Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Mengenal Apa Itu Vinyasa Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

26 August 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu Vinyasa Yoga?

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

2. Mendorong Keseimbangan Emosional

3. Memperkuat Koneksi Antara Tubuh dan Pikiran

4. Membantu Detoksifikasi Tubuh

5. Merawat Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Sumber Referensi

Vinyasa Yoga belakangan menjadi salah satu jenis yoga paling digemari dalam dunia kebugaran dan kesehatan.

Ini karena vinyasa yoga menawarkan manfaat luar biasa yang tak hanya bagus untuk tubuh tapi juga pikiran. 

Lewat serangkaian gerakan yang dinamis dan presisi serta pernafasan yang terkoordinasi, Vinyasa Yoga mampu membawa harmoni mendalam bagi siapa saja yang mempraktikkannya secara rutin. 

Lewat artikel ini, mari mengenal lebih detail lagi seputar vinyasa yoga serta manfaat luar biasa apa saja yang bisa diperoleh dari melakukannya.

Yuk disimak. Semoga bermanfaat.

Apa Itu Vinyasa Yoga?

Yoga Vinyasa adalah salah satu bentuk yoga yang menyelaraskan antara gerakan fisik dengan pernapasan. "Vinyasa" dalam bahasa Sansekerta berarti ‘Variasi’.

Vinyasa yoga berarti melibatkan serangkaian gerakan yang pergantiannya disesuaikan dengan ritme napas sehingga menjadi serangkaian gerakan yang mengalir, harmonis dan terkoordinasi dengan nafas. 

Vinyasa yoga dikenal juga dengan sebutan flow yoga (yoga yang mengalir).

Kamu bisa berlatih vinyasa yoga di rumah sendiri, tetapi jika baru mau belajar untuk pertama kali disarankan untuk ikut kelas dulu di studio atau di bawah pengawasan instruktur berpengalaman. 

Sebab kamu perlu mempelajari postur dan teknik bernapas yang tepat terlebih dahulu. 

Biasanya latihan vinyasa yoga dimulai dengan Suryanamaskara atau Sun Salutation Pose (tidak harus/tidak selalu). 

Kemudian instruktur akan membimbing kamu melakukan serangkaian gerakan pembuka sebagai pemanasan, sekaligus mempersiapkan kamu untuk melakukan pose tingkat lanjut. 

Pola gerakan dimulai dengan yang mudah (pemanasan) lalu meningkat frekuensinya. Jadi lebih cepat hingga kamu berkeringat untuk mencapai peak pose di akhir sebagai bonus untuk kamu yang mau latihan yoganya terasa lebih menantang. 

 Yang terpenting, setiap gerakan senantiasa selaras dengan pernapasan, sehingga setiap gerakan turut memiliki manfaat yang tidak main-main

Lantas apa saja manfaat tersebut?

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Salah satu manfaat utama vinyasa yoga adalah meningkatkan kekuatan tubuh. Banyak pose dalam vinyasa yoga memanfaatkan berat tubuh kamu sendiri sebagai resistansi. 

Gerakan seperti Plank, chaturanga dan pose-pose Inversion seperti Handstand atau Headstand mengharuskan kamu menahan berat tubuhmu dalam posisi yang stabil. 

Yang pada akhirnya bisa membantu menguatkan otot-otot tubuh seperti inti, lengan, bahu dan punggung.

Selain itu, beberapa pose vinyasa yoga juga akan membuatmu mempertahankan posisi dalam waktu tertentu tanpa pergerakan. 

Misalnya, dalam pose seperti Utkatasana atau Chair Pose, kamu akan diminta menahan pose dalam tiga hingga lima hitungan. 

Membuat kamu mempertahankan kontraksi otot dalam waktu yang lebih lama, yang pada akhirnya dapat membantu membangun kekuatan otot secara efektif.

2. Mendorong Keseimbangan Emosional

Vinyasa yoga tidak hanya mengenai gerakan fisik saja, tetapi juga fokus pada kordinasi pernafasan yang selaras dengan gerakan. 

Keselarasan antara gerakan dan pernafasan akan membantu menenangkan pikiran, yang pada akhirnya akan mendorong keseimbangan emosional. 

Latihan yoga vinyasa secara rutin dapat menjadi salah satu bentuk terapi yang efektif dalam meredakan kecemasan.

3. Memperkuat Koneksi Antara Tubuh dan Pikiran

Manfaat lainnya dari rutin berlatih vinyasa yoga adalah membantu memperkuat koneksi antara tubuh dan pikiran. 

Saat menjalankan rangkaian gerakan yang terkoordinasi dengan pernafasan, kamu akan diajak untuk fokus secara mendalam pada sensasi fisik dan pikiran saat itu. 

Hal ini akan melatih kamu mengurangi kecenderungan tidak focus atau melayang-layangkan pikiran (fikiran kemana-mana). 

4. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Melalui perpaduan antara gerakan yang dinamis, vinyasa yoga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan aliran limfa dalam tubuh. 

Saat kamu berkeringat karena berlatih vinyasa yoga, kamu membantu proses detoksifikasi yang dikeluarkan melalui kulit. 

Energi bertambah dan sistem kekebalan tubuh yang meningkat adalah hasil positif yang bisa  kamu dapatkan dari proses detoksifikasi ini.

5. Merawat Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Vinyasa yoga pada praktiknya melibatkan gerakan dinamis yang mengalir seiring dengan pernapasan. Meskipun tidak setara dengan lari atau latihan kardiovaskular intensif lainnya. 

Berlatih vinyasa yoga secara rutin bisa membantu membuat pernapasan jadi lebih terkontrol, meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah dalam tingkat yang lebih ringan. 

Yang pada akhirnya memudahkan tubuh dalam mengalirkan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh. Ini membantu jantung bekerja lebih efisien dan terawat kesehatannya. 

Namun, penting untuk diingat bahwa berlatih vinyasa yoga bukanlah satu-satunya cara untuk merawat kesehatan kardiovaskular. 

Kamu juga perlu menerapkan gaya hidup yang sehat seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, tidak merokok hingga cukup tidur.

Vinyasa Yoga adalah sebuah perpaduan harmonis antara gerakan fisik dan pernafasan. Melalui latihan yang konsisten, kamu dapat merasakan peningkatan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan emosional. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika vinyasa yoga semakin menjadi pilihan populer bagi mereka yang menerapkan gaya hidup sehat dan harmonis.

Sumber Referensi

Yoga Aneka. 2023. Mengenal Seluk Beluk Vinyasa Yoga [online] (https://yoganeka.com/mengenal-seluk-beluk-vinyasa-yoga/ diakses 26 Agustus 2023)

Dina Rahmawati. 2020. Ini Manfaat dan Gerakan Yoga Vinyasa untuk Pemula [online] (https://www.sehatq.com/artikel/ini-manfaat-dan-gerakan-yoga-vinyasa-untuk-pemula diakses 26 Agustus 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya