Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Yoga di R&G Fitness Gym Studio, Nyaman dan Hijabi-Friendly

21 September 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Ruangan untuk Kelas Kebugaran yang Women-Only

Bisa Sauna Gratis Usai Yoga

Yoga merupakan olahraga yang fokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Manfaat yoga bagi kesehatan memang tak perlu diragukan. Bahkan yoga juga disebut dapat membantu proses pemulihan penyakit tertentu. Selain mencari informasi seputar yoga di internet, kamu juga bisa mulai berlatih yoga dengan mengunjungi pusat kebugaran (gym) jika di sekitar tempat tinggalmu tidak tersedia studio yoga. Sebab kini ada banyak pusat kebugaran yang juga turut menyertakan kelas yoga alih-alih memenuhi ruangan dengan beragam alat olahraga untuk membentuk otot-otot tubuh.

Di Medan, ada beberapa pusat kebugaran yang turut menyediakan kelas yoga untuk pemula. R&G Fitness Gym Studio salah satunya. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena berada tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Komplek Bumi Asri Nomor 13-14 Cinta Damai Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan.

Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengunjungi dan berbincang langsung dengan salah satu instruktur yoga di R&G Fitness Gym Studio, Ms Lidya Siregar.

Selain membagikan tips beryoga untuk pemula, ia juga bercerita seputar pengalamannya selama mengajar yoga di R&G Fitness Gym Studio. Menurutnya, siapa saja bisa melakukan yoga, tua dan muda maupun anak-anak tanpa memandang usia. Ia juga membagikan pengalamannya saat pertama kali memulai latihan yoga. Menurutnya, jika dilakukan secara rutin yoga bagus untuk membuat postur tubuh jadi lebih baik. Bahkan di beberapa kondisi juga mampu membantu mengurangi depresi seseorang.

Ia mengaku jika ia pun menggunakan yoga sebagai terapi untuk mengatasi depresi."Saya sendiri mulai yoga karena saran dokter yang merawat kala itu. Ketika di ikuti, rutin melakukan yoga ternyata memang membantu kesehatan saya. Saya merasakan sendiri perubahannya untuk fisik dan mental saya," ceritanya.

Sejak itu, ia semakin rajin berlatih yoga. Tidak hanya berlatih karena bagian dari terapi saja tapi sekaligus mempelajarinya. "Saya pun bertekad saat itu, jika sembuh dari depresi akan membagikan ilmu dan mengajarkannya," cerita Ms Lidya.

Menurut penuturan Ms Lidya, memang ada beberapa gerakan yoga yang bisa membantu dalam penurunan kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh. "Savasana misalnya meski gerakan tersebut tampak begitu sederhana karena hanya telentang saja, nyatanya bisa merelaksasi otot-otot tubuh dan dengan pengaturan nafas yang tepat akan membantu meringankan pikiran. Sehingga secara bertahap bisa mengurangi stres yang seringkali disadari atau tidak menjadi ancaman bagi tubuh," jelasnya.

Ruangan untuk Kelas Kebugaran yang Women-Only

Di era sekarang, mencari tempat olahraga yang nyaman bagi perempuan khususnya perempuan muslim rasanya susah-susah gampang. Ini karena umumnya kebanyakan tempat kebugaran tidak menyediakan ruang khusus perempuan saja. Melainkan bercampur dengan laki-laki, dan membuat beberapa perempuan merasa kurang nyaman.

Namun sekarang kamu tak perlu khawatir akan hal demikian sebab R&G Fitness Gym Studio termasuk tempat kebugaran di Medan yang hijabi-friendly (menyediakan ruangan khusus wanita untuk berolahraga).

Jika dilihat dari luar, R&G Fitness Gym Studio tidak ada bedanya dengan tempat kebugaran lain. Saat memasuki ruangan di lantai pertama, kamu akan menjumpai banyak alat olahraga seperti treadmills, sepeda statis dan sejumlah alat angkat beban.

Barulah ketika naik ke lantai dua kamu akan menemukan ruangan yang biasa digunakan untuk berlatih beragam kelas kebugaran. Mulai dari yoga, aerobic, zumba, dance dan lainnya. Di ruangan full kaca ini kamu juga akan menemukan beberapa alat (properti) untuk digunakan ketika berlatih seperti matras hingga yoga ball.

Menariknya, menurut penuturan Ms Adek Husein selaku pemilik dari R&G Fitness Gym Studio, tidak semua orang diperbolehkan naik ke lantai dua. "Lantai satu terbuka untuk umum, artinya bisa di akses laki-laki maupun perempuan. Sementara lantai dua yang biasanya kita pakai untuk yoga, zumba, aerobic dan kelas kebugaran lainnya hanya bisa di akses oleh wanita. Laki-laki yang boleh masuk terbatas pada instruktur saja," jelasnya.

Ia berharap dengan memberi ruang tersebut bisa membuat wanita khususnya yang muslim semakin nyaman dan menjadi lebih aktif berolahraga. Menurutnya tak ada yang salah dengan berolahraga di rumah. Namun pergi ke gym akan mempertemukanmu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama sehingga bisa saling memotivasi. Jadi lebih seru deh!

Untuk membership disini paket harga yang ditawarkan juga cukup beragam. Jika ingin latihan senam, zumba, gym, yoga, kecuali treadmill akan dikenakan biaya Rp. 300 ribu/member dan Rp. 500 ribu/couple. Sedangkan latihan senam, zumba, gym, yoga dan treadmill, dikenakan biaya Rp. 400 ribu.

Untuk berlatih yoga, kamu bisa datang di pagi maupun sore hari. Untuk sore hari, tersedia jadwal latihan dari Rabu dan Jumat pukul 18.00-19.00 WIB. Sementara untuk pagi hari, jadwal latihan tersedia di hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul dari 08.00-09.00 WIB. Biasanya, untuk satu sesi latihan yoga akan berlangsung selama kurang lebih satu jam dengan iringan musik relaksasi (suara alam) dan instruksi verbal dari instruktur.

Silahkan kunjungi instagramnya di akun @rngfitnessgym untuk melakukan reservasi kelas atau melihat update keseruan berolahraga disana.

Bisa Sauna Gratis Usai Yoga

Untuk membuat suasana semakin nyaman, R&G Fitness Gym Studio juga turut melengkapi fasilitas lainnya. Mulai dari kamar mandi, ruang berganti pakaian, mushola (ruangan untuk sholat), free wi-fi, kantin cemilan sehat, locker room hingga area untuk parkir kendaraan. Menariknya, R&G Fitness Gym Studi turut menyediakan sauna untuk dinikmati (gratis untuk member) setelah melakukan olahraga.

Sauna setelah olahraga tentu menyenangkan. Jika dilakukan dengan benar, manfaatnya bagus untuk kesehatan tubuh, tak sekedar untuk relaksasi saja. Selain dapat mengurangi potensi nyeri otot setelah olahraga, sauna juga bisa membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

"Yoga akan membuat tubuh mengeluarkan keringat karena gerakan-gerakan yang dilakukan. Sementara sauna juga menimbulkan efek serupa namun dengan cara berbeda yakni lewat suhu panas yang juga bisa membuat tubuh berkeringat. Biasanya sauna atau mandi dilakukan di dalam ruangan tertutup dengan suhu sekitar 65 - 90 celsius. Jika keduanya dikombinasikan tentu jumlah kalori tubuh yang dibakar akan lebih banyak sehingga berat badan akan turut berkurang," papar Ms Lidya.

Manfaat lain dari suhu yang panas di sauna selain bisa membuat tubuh banyak berkeringat juga akan membantu melebarkan pembuluh darah. Inilah mengapa sirkulasi darah jadi lebih lancar. Alhasil, otot yang tegang akan mengendur dan tubuh jadi lebih rileks. Membuat potensi nyeri otot usai olahraga berkurang.

Namun perlu di ingat jika ini pertama kalinya kamu mencoba sauna usai olahraga, pastikan agar tidak melakukannya dengan durasi waktu yang lama. Coba dulu selama 5 menit lalu selanjutnya kamu bisa meningkatkan durasinya di kemudian hari. Bila terlalu lama dapat meningkatkan risiko tubuh dehidrasi.

Waspada dan segera tinggalkan sauna jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda seperti lemas, pusing, kulit kering, dan mual. Segera keluar dari tempat sauna. Melakukan sauna setelah berolahraga tidak dianjurkan untuk orang dengan penyakit ginjal, gagal hati, atau penyakit jantung. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

article

Artikel Terkait Lainnya