Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Warga Kisaran Mau Coba Yoga? Yuk ke Family Yoga Studio!

22 August 2023

oleh Nirvana Tim

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Belajar Yoga di Usia Menjelang 40 Tahun

Dirikan Studio Yoga Karena Tingginya Antusias Murid

Berlatih Yoga di Studio yang Nyaman dengan Harga Terjangkau

Melakukan yoga secara rutin mampu membuat tubuh jadi sehat dan terasa lebih bugar. Lantas, bagaimana cara melakukan yoga dengan tepat dan benar? Selain menyiapkan matras dan alat-alat yoga, tentu kamu perlu instruktur yoga sebagai pembimbing.

Kamu bisa menemukan instruktur yoga tersebut di studio-studio yoga yang tersebar di kota tempat kamu tinggal. Tak melulu di kota-kota besar, bergeser sedikit ke Kisaran yuk! Disini terdapat studio yoga yang menarik dan super nyaman lho!

Nggak Percaya? Coba deh berkunjung ke Family Yoga Studio. Ini merupakan rekomendasi studio yoga di Kisaran yang lokasinya cukup mudah ditemukan. Tepatnya berada di Jalan Cokroaminoto Gg Nanas No 238-a, Kisaran, Sumatera Utara.

Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan berbincang langsung dengan pendiri sekaligus guru di Family Yoga Studio, Ms Fitry.

Selain membagikan pengalamannya saat pertama kali memulai latihan yoga, Ms Fitry juga bercerita seputar proses terbentuknya Family Yoga Studio ini. 

Belajar Yoga di Usia Menjelang 40 Tahun

Sedari awal Ms Fitry memang gemar berolahraga sebagai bagian dari penerapan pola hidup sehat. Namun, meski begitu, sayangnya di usia yang sudah hampir menginjak kepala empat, ia belum juga dianugerahi keturunan. Hingga satu waktu, ketika berkonsultasi dengan salah satu dokter di Penang, ia dianjurkan untuk berlatih yoga. 

“Waktu itu saya berobat ke Penang, dokter menyarankan, karena sering keguguran, kalo bisa olahraganya yang bisa membuat semua organ-organ kita membaik dan lebih rileks. Saya memang sering nge-gym dan aerobic. Namun gerakan yoga kata dokternya berbeda,” ceritanya. 

Gerakan yoga dinilai cenderung lebih lembut, dalam dan bisa memberi efek relaksasi. Ditambah dengan pengaturan napas yang tepat, berlatih yoga secara rutin bisa membantu mengurangi ketegangan otot, merangsang aliran darah hingga menyehatkan pikiran.

Kesemuanya diyakini memiliki efek positif pada tubuh dan keseimbangan hormonal, yang pada gilirannya dapat mendukung kesuburan dan kesehatan reproduksi.

“Saat itu saya putuskan untuk berlatih yoga, meski usia sudah hampir menyentuh kepala empat. Rasanya tak ada alasan untuk bermalas-malasan. semangat saya begitu membara. Dari Medan, Bekasi hingga Ke Jakarta saya tempuh untuk belajar yoga, termasuk berguru dengan Anjasmara,” cerita Miss Fitry. 

Ia pun sangat mengidolakan Anjasmara dalam hal yoga. Menurutnya, ketika mengajar yoga, Anjas begitu detail dan rinci. Ia pun turut menerapkan ilmu yang ia peroleh saat belajar kepada murid-muridnya. 

“Saya suka ketika Anjas mengajar yoga. Diajarin step by step dan disesuaikan menurut kemampuan tubuh masing-masing. Dan ini, saya terapkan juga ke murid saya ketika ngajar. Bagaimana mengaktifkan telapan tangan, berdiri tegak hingga melipat tubuh ke depan. Terlihat sederhana tapi tidak sembarangan,” jelas Ms Fitry

Termasuk memberi tahu murid makna dari setiap gerakan. “Semua itu murid harus diberi tahu termasuk manfaat jika melakukannya dan jika tidak dilakukan dampaknya bagaimana,” tambahnya.

Setelah itu ia putuskan untuk kembali ke Kisaran, mengenalkan yoga dan manfaatnya kepada warga sekitar. Meski awalnya kurang diterima, ia tetap semangat sebab ia menyadari jika yoga merupakan sebuah proses, tak bisa dipaksakan harus begini atau harus begitu. 

“Usai itu saya pulang kampung, mengenalkan yoga itu apa, manfaatnya gimana. Tapi baru berkembangnya itu ketika umur saya 42 tahun. Waktu itu mayoritas masyarakat sini tidak kenal dengan yoga, pelan-pelan saya sosialisasikan,” kenangnya.

Ia tetap semangat beryoga dari satu tempat ke tempat lainnya. Pindah-pindah selama bertahu- tahun. Dari Inalum hingga Tanjung Balai, dimana ada yang menanyakan soal yoga, jika kesehatan memungkinkan, ia pasti datang.

“Saya ngajar di Inalum kurang lebih lima tahun sampai umur 47 tahun saya balik ke kampung. Sebelumnya saya keliling terus, ke Tanjung Balai ngajar yoga ayok, ke Medan pun ayok. Semangat saya kalo udah soal yoga,” katanya. 

Dirikan Studio Yoga Karena Tingginya Antusias Murid

Pandemic Covid-19 yang mewabah di awal tahun 2020 juga turut andil dalam memberikan momentum yang pas untuk mendirikan studio yoga.  Ia ingat di awal masa pandemic, semua aktivitas mayoritas dikerjakan dari rumah. 

“Sewaktu awal-awal covid, studio dimana-mana tutup, kita gak boleh berkumpul, harus jaga jarak dan menerapkan protocol kesehatan. Nah karena saya ingin sehat, saya putuskan untuk tetap beryoga di rumah,” ceritanya.

Ternyata didukung oleh murid-murid bahkan mereka meminta untuk dibukakan saja studio di rumah. Setelah maju mundur dan berdiskusi dengan keluarga. Akhirnya diputuskan untuk mendirikan Familiy Yoga Studio ini di tahun 2021.

“Akhirnya saya buka studio di rumah, kecil-kecilan dan awalnya hanya muat sekitar 10 orang aja. Tapi murid-murid saya gak mempermasalahkan. Mereka malah senang bisa yoga bareng lagi, karena memang mereka maunya latihan yoga, biar tetap sehat,” ceritanya. 

Ia berharap bisa terus mempertahakan makna mengapa dinamakan Family Yoga Studio. Sehingga siapa saja yang beryoga disini bukan hanya bisa dapat sehatnya tapi juga dapat kekeluargaannya plus bonus wajah jadi lebih awet muda. 

"Seluruh member benar-benar sudah seperti saudara disini. Apalagi kita perempuan semua (ladies only) jadi hubungannya pun erat sekali,” katanya. 

Harapan Ms Fitry dibuktikan oleh pengalaman Ms Eka Dewi (38) dan Ms Nurhasanah (46). Keduanya memutuskan rutin beryoga karena sudah membuktikan sendiri manfaat yoga untuk kesehatan. 

Ms Eka Dewi bahkan mengaku ia sudah mendapatkan banyak bonus dari beryoga. “Senangnya itu, berat badan terjaga, badan lebih bugar dan enteng. Enak untuk dibawa beraktifitas dan bonusnya dapat keluarga baru disini,” ceritanya.

Hal senada juga diutarakan Miss Nurhasanah yang sudah rutin beryoga selama 4 tahun terakhir. “Saya kan sudah bercucu, jadi harus lebih rajin lagi beryoganya biar tetap sehat. Jadi kalo mau main sama cucu, enjoy terus nggak ada istilah sakit lutut atau sakit punggung,” paparnya. 

Berlatih Yoga di Studio yang Nyaman dengan Harga Terjangkau

Nah, Sahabat Nirvana di Kisaran yang ingin tahu jadwal kelas di Family Yoga Studio, mari disimak, berikut rinciannya.

Kamu bisa berlatih yoga dari Senin, Selasa, Rabu, Kamis hingga Jumat. 

Jika ingin berlatih di pagi hari, maka kamu bisa berhadir pukul 10.00 WIB sd selesai. 

Jika ingin berlatih di siang hari, maka kamu bisa berhadir pukul 14.00 WIB sd selesai. 

Jika ingin berlatih di sore hari, maka kamu bisa berhadir pukul 16.30 WIB sd selesai. 

Jika ingin berlatih di pagi hari, maka kamu bisa berhadir pukul 10.00 WIB sd selesai. 

Jika ingin berlatih di malam hari, maka kamu bisa berhadir pukul 19.00 WIB sd selesai. 

Biasanya satu sesi yoga berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Paket harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, sebesar Rp. 300.000 tanpa biaya pendaftaran sama sekali, kamu sudah bisa mengakses semua sesi diatas.

Tersedia juga kelas private, dimana jadwal dan harganya menyesuaikan. Silahkan kunjungi Instagram Family Yoga Studio di akun @fitriawati6386 atau Tik Tok di akun @fitrialwi829 untuk update informasi seputar promo dan keseruan beryoga setiap harinya.

Untuk membuat suasana latihan yoga kamu semakin nyaman, Family Yoga Studio juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, ruangan yang nyaman serta area parkir kendaraan. 

Kamu juga akan menemukan beberapa alat (properti) yoga seperti yoga block, yoga belt, bola yoga dan resistensi band. Tujuan penggunaan alat-alat ini selain untuk mencapai ketepatan asana, juga bisa meminimalisir terjadinya cedera. Jadi selama berlatih yoga, murid tidak hanya akan merasa nyaman tapi juga aman.

Jika kamu masih pemula dan baru pertama kali mencoba yoga, Ms Fitry berpesan, dimulai dari tujuannya dulu diniatkan untuk kesehatan tubuh. Lalu ia menyarankan untuk mencoba dari kelas hatha. 

“Pemula bisa coba dari hatha dulu meski disini tidak sebatas hatha yoga saja. Kita juga berlatih vinyasa, yoga dance hingga belajar acro yoga juga. Kelas beginner ada, intermediate juga ada. Jadi bisa menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing,” pesannya.

article

Artikel Terkait Lainnya