk satu kelas (walk-in).

Yoga Selaraskan Jiwa dan Raga

Selama hampir 10 tahun tepatnya sejak 2014 lalu, Miss Flo menuturkan yoga tidak hanya memberikan manfaat fisik bagi dirinya. Lebih dari itu, yoga merupakan sebuah gaya atau cara hidup.

“Yoga mengajarkan cara menjaga keseimbangan secara menyeluruh (holistic), sehingga hidup bisa dijalani dengan nyaman dan lebih baik. Bahkan teknik-teknik yoga juga sangat praktis, sehingga selalu bisa diterapkan secara sederhana,” katanya.

Ada lima prinsip utama yakni latihan yang tepat (Asana), pernapasan yang tepat (Pranayama), relaksasi atau istirahat yang tepat (Savasana), pola makan dan nutrisi yang tepat, serta berpikir positif dan meditasi.

Miss Flo menerangkan, yoga bukan hanya tentang pose dan postur. Yoga tidak hanya membentuk tubuh yang sehat, tetapi juga melatih pikiran dan jiwa seseorang. 

Seluruh kegiatan di Flow Yoga Shala pun merupakan bentuk penjabaran dari ajaran-ajaran dalam menjalankan yoga untuk mencapai tubuh, pikiran, dan jiwa yang sehat.

“Hal yang tak kalah penting, berlatih yoga sebenarnya juga merupakan latihan hubungan kita dengan diri sendiri dan dengan sesama. Maka dari itu, latihan tidak hanya di dalam kelas dan di atas matras. Melainkan juga termasuk dalam mengelola hubungan dengan sesama, melalui kegiatan charity dan trip,” terang Miss Flo.

Sementara bagi Miss Shinta, selama melakukan yoga, bukan hanya tubuhnya yang lebih sehat. Namun hati dan jiwanya jadi lebih damai. 

Bahkan ia mengaku dalam perjalanannya mengembangkan studio yoga ini, ia tidak pernah merasakan duka.

“Saya dulu ada alergi, sekarang sudah hilang. Karena memang lebih banyak rasa suka yang dirasakan. Tapi bukan berarti gak ada tantangan selama mengajar. Sebab adakalanya member itu ngotot alias bersikeras ingin melakukan asana di luar kemampuan dan ilmunya. Disini saya jadi lebih sabar, tetap mengajarkan, namun secara step by step dan memberikan penjelasan mendetail,” ceritanya.

Tak jauh berbeda dari keduanya, bagi Miss Merry, yoga adalah aktivitas yang membuat dirinya bisa menolong diri sendiri dan bisa menolong orang lain. “Yoga menyatukan diri saya, membuatnya lebih selaras secara keseluruhan. Membuat saya di kehidupan sehari-hari jadi lebih sabar, damai dan tenang.

Bagi Miss Merry terdapat satu peristiwa berharga yang ia lalui bersama Flow Yoga Shala. Tak bisa dilupakan karena bukan hanya kebahagiaan tapi juga memberikan kesan yang luar biasa. 

Yakni saat acara Yoga Spirit Lampung Festival, dimana banyak pakar yoga ternama hadir dan membagikan ilmu, salah satunya Anjasmara.

Dilatih Instruktur Bersertifikat dan Berpengalaman

Sebelum akhirnya menuntaskan teacher training, seluruh instruktur di Flow Yoga Shala Lampung merupakan orang yang mencintai dan mendedikasikan hidupnya pada yoga. 

Ketiganya sudah terlebih dahulu menggeluti yoga bertahun-tahun dan mempelajari berbagai jenis yoga.

Seluruh instruktur yang mengajar di Flow Yoga Shala Lampung masing-masing memiliki sertifikat profesional. 

Adapun sertifikasi yang mereka miliki diantaranya :

  • Santosha Yoga Institute, untuk foundation, kids, dan prenatal yoga
  • Radiantly Alive, dengan Les Leventhal untuk advance
  • Yoga Mix dengan Master Slamet
  • Carin Align Yoga School
  • Sky Yoga dengan Pedro Salazar dan Shae Eloise
  • Aerial Yoga Girl Kamafit dengan Karlene (online)
  • Soft Prenatal Yoga dengan Teh Erna Nena
  • Kids Yoga, Akademi Yoga Indonesia dengan Didi Ananda Subhada
  • Teen Yoga, Bliss Yoga Gram, dengan Chloe Thorogood

Tunggu apalagi, yuk langsung gabung dengan studio Flow Yoga Shala, khususnya Kamu yang berada di wilayah Lampung dan sekitarnya. 

Untuk informasi lebih lanjut bisa datang ke studio di Cluster Versailles, Blok A3 nomor 32, Citra Garden, Telukbetung, Lampung atau kunjungi lewat laman Instagram di akun @yogalampung.

article

Artikel Terkait Lainnya