Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Yoga Bisa Ubah Hidup Jadi Lebih Sehat dan Damai! Yuk Latihan di Upper Ground Body Lab

15 November 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Tersedia Kelas Pemula, Mahir hingga Privat

Yoga Jadikan Tubuh Lebih Sehat dan Damai

Yoga Bisa Buat Seseorang Lebih Mengenal Diri Sendiri

Yoga saat ini menjadi salah satu olahraga yang semakin banyak diminati masyarakat luas. Berkembang pesat dan kian digemari karena manfaatnya sudah terbukti. 

Latihan yoga secara teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot. Sekaligus merawat postur dan melatih keseimbangan tubuh.

Tentu saja, peningkatan kesadaran akan manfaat yoga turut mempengaruhi pertumbuhan pesat jumlah studio yoga di seluruh Indonesia, termasuk di kota-kota besar seperti Medan. 

Salah satu studio yoga terbaru di Medan, Upper Ground Body Lab, turut menjadi bagian dari tren populer ini di kalangan masyarakat Medan.

Tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan berbincang dengan instruktur sekaligus owner Upper Ground Body Lab, Miss Natasha. 

Selain membagikan pengalamannya selama menggeluti yoga, Tim Nirvana juga berbincang mengenai keseruan yoga di Upper Ground Body Lab.

Untuk kamu yang penasaran yuk Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

Tersedia Kelas Pemula, Mahir hingga Privat

Upper Ground Body Lab berlokasi di Jalan S. Parman Nomor 280 Medan (Gateau Lt.2 URBAN CAMP). Meski baru beroperasi selama lima bulan, tepatnya sejak 6 Juni 2023 lalu, tapi studio yoga disini cukup menarik.

Beragam kelas yoga yang ditawarkan dirancang untuk berbagai tingkat keahlian, mulai dari pemula hingga yang lebih berpengalaman. 

Tawaran ini memungkinkan siapa saja dengan berbagai tingkat kebugaran bahkan yang belum pernah yoga sekalipun, bisa berpartisipasi dengan nyaman.

Hatha Yoga, Vinyasa hingga Ashtanga Yoga tersedia. Selain kelas reguler, disini juga tersedia kelas private. Disini kamu juga bisa mencoba muaythai, boxing hingga cardiobox.

Meski Upper Ground Body Lab baru lima bulan meramaikan industry kebugaran Kota Medan, antusiame masyarakat Medan, dinilainya cukup bagus.

Untuk kamu yang berdomisili di Medan namun masih ragu memulai latihan yoga, yuk intip dulu keseruan beryoga di Upper Ground Body Lab dengan mengunjungi laman instagram mereka di akun @uppergroundbodylab. 

Termasuk informasi lebih lengkap seputar informasi pendaftaran, promo, hingga jadwal kelas yoga setiap harinya.

Yoga Jadikan Tubuh Lebih Sehat dan Damai

Miss Natasha juga turut membagikan pengalamannya selama beryoga. Diceritakan jika ia pertama kali mengikuti kelas yoga di United Kingdom, di daerah Bermondsey. Ia pun hingga hari ini sangat mengagumi Travis Eliot dan John Scott.

"Dulu saya awalnya cuma ikut gym biasa seperti pada umumnya.Lalu satu waktu saya ikutan kelas Hartha Yoga namun pengajarnya dari Thailand. Saya lupa Namanya tapi dia ngajarnya bertahap. Jadi hari demi hari otot saya yang dulu ketat banget, makin fleksibel dan saya ngebuktiin sendiri bedanya.

Jadi dia ajarin kita bagaimana cara mengantarkan oksigen, sehingga otot-otot tubuh yang tegang jadi lebih fleksibel. Dia ajarin juga cara bernapas yang benar, pernafasan yang dulu suka sesak, jadi lebih stabil. Posisi badan juga jadi lebih bagus. Pokoknya banyak banget efek positifnya di tubuh saya rasakan," jelas Ms. Natasha.

Lantas, apa sih yang ada di pikiran teman-teman saat mendengar kata yoga?

Bisa jadi kebanyakan dari kita menggambarkan yoga sebagai olahraga yang tidak hanya bagus untuk olah tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk melatih pernafasan hingga fikiran, yang berdampak positif bagi kesehatan mental.

Hal tersebut dibenarkan oleh Miss Natasha. Miss Natasha mengungkapkan bahwa dengan berlatih yoga, tidak hanya membuat badan jadi lebih bugar, tetapi juga membuat seseorang lebih mindfull.

“Bagi saya, yoga merupakan kesatuan. Mem-practice yoga tuh menjadikan seseorang seperti saya, mental, jiwa dan raganya bisa menjadi satu, lebih fokus dan terarah," ujarnya kepada Tim Nirvana.

Lebih lanjut, Miss Natasha mengatakan, ketika raga, jiwa dan mentalnya sudah menjadi satu kesatuan yang utuh, pada akhirnya sangat membantu memproteksi dirinya dari hal-hal negatif di kehidupan sehari-hari. Terutama yang sering ditemukan berseliweran di sosial media.

Mengingat di era digitalisasi seperti sekarang, banyak hal-hal dari luar yang sangat mudah diakses oleh masyarakat, termasuk hal-hal yang tidak baik.

"Beryoga membuat saya lebih sehat karena fikiran dan tubuh saya damai. Lebih fokus dan tidak gampang terdistraksi dari pengaruh dunia luar. Efek negatif dari dunia luar, ada yang hoax, gosip artis A, gosip ini itu jadi tidak gampang terpengaruh,” jelas Miss Natasha.

Yoga Bisa Buat Seseorang Lebih Mengenal Diri Sendiri

Bahkan, dampak negatif social media, lebih lanjut dijelaskan Miss Natasha, bisa membuat seseorang kehilangan jati dirinya.

“Hari ini lihat teman bergaya seperti ini, kok cantik, ah aku juga mau kemudian ditiru. Lalu besoknya liat selebritis bergaya lain lagi, kamu suka, ditiru juga. Ingat lo sesuatu yang kamu suka belum tentu cocok dan kamu perlukan. Jika kebablasan lama-lama kamu melupakan dirimu sendiri,” katanya.

Hampir semua orang tau jika yoga melibatkan sejumlah gerakan tubuh yang bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh. 

Nah melalui gerakan-gerakan ini, seseorang dapat mengenal tubuh mereka dengan lebih baik.

Ketika beryoga, kamu akan merasakan dimana kekuatan dan kelemahan tubunya. Dan jika seseorang tersebut beryoga dengan konsisten, ia akan belajar untuk bekerja sama dengan tubuhnya sendiri. 

Memahami bagian mana yang perlu ditingkatkan kekuatan atau bagian tubuh mana yang perlu dilatih fleksibilitasnya dan lain sebagainya. Disinilah proses mengenal diri sendiri itu berlangsung.

Maka dari itu, Miss Natasha menegaskan, dengan berlatih yoga bisa membantu seseorang untuk lebih mengenal dirinya sendiri. 

Sehingga saat menjalani aktivitas sehari-hari pun, bisa menyaring informasi dengan tepat. Sebab sudah fokus terhadap informasi apa yang dibutuhkan dan informasi apa yang bermanfaat untuk kehidupannya.

Dengan begitu, tubuh pasti jadi lebih sehat. Flexing dan aktivitas dunia tipu-tipu yang berseliweran di media social itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi kesehatan mental.

“Sehingga dengan rutin melakukan yoga, rasanya itu sudah sepaket. Tidak sebatas berolahraga saja, tetapi juga membangun proteksi pada tubuh lewat mental yang damai,” tambahnya.

Miss Natasha sendiri sudah menggeluti yoga selama 13 tahun. Sebelum akhirnya mengajar, terlebih dahulu sudah ia selesaikan sertifikasi teacher training di UK, London, 500 Hour pada 2015 lalu.

Di akhir diskusi, Miss Natasha berpesan agar siapapun jangan ragu untuk mulai beryoga. 

Mengingat manfaatnya banyak sekali, pastikan kamu juga harus jadi salah satu orang yang membuktikan banyaknya manfaat yoga.

“Manfaatnya sangat luas, termasuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, serta merawat kesehatan mental. Namun hasil ini tidak di dapat secara instan alias satu kali yoga langsung dapat semua. Konsistensi dalam latihan sangat penting, dan kemajuan dapat terjadi perlahan. Yang terpenting, yang perlu diingat adalah, yoga merupakan perjalanan dan bukan sekadar mencapai tujuan tertentu. Yoga adalah perjalanan yang dapat membantu kamu mencapai keseimbangan dan kedamaian dalam hidup,” tutupnya.

article

Artikel Terkait Lainnya