Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Yuk Kenali, Berikut Makanan Pre-Workout yang Bagus Untuk Dikonsumsi

26 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Nutrisi yang Diperlukan Tubuh Sebelum Workout

1. Karbohidrat

2. Protein

3. Serat

4. Air

Rekomendasi Makanan Pre-Workout

1. Pisang

2. Roti Gandum

3. Sayuran Hijau

4. Telur Rebus

5. Dada Ayam

6. Ubi Jalar

Sumber Referensi

Pada dasarnya, penggunaan tenaga dan energi dalam tubuh bisa meningkat saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Oleh karena itu, ada makanan pre-workout yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum melakukan latihan fisik tersebut.

Salah satu contoh makanan pre-workout yang paling umum adalah pisang. Kamu bisa memperoleh energi dengan memakan pisang sebelum olahraga. Hal ini karena mengandung pati yang mudah dipecah menjadi glukosa.

Selain itu, sudah ada beberapa makanan lain yang bisa dikonsumsi sebelum berolahraga.

Apa saja makanannya?

Yuk, simak ulasan berikut ini!

Nutrisi yang Diperlukan Tubuh Sebelum Workout

Sebelum membahas beberapa makanan sebelum olahraga, kamu sebaiknya mengenal nutrisi yang diperlukan dalam beraktivitas fisik tersebut terlebih dahulu. Hal ini karena berhubungan dengan metabolisme tubuh, workout atau olahraga yang memang memerlukan beberapa nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, serta air.

1. Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebanyak 45 - 65 persen dari jumlah kalori yang didapatkan untuk satu harinya. Hal ini dikarenakan karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menghasilkan energi pada tubuh.
Karbohidrat merupakan salah satu bahan bakar yang paling cepat dan mudah untuk diproses tubuh menjadi energi.

Hanya dengan mencukupi kebutuhan karbohidrat sebelum berolahraga, tubuh jadi memperoleh energi untuk bergerak secara aktif dan kuat sehingga kamu tidak mudah merasa lemas. Meski begitu, konsumsi karbohidrat sebelum olahraga juga harus dibatasi agar tidak berlebihan.

2. Protein

Otot dikenal sebagai jaringan yang berguna untuk menggerakkan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi protein tinggi sebelum olahraga diperlukan karena bantu membangun dan meningkatkan massa otot yang bergerak aktif.

3. Serat

Serat adalah nutrisi yang membutuhkan waktu lama untuk diproses oleh tubuh menjadi energi. Sehingga, konsumsi makanan tinggi serat sebelum berolahraga bisa membantu tubuhmu memiliki energi yang bertahan lebih lama. Konsumsi serat ini sebaiknya memang dilakukan selama 2 jam sebelum berolahraga.

4. Air

Seperti yang diketahui, olahraga mampu meningkatkan kinerja dari metabolisme tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan airnya perlu dicukupi karena memiliki peran dalam metabolisme. Salah satunya mampu menjaga suhu tubuh yang meningkat akibat pembakaran energi dari olahraga. Selain itu, kamu juga perlu air mineral sebelum berolahraga agar tubuh tidak cepat dehidrasi saat bergerak secara aktif.

Rekomendasi Makanan Pre-Workout

Makanan pre-workout merupakan sajian yang dikonsumsi sebelum melakukan olahraga untuk dijadikan sebagai sumber energi. Kamu bisa mengonsumsi makanan pre-workout 1 sampai 2 jam sebelum melakukan kegiatan fisik tersebut.

Namun perlu diingat, konsumsi makanan sebelum olahraga dibatasi agar secukupnya saja.

Untuk bisa memaksimalkan kebutuhan energi tubuh, kamu dapat mengkonsumsi beberapa makanan pre-workout seperti:

1. Pisang

Pisang merupakan rekomendasi makanan sebelum olahraga yang pertama. Kandungan pati yang ada dalam pisang mudah dipecah menjadi glukosa oleh tubuh. Sehingga bisa membuat tubuhmu lebih berenergi selama latihan fisik. Selain itu, kalium yang akan terkandung dalam pisang juga baik untuk jantung apalagi memompa darah saat berolahraga. Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah, kamu tinggal memakan pisang secara langsung sebelum berolahraga. Kamu juga bisa mengolah pisang menjadi smoothie dengan campuran bubuk protein. Hal ini agar lebih mudah dicerna oleh lambung.

2. Roti Gandum

Rekomendasi makanan sebelum olahraga selanjutnya yaitu roti gandum. Roti gandum ini menjadi opsi makanan pre-workout karena mengandung serat yang lebih tinggi. Sehingga akan bantu mengenyangkan, namun tidak membuat tubuh terasa berat untuk berolahraga.

3. Sayuran Hijau

Selain roti gandum, sayuran hijau juga menjadi salah satu opsi makanan pre-workout karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu, sayuran hijau juga akan bantu membersihkan saluran pencernaan yang beras dari sisa-sisa makanan.

4. Telur Rebus

Telur rebus juga termasuk makanan pre-workout yang mempunyai protein tinggi sehingga akan membantu olahragamu jadi lebih optimal. Apalagi makanan ini kaya protein, telur rebus yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Akan tetapi, kamu bisa memakan telur rebus tanpa kuningnya untuk menghindari rasa mual selama bergerak aktif.

5. Dada Ayam

Dada ayam juga menjadi makanan sebelum olahraga yang direkomendasikan. Selain itu, kandungan lemak yang rendah baik untuk dijadikan sebagai variasi menu ketika diet. Kamu dapat menyajikan dada ayam dengan cara direbus atau dipanggang untuk dikonsumsi sebelum workout.

6. Ubi Jalar

Kebutuhan karbohidrat tubuh bisa saja meningkat saat sedang berolahraga. Oleh karena itu, kamu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti ubi jalar. Bahkan, kandungan karbohidrat yang berasal dari ubi jalar ini termasuk karbohidrat kompleks. Sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan baik untuk kesehatan. Agar lebih menyehatkan, kamu bisa mengolah ubi jalar menjadi makanan sebelum olahraga dengan cara direbus atau dikukus.

Nah, itu saja rekomendasi makanan pre-workout yang dapat dikonsumsi sebelum melakukan latihan fisik.

Konsumsi makanan tersebut setidaknya satu jam sebelum berolahraga. Hal ini karena, tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanannya.

Sumber Referensi


Bella Lesmana. 2020. 5 Daftar Makanan Sebelum Fitness yang Perlu Kamu Konsumsi [online] (https://www.popmama.com/life/health/bella-lesmana/daftar-makanan-sebelum-fitness-yang-perlu-kamu-konsumsi di akses 24 Januari 2023)

Redaksi Dokter Sehat. 2019. Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi Sebelum Olahraga [online](https://doktersehat.com/gaya-hidup/gizi-dan-nutrisi/makanan-sebelum-olahraga/ di akses 24 Januari 2023)

Dwi Ratih Ramadhany. 2022. Pilihan Makanan untuk Dikonsumsi Sebelum dan Setelah Olahraga [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/gizi-olahraga/makanan-ideal-sebelum-setelah-olahraga/ di akses 24 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya