Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Waspada! 6 Bahaya Main HP Sebelum Tidur

13 December 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Menurunkan Melatonin Akibat Paparan Cahaya Biru

2. Membuat Otak Semakin Aktif dan Waspada

3. Menunda Waktu Tidur

4. Menghambat Fase Rapid Eye Movement (REM) Saat Tidur

5. Mengganggu Pikiran dan Emosi

6. Membuat Lelah Saat Bangun Tidur

7. Menurunkan Konsentrasi dan Fokus

Sumber Referensi

Setelah melakukan aktivitas seharian, pasti kamu ingin menikmati malam yang tenang. Namun tanpa disadari kebiasaan melakukan screen time membuat kamu kebablasan. Rencana cuma mau chatting sebentar dengan pasangan, rupanya sudah berjam-jam bermain game dan browsing di internet.

Meski kebiasaan ini terlihat sepele dan dilakukan hampir semua orang, bermain gawai sebelum tidur berdampak negatif terhadap kesehatan otak maupun kualitas tidur.

Ada berbagai macam bahaya main HP sebelum tidur, antara lain:

1. Menurunkan Melatonin Akibat Paparan Cahaya Biru

Salah satu bahaya main HP sebelum tidur adalah menurunnya melatonin. Melatonin merupakan sebuah hormon otak yang dihasilkan saat kondisi gelap. Melatonin turut membantu mekanisme tidur dan bangun, termasuk mengatur ritme sirkadian.

Ketika kamu bermain HP sebelum tidur, maka otak akan menganggap cahaya biru dari HP sebagai cahaya siang hari. Akibatnya, kadar melatonin akan semakin menurun sehingga menjadi penyebab menurunnya kualitas tidur, insomnia, dan gangguan mood.

2. Membuat Otak Semakin Aktif dan Waspada

Jika otak sugdah bekerja selama seharian penuh, waktu tidur seharusnya menjadi momen bagi otak untuk beristirahat. Namun, main Handphone sebelum tidur malah akan merangsang otak sehingga kamu tetap terjaga dan waspada.

Bahkan, otak akan menjadi lebih aktif meskipun kamu hanya bermain HP sebentar. Mulai dari menonton video, membuka media sosial, atau sekadar membalas chat, semua yang dilakukan dengan HP justru membuatmu susah tidur.

3. Menunda Waktu Tidur

Nah, jika kamu ingin tidur lebih awal, tapi selalu gagal. Ternyata, Kebiasaan main HP sebelum tidur bisa menjadi penyebabnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kebiasaan ini akan merangsang otak sehingga kamu tidak bisa tenang sebelum tidur.

Waktu tidur juga ikut tertunda dan kamu akan tidur terlalu malam dari yang direncanakan. Apabila masalah ini terjadi secara berulang, maka waktu tidur akan berkurang sehingga kualitas tidur ikut menurun.

4. Menghambat Fase Rapid Eye Movement (REM) Saat Tidur

Rapid eye movement (REM) adalah fase tidur yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas otak, detak jantung dan pergerakan mata. Pada fase ini kamu akan tertidur lebih lelap dan bermimpi. Biasanya, Fase REM dimulai sekitar 90 menit setelah tertidur.

Namun, sayangnya pikiran yang terganggu karena sering main HP sebelum tidur bisa menghambat fase REM. Akibatnya, kamu akan lebih sulit untuk tidur nyenyak.

5. Mengganggu Pikiran dan Emosi

Pada dasarnya, bahaya main HP sebelum tidur memang tidak banyak disadari, yaitu terganggunya pikiran dan emosi. Kebiasaan ini akan memicu kecemasan sebelum tidur yang secara signifikan berdampak pada emosi.

Pikiran nantinya bisa terganggu ketika membuka media sosial apalagi ketika menemukan sesuatu yang membuatmu sedih, marah, maupun tidak nyaman. Tidur dekat handphone juga akan membuat kamu mudah teralihkan, mulai dari bunyi notifikasi, musik yang terhenti, atau sebab lain.

6. Membuat Lelah Saat Bangun Tidur

Selanjutnya, main HP sebelum tidur memang tidak akan menimbulkan bahaya langsung bagi kesehatan secara langsung. Namun, dalam jangka panjang, kualitas tidur akan menurun sehingga membuat kamu lelah setiap bangun tidur.

Kamu mungkin tidak akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas dan lebih mudah mengantuk di siang hari. Apabila kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

7. Menurunkan Konsentrasi dan Fokus

Kualitas tidur yang buruk akibat main gawai sebelum tidur juga akan menurunkan fokus, daya pikir, konsentrasi, serta daya ingat. Sehingga lama-kelamaan, pikiranmu akan mudah berkabut, bahkan lebih sulit untuk mengambil keputusan.

Mengurangi pemakaian HP sebelum tidur bisa membantu meningkatkan mood dan daya ingat. Bahkan kamu bisa mendapatkan manfaat yang cukup dengan mengurangi bermain gawai selama 30 menit sebelum tidur.

Main gawai sebelum tidur memang tidak menyebabkan bahaya langsung bagi kesehatan, tapi kebiasaan ini akan menurunkan kualitas tidur yang jika dibiarkan terus berlanjut dalam waktu lama. Tentu akan menurunkan kualitas kesehatan tubuh kamu.

Oleh karena itu, untuk menghindari dampak tersebut, maka cobalah mengurangi pemakaian HP sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum tidur.

Kamu juga bisa meningkatkan kualitas tidur dengan memperbaiki pola tidur. Biasakan tidur dan bangun pada jam yang sama agar jam biologis tidurmu menjadi tampak teratur.

Sumber Referensi


Fadli Adzani. 2021. 6 Bahaya Main HP Sebelum Tidur yang Perlu Anda Waspadai [online] (https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-main-hp-sebelum-tidur-yang-perlu-anda-waspadai di akses 9 Desember 2022)

Ibrahim Hasan. 2021. Bahaya Main HP Sebelum Tidur yang Perlu Diwaspadai Berisiko Depresi [online] (https://www.merdeka.com/sumut/bahaya-main-hp-sebelum-tidur-yang-jarang-diketahui-menyebabkan-depresi-kln.html di akses 9 Desember 2022)

dr Merry Dame Cristy Pane. 2022. Bahaya Sering Main Ponsel Sebelum Tidur yang Perlu Diwaspadai [online] (https://www.alodokter.com/bahaya-sering-main-ponsel-sebelum-tidur-yang-perlu-diwaspadai di akses 9 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya