Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips dan Resep Membuat Infused Water yang Segar dan Menyehatkan

19 December 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Tips Membuat Infused Water

1. Gunakan Bahan Segar

2. Simpan di Lemari Es

Beragam Resep Infused Water

1. Infused Water Lemon

Bahan

Cara Membuat

2. Infused Water Lemon, Timun dan Daun Mint

Bahan

Cara Membuat

3. Infused Water Campuran Pir, Lemon dan Jahe

Bahan

Cara Membuat

Sumber Referensi

Cara membuat infused water saat ini terbilang praktis dan mudah. Inilah yang membuat minuman tersebut ngetren di kalangan muda sampai orang tua. Infused water merupakan air hasil rendaman buah-buahan, sayuran atau rempah-rempah.

Berbeda dari jus, infused water tidak mengandung gula tambahan. Jenis minuman ini juga mempunyai kandungan kalori yang mendekati nol. Meski begitu, infused water tetap memiliki nutrisi dari endapan buah, sayuran maupun rempah di dalamnya.

Tips Membuat Infused Water

Infused water memiliki berbagai manfaat mulai dari membantu mengendalikan nafsu makan, memenuhi kebutuhan cairan, memperkuat kekebalan tubuh, mengontrol gula darah hingga membantu mengelola berat badan.

Infused water juga turut membantu meningkatkan konsumsi cairan setiap harinya. Infused water akan membantu menggugah selera kamu untuk meminum lebih banyak air karena rasanya yang segar. Rasa segar yang diperoleh dari sari-sari bahan rendaman. Misalnya ketika kamu mencampurkan lemon dan air putih. Inilah alasan mengapa infused water dipercaya bisa membantu menjaga agar hidrasi tubuh tetap terjaga.

Umumnya, infused water dikonsumsi pada pagi hari dengan tujuan membantu membersihkan usus. Namun kamu tetap bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi kesehatan tubuhmu. Bagi kamu yang tertarik membuat infused water sendiri di rumah, yuk disimak tips di bawah ini lengkap dengan resep yang bisa kamu coba.

1. Gunakan Bahan Segar

Tips membuat infused water yang pertama adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti botol minum, air matang, sayuran, rempah hingga buah-buahan sesuai selera. Lalu dicuci bersih dengan air mengalir buah, sayuran atau rempah yang ingin dijadikan infused water tadi. Buah-buahan yang paling populer untuk dijadikan infused water adalah buah yang memiliki cita rasa asam seperti lemon, stroberi, jeruk nipis dan lainnya. Jadi kamu tinggal menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan saja.

2. Simpan di Lemari Es

Tips selanjutnya adalah menyimpan infused water di dalam lemari es. Infused water sebaiknya diletakkan dalam lemari es untuk menjaga kesegaran buah, lalu didiamkan setidaknya selama 1 jam. Agar lebih nikmat ketika di konsumsi, beberapa orang membuat infused water dengan cara merendam bahan ke dalam air dan mendiamkannya di kulkas semalaman.

Beragam Resep Infused Water

1. Infused Water Lemon

Jika berbicara tentang infused water, pasti lemon sudah menjadi salah satu buah andalannya. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C, bermanfaat mengontrol berat badan serta menyehatkan jantung.

Bahan
● 1/2 buah lemon (sesuai selera)
● Daun mint (opsional)
● 500 ml air mineral

Cara Membuat
● Cucilah buah lemon hingga bersih, lalu iris menjadi beberapa bagian
● Masukkan semua irisan lemon ke dalam botol yang sudah terisi 500 ml air
● Tutup hingga rapat dan masukkan ke dalam lemari es kurang lebih 12 jam
● Infused water lemon siap dikonsumsi

2. Infused Water Lemon, Timun dan Daun Mint

Buah lemon termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi dan baik untuk kesehatan. Ditambah lagi, timun mengandung air dan serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Sedangkan, daun mint dapat memberikan kesan segar.

Bahan
● 1/2 buah lemon yang sudah diiris (sesuai selera)
● 10-15 irisan timun
● 3 lembar daun mint
● 500 ml air mineral

Cara Membuat
● Cuci semua buah dan daun mint dengan air mengalir
● Lalu iris lemon dan timun tipis-tipis
● Campurkan semua bahan seperti lemon, timun, dan daun mint ke dalam botol yang telah berisi air
● Tutup hingga rapat dan simpan ke dalam kulkas kurang lebih 12 jam
● Keesokannya, infused water dapat dibawa ke kantor atau sekolah dan siap dikonsumsi

3. Infused Water Campuran Pir, Lemon dan Jahe

Pilihan infused water yang satu ini juga tidak kalah bernutrisi. Buah pir memiliki kandungan vitamin K, vitamin B2, vitamin B6, kalium, zat besi, magnesium, karbohidrat, protein, serat, dan folat. Sedangkan lemon menyumbang karbohidrat, serat, protein, serta vitamin. Namun, kurang lengkap rasanya tanpa adanya tambahan dari rempah jahe yang mengandung vitamin B6, vitamin B2, kalium, magnesium, besi, folat, protein, serat, besi, dan vitamin C.

Bahan
● 500 ml air mineral
● 1 buah pir, potong-potong
● ¼ irisan tipis jahe
● ½ potong lemon

Cara Membuat
● Cuci semua buah lemon, pir dan jahe dengan air mengalir
● Campurkanlah semua bahan yang telah dipotong-potong ke dalam botol berisi air mineral
● Terakhir, simpan dalam kulkas kurang lebih 12-24 jam. Hidangan menyegarkan ini bisa kamu nikmati selagi dingin

Itu saja beberapa tips dan cara membuat infused water lemon. Cukup mudah, bukan? Selain yang sudah disebutkan, kamu juga bisa berkreasi dengan buah atau sayuran lain sesuai keinginan. Beberapa bahan akan nikmat apabila ditambahkan daun aromatik, seperti mint, basil, maupun rosemary.

Sumber Referensi


dr Reni Utari. 2020. Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya [online] (https://www.sehatq.com/artikel/cara-membuat-infused-water-lemon-ternyata-mudah-dan-banyak-manfaatnya di akses 17 Desember 2022)

Berkeluargaid. 2021. 5 Cara Membuat Infused Water untuk Diet yang Menyehatkan [online] (https://berkeluarga.id/2021/10/22/cara-membuat-infused-water-untuk-diet-yang-menyehatkan/ di akses 17 Desember 2022)

Puti Yasmin. 2020. Cara Membuat Infused Water Lemon yang Tidak Pahit dan Sehat [online] (https://food.detik.com/info-sehat/d-4981821/cara-membuat-infused-water-lemon-yang-tidak-pahit-dan-sehat di akses 17 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya