Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Matras Yoga Anti-Slip, Solusi Aman untuk Latihan Yoga yang Intens

27 September 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengapa Memilih Matras Yoga Anti-Slip?

Kapan Matras Yoga Anti-Slip Sangat Diperlukan?

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Matras Yoga Anti-Slip

Nirvana Multiverse Mat : Matras Yoga Anti-Slip Terbaik di Pasaran

Latihan yoga merupakan cara yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental. Salah satu faktor penting yang mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berlatih adalah pemilihan matras yoga yang tepat. Apalagi bagi kamu yang sering melakukan latihan intens, memilih matras yoga anti-slip bisa menjadi solusi terbaik untuk mendukung aktivitas ini.

Mengapa Memilih Matras Yoga Anti-Slip?

Saat berlatih yoga, terutama untuk pose-pose yang membutuhkan keseimbangan dan stabilitas tubuh, matras yoga anti-slip sangat penting, sebab memang dirancang untuk memberikan cengkeraman yang baik pada permukaannya. 

Sehingga tubuh tetap stabil saat bergerak atau mempraktikkan pose. Selain itu berikut alasan lain mengapa matras yoga anti-slip penting

  • Mencegah Cedera: Ketika tangan atau kaki tergelincir saat berpose, risiko cedera seperti terkilir, jatuh, atau keseleo bisa meningkat. Matras anti-slip mengurangi risiko ini dengan memberikan daya cengkeram yang lebih kuat.
  • Meningkatkan Kenyamanan Saat Berlatih : Ketika kita merasa lebih stabil, kita bisa fokus lebih pada latihan itu sendiri tanpa khawatir jatuh tergelincir hingga cedera. Tentu ini memberikan kenyamanan ekstra bagi tubuh.

Kapan Matras Yoga Anti-Slip Sangat Diperlukan?

Matras yoga anti-slip sangat diperlukan dalam beberapa kondisi terutama ketika kamu melakukan latihan yoga yang intens, seperti saat melakukan yoga jenis Bikram, Vinyasa, atau Ashtanga. Sebab ketiganya melibatkan gerakan yang dinamis disertai “mulusnya” transisi dari satu asana ke asana lainnya, stabilitas ekstra sangat diperlukan disini.

Selain itu, saat kamu berlatih Hot Yoga, pada yoga jenis ini, dapat dipastikan kamu akan berkeringat lebih ekstra. Tentu keringat yang bercucuran bisa menyebabkan matras menjadi licin, dan matras anti-slip akan sangat membantu menjaga stabilitas kamu meskipun kondisi tubuh berkeringat.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Matras Yoga Anti-Slip

Ketika memilih matras yoga anti-slip, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah lima hal yang harus ada dalam matras yoga anti-slip yang ideal.

  • Bahan Matras

Bahan matras yoga sangat memengaruhi daya cengkeramannya. Matras yang terbuat dari PVC, TPE, atau karet alami cenderung memiliki daya cengkeraman lebih baik jika dibandingkan dengan bahan seperti busa. Karet alami, misalnya, memiliki tekstur yang cenderung lebih grippy, ideal untuk mencegah tergelincir.

  • Ketebalan Matras

Matras yoga yang ideal tidak hanya anti-slip, tapi juga memiliki ketebalan yang memadai untuk mendukung kenyamanan sendi dan tulang. Ketebalan ideal matras yoga berkisar antara 4mm hingga 6mm. Matras yang terlalu tipis, kurang dari 3 mm, akan memberikan rasa tidak nyaman untuk sendi, terutama lutut, siku, dan tulang belakang saat melakukan pose yang melibatkan tekanan di area tersebut. 

Sedangkan matras yang terlalu tebal, lebih dari 8 mm, bisa membuat kamu kehilangan stabilitas dalam pose yang membutuhkan keseimbangan. Terutama dalam pose seperti downward facing dog. Penting untuk bisa merasakan permukaan lantai dan matras yang terlalu tebal bisa menghalangi “koneksi” kamu dengan lantai, yang pada akhirnya memengaruhi postur dan teknik.

  • Anti Air dan Mudah Dibersihkan

Yoga yang intens, terutama jenis yang menyebabkan banyak keringat seperti Hot Yoga, bisa membuat matras cepat kotor. Pastikan matras anti-slip yang kamu pilih mudah dibersihkan dan tahan terhadap air. Ini akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri atau bau yang tidak sedap.

  • Ramah Lingkungan

Pastikan pula untuk memilih matras yoga yang ramah lingkungan. Ada beberapa matras yoga anti-slip yang terbuat dari bahan biodegradable atau dapat didaur ulang, seperti karet alami atau TPE, yang juga menawarkan performa anti-slip yang baik.

Nirvana Multiverse Mat : Matras Yoga Anti-Slip Terbaik di Pasaran

Untuk kamu yang ingin mencari matras yoga anti slip yang bagus dan serbaguna, kamu bisa memilih Nirvana Multiverse Mat dengan ketebalan 5 mm ini.

Matras yoga dari NIRVANA tidak hanya bisa digunakan untuk sekadar yoga saja, kamu juga bisa menggunakannya untuk kegiatan senam, pilates, atau bahkan home workout.

Keunggulan dari matras ini adalah super anti-slip, jadi kamu tidak mudah tergelincir meski sedang banjir keringat. 

Ukurannya pun lebih lebar dan panjang dibandingkan dengan matras yoga yang beredar di pasaran. Serta 100 persen ramah lingkungan dan tidak beracun sehingga aman di kuliy untuk penggunaan jangka panjang. 

Dengan semua keunggulan Nirvana Multiverse Mat, dijamin kegiatan yoga kamu gak cuma nyaman tapi juga semakin aman. 

  • Materials : Tropical Eco Natural Rubber
  • Dimensions : 66cm x 185cm
  • Thickness : 5 mm
  • Weight : ± 2.5kg
  • 100% Eco-Friendly & Non-Toxic
article

Artikel Terkait Lainnya