Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Yoga Fit Indonesia : Pengalaman Beryoga “Autentik” dengan Instruktur Langsung dari India

30 July 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Fasilitas Lengkap dan Tersebar Hampir di Seluruh Kota Besar Indonesia

Kedepankan Pelatihan yang Autentik: Hadirkan Instruktur Langsung dari India

Master Mukul : Yoga is The Way of Life

Ketersediaan Kelas dan Harga

Salah satu olahraga yang saat ini tengah menjadi favorit masyarakat adalah yoga. Terlihat dari sudah semakin banyak studio yoga di berbagai sudut kota, salah satunya Yoga Fit Indonesia. Sayangnya tak banyak studio yoga yang memiliki instruktur asli dari India. 

Namun tentu saja tidak demikian dengan Yoga Fit Indonesia, yang menawarkan pengalaman berlatih yoga langsung dengan instruktur dari India.

Belum lama ini, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan berbincang dengan para instruktur dari Yoga Fit Indonesia yang juga asli dari India. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak keseruan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Fasilitas Lengkap dan Tersebar Hampir di Seluruh Kota Besar Indonesia

Studio Yoga Fit Indonesia sudah berdiri sejak 10 April 2021. Meski terhitung baru, total sudah hadir 10 studio tersebar di kota-kota besar Indonesia, mulai dari Jakarta, Surabaya, hingga Medan. 

Bukan tanpa alasan, sesuai dengan misi dan dibalik pemilihan namanya, Yoga Fit Indonesia ingin menginspirasi dan membantu orang-orang menjadi sehat. Membantu siapa saja mengatasi segala keluhan kesehatan dengan menyelaraskan, tubuh, pikiran dan jiwa melalui yoga.

"Kami memiliki tujuan untuk menjadikan yoga bisa membantu membuat semua orang menjadi lebih sehat secara fisik, mental dan emosional (selaras)," terang Sir Mukul, salah satu instruktur Yoga Fit Indonesia di Jakarta.

Maka dari itu Yoga Fit Indonesia terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar yoga. Hal ini dikarenakan pada dasarnya yoga memang untuk siapa saja yang mau dan bersungguh-sungguh merawat kesehatannya. Jadi tidak ada batasan untuk mereka yang ingin berlatih yoga di Yoga Fit Indonesia.

Untuk memaksimalkan latihan, Yoga Fit Indonesia akan memberikan sesi konsultasi terlebih dahulu. Konsultasi ditujukan agar para calon member bisa berlatih lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing.

"Tubuh manusia itu spesial dan unik, tidak sama satu dengan lainnya. Itulah mengapa kita berikan konsultasi terlebih dahulu. Biar mengerti dan cocok, yoga yang dibutuhkan tubuhnya yang seperti apa," jelas Farhan selaku pihak manajemen Yoga Fit Indonesia.

Sementara mengenai fasilitas yang disediakan, seluruh cabang Yoga Fit di Indonesia sama. Tidak perlu membawa perlengkapan apapun, cukup membawa diri dan keseriusan berlatih. Hal ini karena sudah disediakan fasilitas yoga secara lengkap. 

Mulai dari matras, mat towel, handuk besar dan kecil, yoga block, hammock atau aerial, yoga wheel, yoga strap hingga changing room yang sudah dilengkapi dengan hair dryer atau pengering rambut bahkan shampo dan sabun.

Kedepankan Pelatihan yang Autentik: Hadirkan Instruktur Langsung dari India

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, Yoga Fit Indonesia menjadi studio yoga di Indonesia yang ingin mengedepankan keotentikan dari yoga itu sendiri. Dalam hal ini, Yoga Fit Indonesia mengimplementasikannya dengan menghadirkan langsung instruktur yoga Internasional dari India. 

Diharapkan dengan ini, para member bisa mendapatkan pengalaman beryoga yang autentik dan mendalam. Tidak ada yang lebih menarik daripada belajar langsung dari instruktur yang berasal dari negara asal praktik tersebut yakni India, sebagai tempat kelahiran yoga. 

Instruktur yoga dari India  tidak hanya mengajarkan teknik, namun juga memberikan pengalaman yang lebih mendalam. “Ini karena mereka sering kali telah berlatih yoga sejak usia kecil. Tentu pemahamannya tentang yoga lebih komprehensif dari berbagai aspek. 

Termasuk anatomi, filosofi, dan teknik lanjutan. Diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan membuat siapa saja merasa termotivasi untuk lebih mendalami yoga dan mencapai kemajuan yang signifikan.

Seperti Sir Mukul, salah satu instruktur di Yoga Fit Indonesia, memiliki banyak prestasi dan telah berhasil menuntaskan beragam sertifikasi, diantaranya: 

  • B. Sc - Yoga and Consciousness, S-VYASA Yoga University, Bangalore, Karnataka, India, Aug 2016 - May 2019
  • Rishikesh Vinyasa Yoga School RYS-Yoga Alliance USA, Jul 2018, 200hrs YTTC
  • Yoga Instructor Course, S-VYASA Yoga University, Bangalore, Karnataka, India, Jun 2016
  • Real Yoga, Jakarta, Indonesia, Feb 2020, 5 Hours Yoga Workshop by Adell Bridges
  • Achievement in National & International Himalaya Yoga Olympiade 2018 - 3rd Runner-Up
  • 1st Yoga National Yoga Sports Championship 2015 - 2nd Runner-Up 36th National Yoga Championship 2011

Bahkan Founder Yoga Fit Indonesia, Master Rakesh, Master Vikash, dan Master Bipin pun merupakan seorang guru yoga Internasional yang telah memiliki pengalaman mengajar di berbagai negara. Sebelum akhirnya mendirikan Yoga Fit Indonesia, mereka juga sempat mengajar yoga di Indonesia selama satu tahun. 

Hingga saat ini, ketiga founder tersebut juga masih suka mobile ke setiap studio Yoga Fit di seluruh Indonesia. Meski demikian, Yoga Fit Indonesia tidak menutup kesempatan untuk berkolaborasi dengan instruktur yoga lokal. 

Master Mukul : Yoga is The Way of Life

Master Mukul mengatakan bahwa bagi dirinya, yoga merupakan cara bagaimana kita hidup dan mengarahkan hidup sehat. Tak cuma sehat secara fisik, tetapi juga secara mental. Sebelum berlatih dan mendalami yoga, Master Mukul mengatakan bahwa ia merupakan pribadi yang mudah marah. 

Namun setelah berlatih yoga, ia pun menjadi pribadi yang lebih kalem, bisa lebih mengontrol emosinya. Begitu juga dengan kondisi kesehatan tubuhnya. Ia merasa bahwa tubuhnya menjadi lebih sehat setelah mendalami yoga.

"Itu bukan lagi hanya tentang kesehatan fisik dan mental, tetapi juga seluruh hal, seperti spiritual," ungkap Master Mukul.

Hal serupa juga disampaikan oleh Master Suraj, instruktur lainnya di Studio Yoga Fit Indonesia, bahwa dengan berlatih yoga tubuh dan mental bisa memiliki sebuah peningkatan yang baik. Dalam hal ini, ia setuju jika yoga bisa membuat fisik, mental dan jiwa menjadi lebih fokus hingga selaras.

Ketersediaan Kelas dan Harga

Jika kamu tertarik berlatih di Yoga Fit Indonesia, tersedia beragam jenis yoga dengan berbagai level kebugaran (pemula hingga mahir). 

Adapun jenis kelas yoga yang tersedia diantaranya:  

  • Hatha Yoga
  • Vinyasa Yoga
  • Yoga Backbend for Back Pain
  • Kids Yoga
  • Ashtanga Yoga
  • Swing/Aerial Yoga
  • Prenatal Yoga
  • dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu bisa berlatih setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu. “Untuk weekdays kelas yoga dibuka dari jam 7 pagi hingga 9 malam. Sementara untuk weekend, kelas dimulai dari jam 8 pagi hingga jam setengah 2 siang waktu setempat,” jelas Farhan selaku manajemen.

Selain offline, Yoga Fit Indonesia juga membuka kelas online serta private. Untuk kelas private biasanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Sementara untuk kelas online disediakan menyesuaikan permintaan. 

Adapun harga membership di Yoga Fit Indonesia mulai dari Rp 699.000 untuk akses 30 hari unlimited classes setiap hari. 

Yoga Fit Indonesia juga menyediakan free trial untuk kamu yang masih ragu dan hanya ingin mencoba dulu. Selama mengikuti free trial, penjelasan ke calon member terkait yoga, manfaat dan lainnya juga akan dijelaskan secara rinci.

Silahkan kunjungi Instagram Yoga Fit Indonesia di akun @yogafit_id untuk update informasi lebih lengkap seputar promo hingga melihat bagaimana serunya yoga disana setiap harinya.

article

Artikel Terkait Lainnya