Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Fungsi Strap Yoga dan Tips Memilihnya

01 March 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

6 Fungsi Strap Yoga Bagi Para Yogi

1. Membantu Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

2. Mendukung Posisi Tubuh yang Benar

3. Menyediakan Dukungan Ekstra untuk Peregangan

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

5. Cocok untuk Semua Tingkatan Pengguna

6. Mencegah Cedera pada Bagian Tubuh Tertentu

Tips Memilih Strap Yoga

Nirvana Evolve Strap : Revolutionary Strap Yoga

Sumber referensi

Salah satu aspek penting dalam latihan yoga adalah penggunaan alat bantu. Strap menjadi salah satu alat bantu yoga yang sering digunakan. 

Fungsi strap  yoga tidak hanya untuk membantu memperdalam gerakan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat lain baik bagi yogi pemula maupun praktisi yoga tingkat lanjut.

6 Fungsi Strap Yoga Bagi Para Yogi

Lantas apa saja fungsi yoga strap?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

1. Membantu Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Pertama fungsi strap yoga adalah untuk “memberikan dukungan tambahan” sehingga pemula maupun praktisi tingkat lanjut dapat mencapai titik peregangan yang terasa sulit tanpa menimbulkan tekanan berlebih pada sendi atau otot.

Dukungan tambahan tersebut akan membantu mempertahankan posisi terhadap asana yang tengah dipraktikkan. 

Memungkinkan tubuh beradaptasi dan merespons secara bertahap asana yang mungkin terasa sulit tadi. 

Disini penggunaan strap yoga akan memperbesar ruang gerak otot dan sendi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan seiring waktu.

2. Mendukung Posisi Tubuh yang Benar

Fungsi strap yoga selanjutnya adalah membantu menjaga postur tubuh tetap benar selama latihan yoga. 

Terutama bagi pemula, kadang sulit untuk mempertahankan posisi yang tepat tanpa bantuan instruktur (adjustment) maupun alat yoga. 

Strap yoga akan membantu menjaga postur yang benar dalam gerakan seperti duduk (seated pose) atau saat peregangan kaki. 

Sehingga membantu mengurangi risiko cedera dan meningkatkan efektivitas latihan.

3. Menyediakan Dukungan Ekstra untuk Peregangan

Beberapa gerakan yoga mengharuskan pemula untuk melakukan peregangan yang intens seperti saat melakukan paschimottanasana (seated forward bend)

Penggunaan strap yoga akan memberikan dukungan tambahan yang memungkinkan pengguna memperpanjang batas peregangan tubuh secara aman. 

Ini sangat penting untuk mencegah cedera dan memberikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi dengan gerakan yang lebih sulit.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Fungsi strap yoga selanjutnya adalah membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus selama latihan yoga berlangsung. 

Dengan menggunakan strap yoga, kamu akan merasa lebih stabil dan terkendali. Stabilitas ini menciptakan “rasa yakin” saat mempraktikkan asana. 

Sebab adakalanya muncul kekhawatiran atas risiko cedera bukan? Kekhawatiran ini dapat menjadi distraksi. 

Disinilah strap yoga berperan, kamu dapat mengurangi distorsi pikiran ini. Memungkinkan kamu jadi lebih fokus pada latihan, yang pada akhirnya akan membuat konsentrasimu meningkat.

5. Cocok untuk Semua Tingkatan Pengguna

Fungsi strap yoga sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi pemula saja. Tetapi juga bagi praktisi yoga tingkat lanjut. 

Bahkan mereka yang sudah memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dapat memanfaatkan strap yoga untuk mencapai gerakan yang lebih dalam lagi. 

Atau bisa juga untuk mengeksplorasi variasi maupun memodifikasi asana. Strap yoga adalah alat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. 

Aman digunakan oleh berbagai kelompok usia dan tingkat kebugaran.

6. Mencegah Cedera pada Bagian Tubuh Tertentu

Peregangan yang terlalu intens dapat menyebabkan cedera pada beberapa bagian tubuh. Terutama jika dilakukan tanpa pemanasan yang memadai. 

Disinilah fungsi strap yoga selanjutnya yaitu membantu mengurangi tekanan pada sendi dan otot tertentu. Sehingga potensi mengalami cedera bisa diminimalisir, membuat latihan yoga kamu jadi lebih aman dan nyaman. 

Terakhir, fungsi strap yoga adalah memungkinkan adanya variasi dalam latihan yoga yang kamu praktikkan. 

Dengan menyesuaikan panjang strap yoga atau cara penggunaannya, kamu dapat mengubah intensitas gerakan dan memberikan variasi untuk mencegah kebosanan. 

Dijamin, latihan yoga kamu akan terasa lebih menarik dan menantang. Yuk jadikan strap sebagai sahabat setia kamu selama beryoga. 

Tips Memilih Strap Yoga

Dengan banyaknya pilihan strap yoga yang tersedia di pasaran, memilih strap yoga yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Agar lebih mudah, simak tipsnya di bawah ini.

  • Pilih strap yang memiliki panjang dan lebar yang sesuai dengan kebutuhan kamu, panjang strap yang standar biasanya sekitar 6 hingga 8 kaki.
  • Hindari strap dari bahan yang terlalu elastis atau mudah rusak, umumnya nilon atau katun cenderung lebih kuat dan tahan lama. 
  • Periksa kekuatan jahitan dan bagian lainnya untuk memastikan strap tahan lama dan aman digunakan.
  • Baca ulasan dari pengguna lain atau dapatkan rekomendasi dari instruktur yoga 
  • Perhatikan bagaimana strap dapat diikat atau dikunci, beberapa strap dilengkapi dengan pengait atau gesper yang mudah disesuaikan, sementara yang lain mungkin memerlukan ikatan simpul. 
  • Beberapa strap dilengkapi dengan fungsi tambahan, seperti loop atau desain khusus untuk digunakan sebagai resistance band. 
  • Pertimbangkan strap yoga pilihanmu sesuai kebutuhan dan tujuan dalam beryoga.

Nirvana Evolve Strap : Revolutionary Strap Yoga

Jangan ragu untuk menggunakan strap guna mencapai manfaat maksimal saat beryoga. 

Jika kamu belum punya strap yoga, Nirvana Evolve Strap adalah pilihan terbaik. Strap yoga revolusioner dari NIRVANA ini sangat efisien ketika digunakan. Dengan banyak loop, kamu gak perlu repot mengikat, membuat simpul atau membuka strap berulang kali untuk menyesuaikan posisi. 

Cocok buat pemula yang mungkin memiliki kesulitan dengan strap yoga biasa. Kamu tinggal menyesuaikan panjang dan posisi loop sesuai kebutuhan, apakah itu mengganti posisi tangan atau kaki pada strap untuk mengubah intensitas latihan atau mencapai variasi gerakan yang berbeda. 

Penasaran dengan produknya? Nirvana Evolve Strap tersedia dalam dua pilihan warna ciamik yaitu pink dan sky blue. Gratis pouch juga untuk menyimpan strapnya

Klik disini untuk berbelanja atau kunjungi laman Nirvana Store, pusat peralatan yoga terlengkap dengan bahan ramah lingkungan, dengan harga dan kualitas terbaik.

Sumber referensi

Franziska Helfer. 2022. How to Use a Yoga Strap: 18 Yoga Strap Stretches for Beginners [online] (https://yogarove.com/yoga-strap-stretches-beginners/ diakses 1 Maret 2024)

Logan Hailey. 2023. How to Use a Yoga Strap: 7 Yoga Strap Stretches and Benefits [online] (https://www.theyoganomads.com/how-to-use-a-yoga-strap/ diakses 1 Maret 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya