Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Yoga di Simalem, Hidden Gems Yang Wajib Kamu Eksplore Saat Liburan

05 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Bisa Yoga dan Meditasi di Lima Lokasi Berbeda

Coba Sensasi Yoga di Atas Ketinggian 1200 m dpl

Kebayang enggak, beryoga sambil menikmati indahnya matahari terbit? Sinarnya yang eksotis, berwarna keemasan akan mengintip dari ufuk timur menyapamu. Dijamin setelah melakukan yoga di pagi hari, tingkat stres pasti berkurang dan harimu jauh lebih menyenangkan.

Selain itu matahari terbit juga termasuk pemandangan menakjubkan yang cocok sekali dijadikan latar untuk mengabadikan momen.

Jika kamu masih bertanya-tanya di mana lokasi yang pas untuk mewujudkan pengalaman tersebut. Coba deh, berkunjung ke Taman Simalem Resort. Lokasinya cukup mudah di temukan karena letaknya tidak jauh dari Berastagi. Tepatnya berada di Jalan Raya Merek-Sidikalang KM 9 Sumatera Utara 22173.

Konon katanya, di resort mewah seluas 206 hektar tersebut, termasuk tempat paling pas untuk memandang indahnya Danau Toba (sebelah utara) selain dari Menara Pandang Tele.

Jika di hitung dari pusat Kota Medan, kamu bisa mencapai Taman Simalem Resort lewat jalur darat dalam waktu kurang lebih 3 jam. Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan berkunjung dan berbincang langsung dengan Marketing Executive Taman Simalem Resort, Mr. Mario.

Memasuki tahun ke 12 sejak berdiri pertama kali dibuka pada 2010 lalu, Manajemen berharap agar Taman Simalem Resort bisa kian digemari khususnya dalam mempopulerkan wisata berbasis Holistic Tourism. Dimana para wisatawan bisa berlibur sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan.

Selama ini Taman Simalem Resort memang lebih dikenal sebagai tempat wisata yang menggabungkan konsep agrowisata dengan kegiatan ekowisata. Untuk itu, Manajemen Taman Simalem Resort mulai menginisiasi wisata berbasis Holistic Tourism lewat Yoga Simalem Resort sejak tahun 2017. Selain melakukan yoga, wisatawan juga bisa sekaligus bermeditasi dengan dipandu oleh instruktur bersertifikat.

“Kita semua tahu, bahwa yoga identik dengan alam. Nah, itu juga yang melatarbelakangi terbentuknya Yoga Simalem Resort. Dari sini kami berkomitmen untuk menyuguhkan pemahaman bahwa bersenang-senang ketika liburan harusnya juga dibarengi dengan ketenangan pikiran dan jiwa. Jadi ketika pulang bukan hanya tubuhnya saja yang bugar tapi fikiran juga kembali damai, ” ungkap Mario.

Hal tersebut sesuai dengan makna dari penyebutan kata Simalem yang berasal dari Bahasa Karo. "Malem" berarti Menyembuhkan. Sedangkan dalam Bahasa Kontemporer, Simalem bermakna Sejuk. Diharapkan Taman Simalem Resort ini bisa menjadi rumah bagi siapa saja yang ingin liburan untuk “menyembuhkan” diri dari padatnya rutinitas. Sekaligus “menyejukkan” fikiran dan jiwa.

Bagi kamu yang tertarik melakukan yoga di Taman Simalem Resort, sayangnya tidak bisa dilakukan setiap hari. Ini karena Yoga Simalem Resort hanya menyediakan kelas di Minggu ke-2 dan Minggu ke-4 setiap bulannya di hari Sabtu dan Minggu.

Paket harga yang ditawarkan juga berbeda untuk wisatawan tamu dan wisatawan umum. Khusus wisatawan tamu yang menginap di Taman Simalem Resort, melakukan yoga tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk umum atau kamu yang berwisata ke Taman Simalem Resort tanpa menginap, maka akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu saja untuk mengikuti 1 sesi yoga.

Cukup terjangkau bukan? Silahkan kunjungi instagram Taman Simalem Resort di akun @tamansimalem untuk melakukan reservasi atau sekedar melihat update terbaru fasilitas wisata disana.

Bisa Yoga dan Meditasi di Lima Lokasi Berbeda

Nah, bagi wisatawan yang ingin melakukan yoga di Taman Simalem Resort akan dibebaskan untuk memilih lokasinya. Ada beberapa rekomendasi spot yoga dan meditasi baik itu indoor maupun outdoor yang tersedia disini.

Untuk lokasi indoor, ada Toba Café. Selain sudah dilengkapi dengan toilet yang bersih dan area parkir kendaraan, Toba Cafe hadir dengan view menawan Danau Toba dari ketinggian. Jadi ketika yoga kamu bisa sekaligus menikmati semilir angin yang berhembus. Toba Café sendiri kapasitasnya cukup luas, mampu menampung hingga 30 orang.

Selanjutnya ada Amphitheater, Hotel Rooftop Garden, dan Puncak One Tree Hill. Ketiganya cukup direkomendasikan jika kamu ingin merasakan pengalaman melakukan yoga outdoor karena punya keunikan masing-masing.

Amphitheater misalnya, dengan konsep seperti teater terbuka yang panggungnya dirancang seolah-olah tepat berada di tepi Danau Toba. Begitu eksotis karena posisinya langsung menghadap ke Danau Toba. Apalagi di sebelah kiri dan kanan Amphitheater masih semi hutan. Jadi bukan hanya kesan naturalnya saja yang masih kuat, udara sejuknya juga.

Bayangkan betapa damainya beryoga disini. Amphitheater Taman Simalem Resort juga kerap digunakan untuk acara atau event tertentu karena kapasitasnya yang besar, mampu menampung lebih dari 100 orang.

Jika kamu berwisata bersama keluarga dengan anggota yang masih di bawah umur. Tak perlu khawatir dengan pengelolaan keamanan dan keselamatan di Amphitheater ini. Sebab meski seolah-olah tepat berada di tepi Danau Toba, tepi panggungnya diberi pembatas dinding batu dengan aksen kaca pada jarak jarak tertentu. Jadi tergolong aman untuk anak-anak.

Nah jika kamu ingin suasana yang lebih menyatu dengan damainya alam, khususnya untuk melakukan meditasi, kamu bisa berkunjung ke Cafe Pangambatan. Sebab di depan café tersebut kamu akan menemukan aliran sungai Sidompak. Airnya jernih menyegarkan, arusnya pun relatif tidak deras sehingga suara yang ditimbulkan terasa menenangkan. Mengalir mengikuti arus sungai dikeliling rindangnya pepohonan taxus yang terawat.

Melakukan meditasi disini cocok untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Kamu pun jadi lebih siap menghadapi hari usai liburan.

Untuk diketahui ada retribusi biaya berkunjung ke Taman Simalem Resort ini walaupun tidak menginap. Adapun rinciannya yaitu pejalan kaki (tanpa transportasi) wajib membayar Rp. 25 ribu, sepeda motor Rp. 125 ribu, mobil berkapasitas 8 seat Rp. 300 ribu, mini bus berkapasitas 15 seat Rp. 700rb dan bus berkapasitas 20 seat ke atas wajib membayar hingga Rp 1,2 juta.

Coba Sensasi Yoga di Atas Ketinggian 1200 m dpl

Satu lagi spot beryoga outdoor yang tak boleh dilewatkan adalah puncak One Tree Hill. Moment melihat matahari terbit atau tenggelam di puncak One Tree Hill akan sangat manis karena pemandangannya bukan hanya indah namun juga eksotis, membuatmu berdecak kagum berkali-kali (jika kamu beruntung kalau cuaca tidak mendung atau berkabut).

Selain itu dari lokasi ini kamu juga bisa melihat hampir keseluruhan Taman Simalem Resort, Desa Tongging, Gunung Sinabung hingga Bukit Sipiso-Piso dari kejauhan. Yang bikin seru lagi, di lokasi ini juga ada spot perahu kayu (selfie deck) untuk menambah kece koleksi foto-foto kamu.

Dinamakan puncak One Tree Hill karena merupakan lokasi tertinggi di Taman Simalem Resort. Uniknya diatas puncak One Tree Hill hanya terdapat sebatang pohon cemara saja yang tumbuh. Kokoh menjulang tinggi seolah akan menggapai langit. Jangan di tanya bagaimana puasnya memandang panorama Danau Toba dari sini.

Berdekatan dengan One Three Hill, sekitar 30 menit berjalan kaki, kamu akan menemukan Twin Waterfall. Air terjun tersembunyi yang uap dan cipratan air di sekitarnya mengalirkan udara sejuk. Panorama di sekitar air terjun penuh dengan vegetasi hijau. Tentu suasana air terjun yang damainya terasa alami seperti ini sayang untuk dilewatkan bukan.

Nah, mulai kebayangkan bagaimana rasanya yoga dan bermeditasi disini. Apalagi sembari menikmati indahnya matahari terbit. Kira-kira spot mana nih yang paling kamu suka?

article

Artikel Terkait Lainnya