Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Yoga Maksimal di Mana Saja? Yuk Persiapkan Lima Alat-Alat Ini

09 August 2021

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Matras Yoga

2. Yoga Strap (Resistance Band)

3. Yoga Block

4. Gym Ball

5. Pakaian Yoga

Sejalan dengan makin populernya yoga, inovasi berbagai alat-alatnya pun turut berkembang. Olahraga yang menyatukan antara gerakan tubuh dan pikiran ini kian hits. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Selain meningkatkan kebugaran tubuh, yoga juga mampu memberikan ketenangan pikiran.

Untuk bisa mengikuti yoga dan merasakan manfaatnya secara maksimal, kamu perlu mempertimbangkan memiliki peralatan-peralatan berikut.

Apa saja?

1. Matras Yoga

Kamu boleh memilih warna dan corak sesukamu namun ada beberapa kriteria yang tak boleh terlewat sebab matras yoga fungsinya bukan sekedar sebagai alas saja. Matras yoga atau yoga mat harus memberikan kenyamanan maksimal buatmu. Temukan yoga mat yang cocok dengan kaki dan pilih bahan non-slip untuk menghindari tergelincir ketika kamu berkeringat.

Ketebalan yoga mat juga perlu diperhatikan untuk melindungimu dari benturan langsung dengan lantai. Kamu bisa memilih yoga mat dengan ketebalan 3mm sd 5 mm untuk digunakan sehari-hari. Sebaiknya pilih yoga mat natural atau 100% berbahan karet. Selain eco friendly, yoga mat berbahan karet tidak mencemari lingkungan karena 100% bio-degradable.

Jangan lupa pula memilih yoga mat yang ringan dengan atau tanpa tas jinjing agar tak merepotkan ketika dibawa menuju studio. Sekarang sudah banyak pilihan yoga mat tersedia di pasaran, tinggal kamu menyesuaikan dengan anggaran.

2. Yoga Strap (Resistance Band)

Merupakan karet gelang yang digunakan untuk melatih ketahanan dan menginduksi kontraksi otot. Biasanya resistance band selain terdiri dari beragam warna juga terdiri atas beberapa jenis. Menggunakan yoga strap ketika melakukan yoga akan sangat membantu terutama bila kamu seorang yogi pemula yang merasa kurang fleksibel dalam beberapa posisi.

Yoga straps juga bisa digunakan sebagai tali pendukung untuk menyempurnakan postur tubuh. Ini karena yoga strap bisa menahan posisi tangan atau kaki agar tak berubah. Ada dua jenis yoga strap yang banyak dijual di pasaran. Yaitu strap belt yang bentuknya memanjang dan strap dua lingkaran (infinity strap). Saat memilih yoga strap sebaiknya pastikan juga bahan yang digunakan. Apakah terbuat dari kain tebal atau tidak sebab ada resistance band yang diproduksi dari karet yang keras.

Oleh karena itu, kamu harus selektif dalam memilih. Ini berguna agar kamu merasa nyaman dan kulitmu tidak terluka ketika memakainya. Untuk level sesuaikan dengan jenis yoga yang akan kamu ikuti. Ada beberapa level yoga strap mulai dari light, medium dan strong.

3. Yoga Block

Layaknya alat bantu yoga lainnya, yoga block dirancang untuk mengurangi kemungkinan cedera pada para yogi ketika beryoga. Yoga block mulai digunakan sejak tahun 1960-an dan awalnya di design dalam bentuk kotak memanjang. Namun sekarang yoga block sudah diproduksi dalam beragam bentuk.

Kali pertama kamu mulai berlatih yoga, banyak postur yang mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Menggunakan yoga block akan membantumu dalam berbagai pose yang belum kamu kuasai. Yoga block umumnya terbuat dari busa tebal (foam) atau kayu (wooden). Perbedaan bahan akan mempengaruhi berat yoga block, semakin berat maka akan semakin stabil ketika digunakan.

Yoga block biasanya digunakan pada beberapa pose salah satunya pada pose adho mudka svanasana (Downward Facing Dog). Ketika akan melakukan gerakan ini para pemula biasanya kesulitan menempatkan tangan di lantai karena kaki belum fleksibel. Untuk itu yoga block diletakkan di bawah tangan sehingga posisi kaki menjadi lurus.

4. Gym Ball

Gym ball merupakan bola yang digunakan saat beryoga. Selain untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, gym ball juga dapat mengencangkan otot perut. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memilih gym ball yang cocok dengan panjang kakimu karena bola yang satu ini tersedia dalam berbagai ukuran. Jika awalnya kamu merasa kesulitan menyeimbangkan tubuh dengan gym ball maka mulailah dengan menyandarkan punggung ke dinding terlebih dulu. Namun tetap lakukan pemanasan dan selalu ikuti instruksi dari instruktur yaa.

5. Pakaian Yoga

Pakaian juga menjadi pertimbangan penting saat melakukan yoga. Kamu perlu mengenakan pakaian yang tepat agar bisa leluasa melakukan pose-pose yoga. Lalu, bagaimana cara menentukan pakaian yang tepat?

Pertama pilihlah bahan yang lembut, halus, elastis, breathable dan menyerap keringat saat dikenakan. Jangan pernah memakai celana super pendek apalagi celana atau t-shirt yang terlalu longgar. Pilihlah pakaian yang pas, menempel dan mengikuti bentuk tubuh saat bergerak. Tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Untuk wanita yang ingin beryoga coba pilih jenis sports bra dengan model high neck. Gunakan pula bawahan legging agar gerakan yoga bisa dilakukan secara maksimal. Pakaian dalam dengan renda juga tidak disarankan karena akan susah kering saat berkeringat, bisa membuatmu tidak nyaman.

Nah, sekarang kamu nggak perlu bingung jika ingin mencari alat-alat yoga di atas. Apalagi di era digital seperti sekarang dengan semua kemudahan akses yang ditawarkan. Ada Nirvana Indonesia, produsen alat-alat yoga terlengkap yang bisa kamu kunjungi kapan pun. Tinggal klik ke website nirvanastore.id. Temukan berbagai macam alat-alat yoga dengan design dan kualitas terbaik.

article

Artikel Terkait Lainnya