Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

3 Manfaat Utama Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

06 June 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Nutrisi Biji Ketumbar

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Efek Samping Ketumbar yang Perlu Diwaspadai

Sumber Referensi

Sejak dahulu kala, Indonesia memang terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam melimpah, seperti rempah-rempah. Salah satu jenis rempah-rempah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia adalah biji ketumbar.

Banyak masakan nusantara yang menggunakan biji ketumbar sebagai salah satu rempahnya. Namun ternyata tak cuma untuk masakan, biji ketumbar memiliki segudang nutrisi yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada biji ketumbar dan seperti apa manfaatnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. Semoga bermanfaat!

Kandungan Nutrisi Biji Ketumbar

Biji ketumbar yang memiliki nama ilmiah Coriandrum Sativum merupakan salah satu bumbu dapur yang sering dipakai untuk aneka masakan khas Indonesia. Ketumbar memiliki aroma yang cukup khas.

Adapun beberapa kandungan yang ada pada ketumbar diantaranya antioksidan, vitamin C, vitamin K, protein, kalsium, fosfor, potasium dan tiamin. Selain itu, salah satu kandung biji ketumbar adalah senyawa Flavonoid yang memiliki efek menguntungkan sebagai antihipertensi dan diuretik.

Di samping itu, ketumbar juga memiliki manfaat tak kalah penting bagi wanita, diantaranya memperlancar siklus menstruasi dan mengatasi masalah kesuburan seperti PCOS dan mencegah anemia. 

Termasuk mencegah penuaan dini pada kulit, membuat rambut lebih bercahaya dan lembut, mencegah dan memperlambat kanker payudara, meredakan kecemasan, hingga menurunkan kolesterol.

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

1. Mencegah Keracunan Makanan

Ketumbar diketahui memiliki kandungan senyawa antimikroba yang bisa melawan infeksi tertentu dan mencegah keracunan makanan seperti kandungan senyawa duodenal dinilai mampu melawan bakteri Salmonella penyebab keracunan makanan.

Selain itu, ketumbar juga memiliki fungsi sebagai penangkal racun. Namun dalam hal ini tetap perlu untuk memperhatikan kebersihan selama mengolah dan mengonsumsi makanan, misalnya mencuci bahan makanan sebelum dimasak, memasak bahan makanan hingga matang, serta mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum mengolah makanan.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat ketumbar berikutnya adalah memiliki khasiat sebagai antioksidan yang bisa mencegah bahaya radikal bebas seperti penyakit kronis, penyakit jantung dan kanker.

Di samping itu, dalam ketumbar juga mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan seperti terpinen, quercetin, dan tokoferol. Selain sebagai antioksidan, semua senyawa ini juga memiliki efek antikanker. Akan tetapi, manfaat ketumbar sebagai pencegahan atau pengobatan kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Bisa Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Selain memiliki kandungan senyawa antioksidan, dalam satu penelitian tabung reaksi, ditemukan juga bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar bisa membantu menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

Efek Samping Ketumbar yang Perlu Diwaspadai

Meski memiliki sejumlah manfaat kesehatan, namun tetap saja ketumbar tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Ketumbar yang digunakan sebagai bahan bumbu masakan umumnya memang aman dikonsumsi.

Akan tetapi, bagi ibu hamil, ibu menyusui, serta penderita hipotensi dan diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsi ketumbar. Apalagi bila ingin memanfaatkan ketumbar sebagai obat herbal yang dikonsumsi secara rutin.

Hal tersebut dikarenakan ketumbar diketahui bisa mengganggu pengobatan penyakit tertentu, termasuk diabetes dan tekanan darah rendah. Kemudian, bila memiliki riwayat alergi setelah mengonsumsi ketumbar, maka tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya kembali guna mencegah kambuhnya gejala alergi.

Sementara pada ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi biji ketumbar dalam jumlah terbatas. Pasalnya, efek mengonsumsi biji ketumbar bisa memiliki efek pada sekresi kelenjar yang bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh ibu, janin, serta kelenjar reproduksi.

Sumber Referensi
Dara Amelia, A.Md. 2023. Ketumbar, Si Mungil yang Kaya Manfaat [Online] (https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2194/ketumbar-si-mungil-yang-kaya-manfaat diakses pada 5 Juni 2024)

dr. Rizal Fadli. 2023. Selain Harum, Ini 8 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui [Online] (https://www.halodoc.com/artikel/selain-harum-ini-8-manfaat-ketumbar-yang-perlu-diketahui diakses pada 5 Juni 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya