Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Wajib Coba! 6 Manfaat Golf Untuk Kesehatan Tubuh

12 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

2. Mengurangi Stres

3. Membantu Membakar Kalori

4. Menjaga Kesehatan Tulang

5. Menjaga Kesehatan Jantung

6. Menjaga Kesehatan Mata

Golf merupakan salah satu jenis olahraga luar ruangan yang bertujuan memasukkan bola ke dalam lubang di lapangan, dengan jumlah pukulan seminimal mungkin. Sebagian orang menganggap olahraga ini sederhana dan tidak menguras banyak energi. Namun, bukan berarti olahraga golf hanya memberikan manfaat sedikit terhadap tubuh.

Ada berbagai macam manfaat olahraga golf bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu peroleh, terutama jika melakukannya secara rutin. Berikut ini sudah ada beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat olahraga golf lainnya adalah mehningkatkan kualitas tidur Melakukan aktivitas fisik seperti bermain golf diketahui bisa membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan meningkatnya aktivitas enzim dan fungsi otot setelah berolahraga. Sehingga, kamu akan tertidur lebih cepat dan berkualitas.

2. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat olahraga golf bagi tubuh adalah membantu mengurangi stres. Saat bermain golf di luar ruangan, kamu akan mendapatkan asupan matahari, menghirup udara segar, serta melihat lapangan luas yang dapat membantu menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang tentu lebih sedikit berpotensi terhadap stress.

3. Membantu Membakar Kalori

Perlu kamu ketahui, lapangan golf biasanya merupakan area bermain yang cukup luas mulai dari 30 sampai 200 hektar. Nah, bila kamu tidak menggunakan mobil golf dan hanya berjalan kaki, maka harus menempuh sekitar 5 sampai 7 kilometer. Belum lagi perlengkapan lainnya seperti tongkat golf dan tas yang harus dibawa. Kemudian, akan dilanjutkan dengan aktivitas mengayun dan berputar saat bermain. Inilah alasan mengapa manfaat olahraga golf dapat membantu membakar kalori. Yuk dirutinkan berlatih golfnya.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat olahraga golf berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Umumnya jika kamu berlatih golf di pagi hari, selama kamu bermain di lapangan, maka akan mendapatkan asupan vitamin D dari paparan sinar matahari. Vitamin D sendiri memiliki peran penting dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor yang baik bagi kekuatan tulang. Sehingga, mencegah risiko penyakit terkait tulang seperti osteoporosis. Namun, perlu kamu catat, paparan sinar matahari yang memberikan vitamin D, saat pukul 8 sampai 10 pagi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak kalah penting, manfaat olahraga golf bagi tubuh juga dinilai bisa menjaga kesehatan jantung. Seperti olahraga pada umumnya, aktivitas fisik saat bermain golf akan membuat detak jantungmu meningkat hingga membuat aliran darah terpompa. Hal ini pada akhirnya akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung secara efektif. Selain itu, vitamin D yang kamu peroleh selama bermain juga berkhasiat mencegah risiko penyakit jantung. Sebab, penelitian akan menunjukkan bahwa orang yang kekurangan asupan vitamin D cenderung lebih rentan mengalami hipertensi dan terserang penyakit jantung.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat olahraga golf terakhir adalah menjaga kesehatan mata. Dalam permainan ini, kamu perlu memiliki penglihatan cukup bagus agar bisa memasukkan bola ke dalam lubang. Bukan hal mudah, kamu harus mengarahkan bola putih kecil dari jarak jauh, lalu menargetkannya pada sebuah lubang. Dengan melatihnya secara rutin, kamu meningkatkan kemampuan akomodasi lensa mata, ketajaman penglihatan, sekaligus koordinasi antara mata dan tangan.

Demikian berbagai manfaat olahraga golf bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Selama berlatih, jangan lupa penuhi seluruh kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup.

article

Artikel Terkait Lainnya