Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips Berhenti dari Kebiasaan Merokok

12 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

2. Menghindari Pemicu Kebiasaan Merokok

3. Berolahraga Secara Rutin

4. Membersihkan Rumah Secara Berkala

5. Melibatkan Keluarga dan Teman Terdekat

6. Mencoba Terapi Pengganti Nikotin

7. Menjalani Terapi Perilaku

8. Mencoba Hipnoterapi

Sumber Referensi

Bagi para perokok, khususnya perokok aktif, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, ada beberapa tips untuk berhenti merokok yang bisa dilakukan agar terlepas dari kebiasaan buruk ini. Dengan begini, tubuh akan kembali lebih sehat dan risiko munculnya beragam penyakit akan menurun.

Berhenti merokok merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para perokok aktif. Ini karena kandungan dalam rokok menimbulkan efek kecanduan. Sehingga memicu munculnya gejala putus nikotin saat seseorang berusaha berhenti merokok.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa berhenti merokok. Dengan kesabaran dan tekad yang kuat, kamu bisa terbebas dari kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan ini.

Apabila kamu seorang perokok aktif dan berniat untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Ada beberapa cara berhenti merokok yang dapat kamu lakukan, di antaranya:

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebagian perokok aktif pasti sering merasa kurang berselera untuk makan. Ini karena nikotin di dalam rokok bisa mengurangi sensitivitas indra perasa dan penciuman. Makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, bisa mengurangi hasrat untuk kembali merokok. Tidak hanya itu, makanan sehat juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mengembalikan selera makan yang berkurang akibat merokok.

2. Menghindari Pemicu Kebiasaan Merokok

Saat sedang berusaha untuk berhenti merokok, sebisa mungkin hindarilah faktor atau kebiasaan yang bisa membuatmu kembali merokok. Misalnya saja seperti minum kopi dan alkohol atau berkumpul dengan sesama perokok. Apabila terbiasa merokok setelah makan, kamu bisa mencari cara lain sebagai pengganti. Contohnya dengan mengunyah permen karet atau menggosok gigi.

3. Berolahraga Secara Rutin

Tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga juga bisa mengurangi kecanduan akan nikotin. Saat keinginan untuk merokok datang, kamu bisa mengalihkan keinginan ini dengan melakukan olahraga, seperti jalan santai, berenang, maupun bersepeda.

4. Membersihkan Rumah Secara Berkala

Kebersihan rumah juga bisa menjadi salah satu faktor yang akan mendukungmu berhenti merokok. Kamu bisa mencuci pakaian, sprei, karpet, atau tirai yang telah mengandung aroma rokok. Kamu juga dapat menggunakan pengharum ruangan untuk menghilangkan bau asap rokok dan mengalihkan pikiran dari berbagai hal yang bisa mengingatkan pada rokok, termasuk baunya.

5. Melibatkan Keluarga dan Teman Terdekat

Beri tahulah keluarga dan kerabat dekat bahwa kamu sedang dalam proses berhenti merokok. Dengan begitu, kamu dapat membantu dan memberikan dukungan agar selalu ingat akan tujuan berhenti merokok yang ingin dicapai.

6. Mencoba Terapi Pengganti Nikotin

Terapi pengganti nikotin umumnya berguna sekali untuk mengatasi rasa frustasi dan meredakan gejala putus obat. Hal ini sering dirasakan saat seorang perokok berusaha berhenti merokok. Media terapi pengganti rokok sangat beragam, mulai dari permen karet, tablet hisap, inhaler, sampai semprotan hidung. Meski dianggap lebih aman dan bisa mengurangi kecanduan akan rokok, kamu tetap disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan NRT.

7. Menjalani Terapi Perilaku

Konseling dengan psikolog atau konselor bisa juga membantumu mengidentifikasi faktor pemicu kebiasaan merokok dan menemukan strategi berhenti merokok yang sesuai dengan kondisi diri sendiri. Untuk bisa memaksimalkan keberhasilannya, terapi perilaku bisa dipadukan dengan terapi pengganti nikotin dan pemberian obat-obatan oleh dokter.

8. Mencoba Hipnoterapi

Salah satu cara untuk berhenti merokok yaitu dengan menjalani terapi alternatif berupa hipnoterapi. Efektivitas hipnoterapi ini dapat menghentikan kebiasaan merokok meski belum diketahui secara pasti. Namun, sebagian orang telah mengaku sudah merasakan manfaatnya.

Selain cara-cara yang ada di atas, beberapa jenis obat seperti bupropion dan varenicline, juga bisa membantumu berhenti merokok.

Namun, obat ini hanya bisa dikonsumsi sesuai dengan anjuran dan di bawah pengawasan dokter.

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tidak sedikit pula orang gagal melakukannya. Akan tetapi, komitmen kamu sebagai upaya untuk berhenti merokok akan sangat membantu dalam menyingkirkan kebiasaan tersebut.

Saat merasa kesulitan berhenti merokok, maka coba ingat kembali alasan mengapa ingin berhenti merokok. Contohnya saja agar tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit atau keluarga kamu terhindar dari bahaya menjadi perokok pasif.

Namun, jika kamu masih merasa kesulitan berhenti merokok meski sudah melakukan berbagai cara berhenti merokok di atas. Maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter bisa menentukan cara berhenti merokok yang efektif dan sesuai dengan kondisimu.

Sumber Referensi


Sehat Negeriku. 2017. Cara Berhenti Merokok dan Manfaatnya [online] (https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/tips-sehat/20170220/1219750/cara-berhenti-merokok-dan-manfaatnya/ di akses 2 Januari 2023)

Widya Citra Andini. 2022. 12 Cara Berhenti Merokok yang Ampuh [online] (https://hellosehat.com/hidup-sehat/berhenti-merokok/cara-berhenti-merokok/ di akses 2 Januari 2023)

dr Fadhli Rizal Makarim. 2022. 9 Kiat Efektif Berhenti Merokok [online] (https://www.halodoc.com/artikel/9-kiat-efektif-berhenti-merokok di akses 2 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya