Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips Berolahraga untuk Wanita Berhijab

19 April 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Pilih Pakaian Sederhana

2. Gunakan Hijab Instan

3. Gunakanlah Legging yang Ringan dan Elastis

5. Ikat Rambut

6. Cegah Kulit Belang dengan Handsock dan Sunscreen

7. Bergabung dengan Komunitas

Sumber Referensi

Bagi para hijabers yang saat ini mengenakan pakaian tertutup bukan menjadi alasan untuk membatasi diri dalam berolahraga. Kini sudah tersedia berbagai macam pilihan olahraga yang bisa menjadi alternatif.

Hal paling penting adalah memastikan pakaianmu tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan menjaga tubuh agar tetap terlihat tertutup ketika melakukan setiap gerakan olahraga.

Perlu diketahui, ada pelari berhijab pertama yang muncul di sampul majalah kebugaran Amerika Serikat (AS), Rahaf Khatib mengatakan bahwa dirinya lebih fokus berlatih tanpa khawatir celana yang terlalu ketat atau belahan dada yang terlihat.

Nah, untuk bisa membantu para hijabers berolahraga, berikut ini beberapa tips berolahraga untuk perempuan berhijab, agar aktivitasmu lebih produktif dan menyenangkan.

1. Pilih Pakaian Sederhana

Sebagai perempuan yang berhijab, memang tidak mudah menemukan outfit yang tepat. Oleh karena itu, bisa mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang. Memang sebenarnya terdengar sedikit tidak nyaman, namun lama kelamaan, kamu akan semakin terbiasa.

Namun, apabila kamu ingin tampak lebih modis, maka bisa langsung mencoba memadukan atasan lengan panjang dengan kerah tinggi dan celana panjang ketat. Kemudian, bisa dilapisi dengan menggunakan rok atau celana pendek. Namun pastikan kamu memilih jenis pakaian yang terbuat dari bahan mudah menyerap keringat.

2. Gunakan Hijab Instan

Setelah kamu selesai memilih pakaian, maka juga perlu memperhatikan hijab yang tepat. Jangan terlalu khawatir, saat ini sudah ada berbagai macam merek dan toko pakaian olahraga yang menjual hijab khusus untuk perempuan berhijab.

Namun, memang perlu waktu untuk menemukan model serta tipe hijab yang nyaman saat berolahraga. Apabila kamu belum menemukan hijab yang cocok untuk wajah, maka bisa menggunakan beanies hat atau buff agar bisa menutupi rambut.

Namun, jika ingin terlihat modis, maka bisa memadukan hijab atau buff dengan topi. Selain tampak modis, ternyata topi juga akan melindungi wajah dari sinar matahari. Namun, untuk kamu yang suka dengan hijab simpel juga bisa gunakan jilbab instan agar tidak ribet. Carilah bahan hijab yang adem dan menyerap keringat agar lebih nyaman ketika berolahraga.

3. Gunakanlah Legging yang Ringan dan Elastis

Ketika melakukan banyak gerakan, tentunya jenis celana yang dipakai menjadi faktor penting. Gunakanlah celana dengan bahan lentur serta menunjang gerakan saat berolahraga. Kamu bisa memilih memakai legging olahraga sebagai pilihan terbaik. Memamg memilih legging olahraga yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang.

Sebaiknya pilih legging olahraga yang terbuat dari bahan yang ringan, elastis, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Pilih bahan yang juga tidak mudah kusut dan nyaman saat digunakan. Pastikan Kamu memilih legging olahraga yang pas, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar sehingga nyaman dan memungkinkan Kamu bergerak secara bebas saat berolahraga.

Kamu bisa mendapatkan legging olahraga dengan semua kriteria tersebut di Nirvana Store.

Segera cek katalognya disini dan pesan legging olahraga baru favorit Kamu sebelum kehabisan.

5. Ikat Rambut

Saat berolahraga menggunakan hijab, alangkah baiknya rambut harus diikat dengan kencang dan rapi. Hal ini juga penting untuk bisa menghindari rasa gerah di area kepala.

Jadi kamu tidak perlu khawatir rambut skin berantakan atau mengganggu kenyamanan saat menggerakan badan. Gunakanlah Scrunchie dengan bahan dobby dan karet yang elastis agar rambut lebih rapi.

6. Cegah Kulit Belang dengan Handsock dan Sunscreen

Tidak perlu takut tangan akan tersengat sinar matahari ketika olahraga di luar ruangan. Khususnya, jika olahraga yang dipilih adalah bersepeda, dimana mengharuskan tangan terpapar cahaya matahari. Cukup gunakan handsock untuk menutup punggung tangan agar lebih nyaman dan elegan.

Manset Tangan bisa menjadi salah satu solusi baik itu pilihan lengan pendek dan panjang. Gunakanlah bahan microfiber agar keringat lebih mudah terserap. Jangan lupa juga untuk gunakan Sunscreen selalu agar wajah tidak mudah terbakar. Sunscreen juga akan membantu kamu agar kulit terlindungi dari sinar matahari.

7. Bergabung dengan Komunitas

Apabila kamu berolahraga sendiri memang akan terasa membosankan, maka sebaiknya mencoba untuk bergabung dengan komunitas atau membuat janji bersama temanmu. Bagi sebagian orang, berolahraga bersama teman akan meningkatkan motivasi dan membuat aktivitas lebih menyenangkan.

Bergabung dengan komunitas atau teman juga bisa membuatmu mengenal orang baru dengan minat yang sama, sehingga dapat berbagi pengalaman atau tips-tips lainnya.

Nah, itu saja beberapa tips berolahraga bagi wanita berhijab. Tidak untuk menggunakan sepatu anti slip agar tak mudah cedera saat olahraga.

Sumber Referensi

Bella Barliana. 2022. 4 Tips Berolahraga bagi Para Hijabers agar Lebih Nyaman dan Menyenangkan [Online] (https://kumparan.com/kumparanwoman/4-tips-berolahraga-bagi-para-hijabers-agar-lebih-nyaman-dan-menyenangkan-1xpXCCF2QIc/full diakses 24 Maret 2023)

Melvina Tionardus. 2019. Tips Nyaman Berolahraga untuk Wanita Berhijab ala Olla Ramlan [Online] (https://www.kompas.com/hype/read/2019/12/03/192302466/tips-nyaman-berolahraga-untuk-wanita-berhijab-ala-olla-ramlan diakses 24 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya