Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Warga Berastagi Mau Coba Yoga? Yuk Ke Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio!

28 October 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Dirikan Studio Setelah Buktikan Yoga Bisa Bantu Sembuhkan Cedera Olahraga

Berlatih Yoga di Studio yang Nyaman dengan Guru Berpengalaman

Melakukan yoga secara rutin ternyata mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Bahkan belakangan, banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan yoga untuk membantu proses pengobatan maupun terapi kesehatan.

Lantas, bagaimana cara melakukan yoga dengan tepat dan benar? Selain menyiapkan matras dan alat-alat yoga, tentu kamu perlu instruktur.

Arahan dari instruktur yoga akan sangat dibutuhkan apalagi jika kamu masih pemula. Instruktur yang berpengalaman akan siap membimbing kamu berlatih yoga dengan tepat. Nah, kamu bisa menemukan instruktur yoga tersebut di studio-studio yoga yang tersebar di kota tempat kamu tinggal.

Sekarang ada banyak pilihan studio yoga ramah pemula yang bisa kamu kunjungi. Tak melulu di Kota Medan, bergeser sedikit ke Berastagi yuk! Disini ada studio yoga yang menarik dan super nyaman lho!

Nggak Percaya? Coba deh berkunjung ke Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio. Ini merupakan rekomendasi studio yoga di Berastagi yang lokasinya cukup mudah ditemukan. Tepatnya berada di Jalan Veteran nomor 85, Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara. Jika kamu masih kesulitan menemukannya, kamu juga bisa mencari kantor Notaris Sayang David karena keduanya masih berada di satu bangunan yang sama.

Dirikan Studio Setelah Buktikan Yoga Bisa Bantu Sembuhkan Cedera Olahraga

Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengunjungi dan berbincang langsung dengan founder Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio, Ms Evanireni Julietta Purba, S.Pd.

Selain membagikan pengalamannya saat pertama kali memulai latihan yoga, Ms Evanireni juga bercerita seputar proses terbentuknya Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio ini. Sedari awal, Ms Evanireni memang gemar berolahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Ia menyukai olahraga dengan intensitas gerakan cepat seperti senam apalagi senam High Impact Aerobic. Ms Evanireni sudah menekuni aerobik selama belasan tahun sedari 2015 dan menjadi instruktur pada tahun 2002. Hingga satu waktu ia mengalami cedera pada kaki sebelah kiri dan berpengaruh besar pada kesehatan tubuhnya.

Lantas, dokter yang menanganinya kali itu menyarankan agar ia beralih, dari melakukan olahraga high impact (aerobic) ke olahraga dengan gerakan lembut seperti yoga. Ia pun akhirnya setuju mencoba yoga untuk pertama kalinya.

"Sejak saat itu saya mulai mencari tempat beryoga dan bertemulah dengan instruktur yoga dari Komunitas Yoga Ananda Marga, Miss Abi. Perlahan tapi pasti, rutin berlatih dengan Miss Abi, cedera kaki saya sembuh. Saya putuskan untuk tidak berhenti disitu saja, saya mulai mengeksplorasi lagi yoga ini, saya dalami apakah olahraga ini betul cocok untuk saya," ceritanya.

Selain rutin berlatih, ia juga aktif mengikuti beragam training maupun workshop untuk menambah pengetahuan seputar yoga. Mulai dari Yoga For Senior Teacher Training dengan Setyo Jojo hingga Body Yuju Training dengan Deddy Suhendar.

"Saya sangat senang bisa belajar Yoga di Ananda Marga sebab Ms Abi, instruktur pertama saya selalu mendukung agar saya terus berkembang hingga menemukan yoga mana yang pas untuk saya, termasuk matching antara waktu dan pekerjaan. Ms Abi selalu menyarankan agar saya terus belajar, termasuk ikut teacher training," ujarnya.

Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio ini didirikan usai ia kembali belajar dengan Mr. Jojo di Bandung tepatnya di tahun 2019 lalu. Namun meski Ms Evanireni beralih untuk beryoga, ia tidak seutuhnya meninggalkan aerobik. Itulah mengapa di Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio, kamu tetap bisa berlatih aerobic.

Berlatih Yoga di Studio yang Nyaman dengan Guru Berpengalaman

Untuk membuat suasana latihan yoga kamu semakin nyaman, Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, ruangan yang nyaman serta area parkir kendaraan. Kamu juga akan menemukan beberapa alat (properti) yoga tidak hanya matras saja. Ada kumpulan yoga block, yoga belt dan resistensi band. Tujuan penggunaan alat-alat ini selain untuk mencapai ketepatan asana, juga bisa meminimalisir terjadinya cedera. Jadi selama berlatih yoga, murid tidak hanya akan merasa nyaman tapi juga aman.

Hal ini serupa dengan prinsip Sanggar Senam dan Yoga Eva Studio ini, "Healthy, Refresh The Mind, Calm Down". Diharapkan studio ini bisa menjadi rumah bagi siapa saja yang ingin latihan yoga dan memberikan ilmu bagi orang yang tidak tahu tentang yoga.

Disini kamu bisa berlatih yoga dua minggu sekali, yaitu hari Selasa dan Kamis. Biasanya, satu sesi berlangsung selama 1 jam. Latihan di waktu sore dimulai dari pukul 15.30 - 16.30 WIB. Sementara latihan di waktu malam dimulai dari pukul 19.00 - 20.00 WIB. Paket harga yang ditawarkan juga beragam. karena selain tersedia kelas yoga untuk pemula juga ada kelas aerobik.

Untuk 8 kali pertemuan membership studio, selama sebulan kamu cukup membayar 220 ribu. Opsi lainnya, jika kamu ingin sekali coba (walk-in) cukup membayar sebesar 40 ribu saja. Cukup terjangkau bukan?

Siapa saja bisa berlatih yoga di studio ini, tidak ada batas usia mulai dari anak-anak hingga lansia. Namun ia tetap menghimbau agar para murid memahami kondisi tubuhnya masing-masing. Mengingat tak semua gerakan yoga cocok dilakukan semua orang.

"Sebelum latihan yoga saya selalu memberikan penjelasan dulu terkait gerakan apa saja yang boleh dilakukan atau tidak. Misalnya, jika sedang migrain sebaiknya skip inversion dulu. Jika sedang dalam gejala hipertensi juga dan instruksi-instruksi lain," ungkapnya.

Ms Evanireni menyarankan untuk kamu yang sedang dalam gejala hipertensi (tekanan darah tinggi) bisa melakukan Savasana. Jika dipadukan dengan pengaturan nafas yang tepat, gerakan ini bagus untuk membantu relaksasi tubuh dan pikiran. "Disinilah, di Savasana ini nikmati gerakanmu dan dengarkan nafasmu. Niscaya kamu akan bisa mendengarkan tubuhmu dan memahaminya," jelas Ms Evanireni.

article

Artikel Terkait Lainnya