Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa Tanpa Harus Takut Batal

31 March 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Rutin Sikat Gigi

2. Berkumur Menggunakan Mouthwash

3. Membersihkan Lidah

4. Mengobati Penyakit Gusi Penyebab Bau Mulut

5. Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C

6. Memenuhi Kebutuhan Cairan dengan Baik

Tips Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Sumber Referensi

Bau mulut dikenal sebagai salah satu permasalahan yang paling sering terjadi saat puasa. Tidak hanya bisa membuat orang lain tidak nyaman, namun aroma bau mulut juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Untung saja, ada sejumlah cara untuk menghilangkan bau mulut saat puasa, berikut penjelasannya:

1. Rutin Sikat Gigi

Pada umumnya, bau mulut saat puasa dapat disebabkan oleh adanya penumpukan sisa makanan pada gigi. Untuk bisa mengatasinya, kamu perlu menggosok gigi.

Pastikan kamu sudah menyikat gigi dengan cara yang benar. Gunakanlah sikat gigi yang bisa menjangkau semua bagian mulut, terlebih lagi pada sela-sela gigi.

Apabila kamu menyikat gigi pada siang hari, maka pastikan air dan pasta gigi tidak tertelan. Dengan begitu, kamu akan tetap nyaman berpuasa tanpa adanya bau mulut.

2. Berkumur Menggunakan Mouthwash

Berkumur dengan menggunakan mouthwash juga dapat membantu membuat nafas terasa segar. Hasilnya, bau mulut yang tadinya menyengat akan hilang.

Untuk hasil lebih maksimal, maka pilih jenis obat kumur yang bisa sekaligus membunuh bakteri mulut. Dengan begitu, nantinya proses pembusukan sisa makanan oleh sisa bakteri dapat langsung dicegah.

Berkumur selama bulan puasa sebenarnya masih diperbolehkan, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Selain itu, pastikan juga tidak ada cairan yang tertelan saat berkumur.

3. Membersihkan Lidah

Lidah juga bisa menjadi salah satu sarang bakteri penyebab bau mulut. Apabila merasa nafas menjadi tidak sedap, maka wajib membersihkannya dengan menggunakan alat khusus pembersih lidah.

Kamu tidak perlu lagi menggunakan pasta gigi atau air untuk membersihkan yang namanya lidah. Namun, pastikan alat pembersih lidah selalu dalam kondisi yang higienis.

4. Mengobati Penyakit Gusi Penyebab Bau Mulut

Bau mulut juga bisa terjadi akibat penyakit gusi seperti periodontitis dan gingivitis. Aroma tidak sedap muncul karena terjadinya penumpukan bakteri yang ada di dasar gigi.

Agar bau mulut tidak semakin bertambah parah ketika puasa, maka sebaiknya mengobati masalah gusi yang menjadi salah satu penyebabnya. Untuk bisa menentukan pengobatan yang tepat, maka konsultasikan dengan dokter.

5. Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C

Buah dengan adanya kandungan vitamin C seperti buah jeruk dan nanas juga bisa meningkatkan produksi dari air liur. Ketika produksi air liur sudah terjaga dengan baik, maka masalah mulut kering juga akan teratasi.

Selain itu, air liur juga bisa langsung membilas asam yang sebenarnya telah diproduksi oleh bakteri mulut ketika proses pembusukan pada makanan. Hasilnya, permasalahan bau mulut saat puasa menjadi lebih terkendali.

6. Memenuhi Kebutuhan Cairan dengan Baik

Memastikan kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik ketika buka puasa dan sahur merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut. Ketika puasa, kamu tidak dapat menambah asupan cairan pada siang hari. Sebagai gantinya, maka harus pastikan kebutuhan cairan sudah langsung terpenuhi dengan baik selama waktu buka sampai sahur.

Ketika asupan cairan sudah terjaga, makan produksi air liur akan tetap berjalan dengan baik. Hasilnya, bau mulut akan langsung teratasi selama berpuasa.

Untuk bisa menghilangkan bau mulut saat berpuasa maka bisa berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, penanganan dapat dilakukan sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

Tips Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut ketika berpuasa sebenarnya dapat dicegah dengan tindakan yang sederhana. Dengan begitu, kamu tidak perlu akan takut dihantui aroma tidak sedap pada mulut saat berpuasa.

Berikut ini sudah ada beberapa cara mencegah bau mulut ketika puasa.

● Hindarilah makanan yang beraroma menyengat seperti bawang bombay atau jengkol, khususnya saat sahur.
● Hindari juga makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi ketika berbuka dan sahur. Hal ini karena bisa menempel pada gigi dan menjadi santapan bakteri penyebab bau mulut.
● Minum air putih secukupnya saat sahur agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik.
● Berkumur menggunakan air garam sebelum tidur untuk bisa menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Tindakan yang di atas tidak akan sepenuhnya melindungi diri dari bau mulut saat puasa. Akan tetapi, dengan melakukan pencegahan, risiko bau mulut setidaknya dapat dikurangi.

Sumber Referensi


Bayu Galih Permana. 2022. Cara Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa Tanpa Takut Batal [Online] (https://hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/cara-menghilangkan-bau-mulut-saat-puasa/ di akses 28 Maret 2023)

Irawan Sapto Adhi. 2022. 8 Tips Mengatasi Bau Mulut yang Sering Timbul Saat Puasa [Online] (https://health.kompas.com/read/2020/04/25/100700768/8-tips-mengatasi-bau-mulut-yang-sering-timbul-saat-puasa?page=all di akses 28 Maret 2023)

Nika Audina. 2023. 10 Tips Mengurangi Bau Mulut saat Puasa agar Lebih Percaya Diri [Online] (https://glints.com/id/lowongan/mengurangi-bau-mulut-saat-puasa/#.ZCVTVMpBzrc di akses 28 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya