Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tulang Sehat, Hidup Bahagia: Tips Sederhana Merawat Kesehatan Tulang

10 July 2023

oleh Ade Priska Apulina

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Cukupi Asupan Vitamin D Secara Tepat

Lakukan Latihan Beban

Hindari Gaya Hidup yang Merusak Tulang

Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Hindari Aktivitas yang Memicu Terjatuh

Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Konsumsi Suplemen Tulang

Sumber Referensi

Kesehatan tulang merupakan faktor penting dalam menjaga kualitas hidup dan mobilitas kita sepanjang hayat. Sebab tulang yang kuat dan sehat akan memberikan stabilitas pada tubuh serta melindungi organ-organ vital. 

Namun, banyak orang seringkali mengabaikan kesehatan tulang hingga menghadapi masalah serius di hari tua. Untuk itu, berikut adalah cara atau tips sederhana untuk menjaga kesehatan tulang yang perlu kamu perhatikan.

Yuk disimak. Semoga bermanfaat.

Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kepadatan tulang. Konsumsilah makanan yang kaya kalsium seperti susu, keju, yoghurt, dan ikan dengan tulang lunak seperti sardine secara rutin dengan dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan energi harian.  

Jika kamu memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu, pilih alternatif makanan lain yang juga kaya kalsium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Cukupi Asupan Vitamin D Secara Tepat

Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium oleh tubuh. Sinar matahari pagi adalah sumber alami untuk mendapatkan vitamin D yang cukup direkomendasikan. 

Jadi pastikan kamu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, terutama di jam 8 sampai dengan 10 pada pagi hari. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, kuning telur, dan produk susu untuk memperkaya asupan nutrisi akan Vitamin D.

Lakukan Latihan Beban 

Latihan beban seperti angkat beban atau menggunakan berat tubuh sendiri, seperti push-up dan sit-up juga diyakini dapat membantu memperkuat tulang. 

Latihan ini akan merangsang pembentukan tulang baru sekaligus membantu meningkatkan kepadatan tulang. Lakukan latihan beban secara teratur, setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. 

Jika kamu belum terbiasa, mintalah dengan pengawasan instruktur olahraga profesional agar gerakan yang dilakukan tepat dan tidak menimbulkan cedera.

Hindari Gaya Hidup yang Merusak Tulang

Beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan ketika beraktivitas, disadari atau tidak  juga dapat merusak kesehatan tulang. 

Hindarilah merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, karena keduanya dapat mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. 

Selain itu, kurangi konsumsi kafein yang berlebihan, karena dapat mengganggu penyerapan kalsium oleh tubuh.

Pertahankan Berat Badan yang Sehat 

Berat badan yang berlebih dapat memberikan tekanan ekstra pada tulang dan meningkatkan risiko kerusakan tulang.

Pertahankan berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan aktifitas fisik teratur. 

Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Hindari Aktivitas yang Memicu Terjatuh 

Tulang yang rapuh lebih rentan terhadap cedera dan patah. Untuk menghindari meningkatnya risiko tersebut, pastikan lingkungan sekitar kamu aman dan minim dari bahaya yang dapat menyebabkan kamu kecelakaan karena terjatuh. 

Gunakan alas kaki yang tepat dan berhati-hatilah saat beraktivitas di permukaan yang licin atau tidak rata.

Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan 

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi masalah tulang dengan cepat. 

Diskusikan dengan dokter profesional mengenai tes densitometri tulang atau tes lainnya yang dapat mengukur kepadatan tulang kamu. 

Dengan demikian, kamu dapat mengambil tindakan preventif atau perawatan yang diperlukan jika ditemukan masalah.

Konsumsi Suplemen Tulang

Jika sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D melalui makanan, kamu dapat mempertimbangkan mengonsumsi suplemen tulang setelah berkonsultasi dengan dokter. 

Suplemen ini dapat membantu melengkapi kebutuhan tulang akan nutrisi dan menjaga kesehatannya.

Merawat kesehatan tulang merupakan investasi jangka panjang untuk kualitas hidup yang baik. 

Diharapkan dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, kamu dapat menjaga kesehatan tulangmu dan mencegah masalah tulang di masa depan. 

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau kondisi khusus yang mempengaruhi kesehatan tulangmu saat ini, segera dan jaga ragu untuk berkonsultasi dengan dokter profesional. 

Sumber Referensi

dr Kevin Adrian. 2020. Tips Menjaga Kesehatan Tulang [online] (https://www.alodokter.com/tips-menjaga-kesehatan-tulang  diakses 04 Juli 2023) 

dr Muhammad Iqbal Ramadhan. 2019. 5 Tips Hindari Kerusakan Tulang di Usia Tua [online] (https://www.klikdokter.com/info-sehat/tulang/5-tips-hindari-kerusakan-tulang-di-usia-tua diakses 04 Juli 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya