Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Variasi Jenis Olahraga Untuk Wanita, Lengkap Dengan Manfaatnya

22 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Zumba

2. Yoga

3. Spinning

4. Muay Thai

5. Berenang

6. Squat

Olahraga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, sehingga setiap orang perlu melakukan aktivitas ini secara rutin. Terdapat beberapa pilihan olahraga untuk wanita yang dapat menunjang kesehatan dan menjadi sarana agar mendapatkan badan yang ideal.

Biasanya wanita lebih memilih olahraga yang menghasilkan keseimbangan jiwa dan raga. Begitupun dengan jenis olahraga yang melibatkan music, tarian dan koordinasi, cenderung lebih disukai.

Nah, sebagai referensi, berikut ini sudah ada variasi jenis olahraga untuk perempuan yang bisa dicoba, antara lain:

1. Zumba

Olahraga zumba termasuk salah satu olahraga yang paling disukai oleh wanita. Sebab, gerakan zumba terkesan menyenangkan dan mudah ditiru. Biasanya sepanjang latihan zumba selain menggunakan banyak pilihan lagu dengan music universal, instruktur juga akan mengkombinasikan gerakannya dengan tarian belly dance, hip hop hingga Bollywood.

Jadi terkesan fun sehingga siapa pun yang berlatih zumba tak merasa bosan. Ada beberapa manfaat dari olahraga zumba seperti meningkatkan fleksibilitas hingga kemampuan refleks dan keseimbangan tubuh.

2. Yoga

Olahraga yang satu ini bisa dilakukan oleh semua kalangan. Mulai dari orang tua, remaja, sampai kaum pria sekalipun. Olahraga yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa membuat pikiran manusia tetap positif. Manfaat lainnya bisa meredakan stres dan membantu memperoleh kedamaian batin serta jiwa.

3. Spinning

Olahraga spinning, merupakan olahraga wanita yang bisa membantu untuk membentuk badan ideal. Kelas spinning biasanya akan berlangsung sekitar 40 menit, setara dengan membakar lemak pada tubuh sebanyak 500 kalori. Namun, kamu harus melakukan olahraga ini secara hati-hati. Sebab, terdapat risiko cedera yang bisa saja terjadi. Olahraga spinning juga masuk ke dalam Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT). Sehingga, sangat cocok diterapkan untuk melatih otot besar hingga hamstring.

4. Muay Thai

Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan kemampuan bela diri agar bisa melindungi dirinya dari bahaya. Nah, di zaman sekarang wanita sudah bisa melakukannya. Sekaligus memperoleh manfaat kesehatan lewat olahraga seperti muay thai ini. Olahraga yang berasal dari Thailand ini memiliki gaya bertarung tertentu. Sehingga bisa bekerja efektif dalam membentuk badan proporsional pada wanita. Selain itu, kombinasi latihannya juga menarik, yaitu dengan latihan berat menggunakan tubuh, serta gerakan eksplosif. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu dalam mengembangkan kekuatan otot dan stamina.

5. Berenang

Hampir semua orang suka dengan olahraga berenang, apalagi untuk yang menginginkan badan tinggi. Olahraga renang dapat kamu lakukan secara otodidak atau mengikuti kelas renang. Sebagai informasi, olahraga ini akan melibatkan banyak otot badan. Terutama pada otot lengan dan kaki. Sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa mengatur berat badan. Olahraga berenang ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu lakukan bersama pasangan.

6. Squat

Rekomendasi olahraga wanita berikutnya adalah olahraga squat. Olahraga ini dikenal efektif untuk membentuk bokong indah. Agar bisa mendapatkan hasil sempurna, maka kamu perlu latihan squat secara teratur. Apabila kamu tidak merasa puas dengan hasilnya, maka bisa menambahkan program latihannya, yaitu membawa kettlebell berbobot ringan dalam gerakannya.

Nah, itu saja informasi mengenai variasi jenis olahraga untuk perempuan yang bisa kamu lakukan di rumah atau bersama rekan. Kira-kira yang mana jenis olahraga favorit kamu?

article

Artikel Terkait Lainnya