Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

4 Manfaat Yoga Bareng Kucing, Apa Saja?

07 March 2024

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

4 Manfaat Berlatih Yoga Bareng Kucing

1. Kucing Secara Positif Memengaruhi Kesehatan Psikologis

2. Yoga Bareng Kucing Membuat Seseorang Keluar dari Zona Nyaman

3. Kucing Secara Alami Cocok dengan Latihan Yoga

4. Kucing dan Yoga Melatih Kita untuk Menyesuaikan Diri (Adaptasi)

Sumber Referensi

Melakoni yoga ternyata makin mengasyikan apabila ditemani oleh hewan peliharaan khususnya kucing. 

Mengutip dari laman The Weirton Daily Times, kegiatan yoga bareng hewan lucu ini ternyata benar-benar terealisasi di salah satu studio di New Cumberland bernama Hancock County Humane Foundation. Tepatnya berlokasi di 241 Ohio River Blvd. 

Hancock County Humane Foundation menyelenggarakan "Meowga: Yoga bersama Kucing", sesi yoga lembut selama satu jam dan terbuka untuk umum. 

Kelas yoga ini diperuntukkan bagi pemula dan ramah anak-anak, dimana para peserta akan melakukan peregangan yang menenangkan sekaligus menyenangkan karena kucing-kucing juga berbaur di atas matras yoga.

Meskipun kegiatan yoga bersama hewan kucing itu hanya ada di New Cumberland, Amerika Serikat, kamu bisa tetap melakukannya juga ketika berada di rumah.

Sebab seperti yang dikutip dari laman My Yoga Teacher, berlatih yoga bareng kucing ternyata dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang tidak hanya bagus untuk kamu saja tapi juga juga baik untuk kucing kamu.

Namun jika kamu bukan pecinta kucing, alergi terhadap kucing, atau memiliki pengalaman traumatis dengan kucing, Kami sangat mengerti! kamu bisa melewatkan artikel ini. 

4 Manfaat Berlatih Yoga Bareng Kucing

Lantas apa saja manfaat berlatih yoga bareng kucing? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

1. Kucing Secara Positif Memengaruhi Kesehatan Psikologis

Menurut Healthline, pemilik kucing cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan lebih bahagia. Kucing memang secara alami bersifat menenangkan. 

Selain itu, kucing juga menikmati ikatan dengan pemiliknya seperti halnya pemiliknya. Dan ikatan dengan hewan terkenal baik untuk kesehatan mental. 

Mengapa? Ada beberapa alasan seperti kucing tidak menghakimi kita, merendahkan kita atau berbicara negatif tentang kita. 

Umumnya kucing hanya membutuhkan kebutuhan dasar dan yang jelas, sentuhan fisik, belaian, dan dekapan antara manusia dengan kucing melepaskan zat kimia yang bermanfaat bagi keduanya.

Nah jika kamu menggabungkan keduanya, memiliki kucing dengan aktivitas yoga (yang juga meningkatkan kesehatan psikologis). Maka kamu akan mendapatkan dosis ganda endorfin

2. Yoga Bareng Kucing Membuat Seseorang Keluar dari Zona Nyaman

Terkadang, apa yang paling mempengaruhi kesehatan mental kita bukanlah situasi atau hari-hari yang penuh tekananatau naik turunnya sisi emosional dalam hidup.

Adakalanya kebosanan karena tugas-tugas yang berulang turut berdampak negatif pada otak. 

Tingkat kebosanan yang tinggi atau tidak berani keluar dari zona nyaman dan mengubah rutinitas harian berpotensi besar membuat seseorang mengalami depresi dan kecemasan. 

Melakukan yoga bareng kucing akan membuat aktivitas yoga makin berwarna, terasa menyenangkan dan jauh dari kata bosan.

3. Kucing Secara Alami Cocok dengan Latihan Yoga

Ternyata kucing bukan hanya penghibur yang intuitif, kucing juga merupakan ahli yoga terbaik. 

Dan mereka suka melakukan peregangan dan bergerak dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh sebagian besar manusia.

Coba deh perhatikan, jika kamu telah berlatih yoga dengan kucing disekitarmu, “teman berbulu” itu pasti akan selalu berada di sekitar kamu selama latihan. 

Sekalipun kamu memintanya untuk pergi, tapi tetap saja “teman berbulu” kamu ada di sana.

Itu karena kucing secara intuitif mengenali efek menenangkan dari yoga pada manusia. Mereka juga mengenali gerakan-gerakannya karena kucing adalah hewan yang sangat cerdas. 

Kamu mungkin berpikir bahwa melibatkan kucing dalam latihan yoga akan membuat kamu terganggu. Tapi kenyataannya, yang terjadi justru sebaliknya!

4. Kucing dan Yoga Melatih Kita untuk Menyesuaikan Diri (Adaptasi)

Jika ada yang mengatakan kucing adalah ahli meditasi, bisa jadi hal itu benar!

Kucing dikenal sangat pandai menikmati hidup karena mayoritas aktivitas mereka dihabiskan dengan berleha-leha. 

Mulai dari duduk atau berbaring sambil melihat dunia berlalu, menikmati semua pemandangan, suara, dan bau, atau mereka bermain, meregangkan tubuh, atau berlarian.

Tapi cobalah bermeditasi dengan kucing, kamu mungkin akan mendapati mereka duduk atau berbaring tepat di samping kamu dengan tenang. Ajaib bukan? 

Selain itu, kucing juga dikenal pandai mengatur napas mereka! Dan dalam yoga, pernapasan adalah hal yang sangat penting. 

Cobalah untuk meletakkan tangan kamu dengan lembut pada kucing saat kamu bermeditasi. Kamu akan mendapatkan situasi dimana kamu bernapas bersama mereka dengan tenang, dalam dan perlahan.

Berlatih yoga bersama kucing dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat. 

Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan bagi kamu dan kucing peliharaanmu. 

Pertama pastikan area latihan bebas dari benda-benda tajam atau berbahaya. Kedua, jangan biarkan kehadiran kucing malah jadi mengganggu konsentrasi kamu. Tetap fokus sehingga kamu dapat mendapatkan manfaat maksimal dari berlatih yoga. 

Biar latihan yoga kamu semakin nyaman, jangan lupa cek Nirvana Store untuk mendapatkan matras yoga terbaik ya! karena di Nirvana Store tersedia banyak pilihan matras yoga dan berbagai perlengkapan yoga lainnya.

Semua tahan lama dan berbahan ramah lingkungan. Beli sekarang biar dapat harga dengan diskon dan cashback menarik.

Sumber Referensi

Will. 2022. Cat Yoga: 5 Ways Including A Cat in Your Yoga Practice Benefits Your Mental Health (https://myyogateacher.com/articles/cat-yoga-benefits# diakses 6 Maret 2024)

Community. 2024. Yoga with cats event planned (https://www.weirtondailytimes.com/news/community/2024/02/yoga-with-cats-event-planned/ diakses 6 Maret 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya