Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tidak Cuma Renang, Berikut Olahraga Air Yang Seru Untuk Dicoba

05 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Scuba

2. Selam Bebas

3. Selancar

4. Kano

5. Snorkeling

6. Polo Air

7. Arung Jeram

8. Flyboard

Olahraga sudah menjadi kebutuhan hidup manusia. Rutin berolahraga bisa menjauhkan diri dari stres yang mengundang penyakit. Berolahraga bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun untuk melatih kekuatan fisik. Tubuh yang sehat dengan fisik yang kuat tentu saja akan memudahkanmu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Saat ini ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan. Salah satunya olahraga air. Melakukan olahraga air sangat menyenangkan. Tidak hanya mampu membakar kalori, namun melakukan olahraga air bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Biasanya mayoritas orang mengira jika olahraga air selalu identik dengan berenang. Padahal tidak demikian. Selain renang ternyata masih banyak jenis olahraga air lain yang seru untuk kamu coba. Namun sebelum itu pastikan dulu kamu memiliki kemampuan dasar berenang atau menyelam, ya!

Apa saja jenisnya, Yuk disimak!

1. Scuba

Olahraga yang satu ini terlihat sangat mengasyikkan namun untuk melakukannya memerlukan persiapan khusus. Selain kemampuan berenang dan menyelam dasar, kamu pun perlu menyiapkan budget untuk perlengkapan seperti baju scuba, kaki katak, tabung oksigen, serta alat penerangan. Scuba termasuk olahraga yang bisa melatih kamu untuk mengatur cara bernapas, mengatur emosi yang meluap untuk meraih ketenangan diri.

2. Selam Bebas

Sebelum melakukan olahraga ini, pastikan kondisi fisik dan mental sudah siap. Olahraga ini terbilang cukup ekstrim karena tidak menggunakan perlengkapan apapun, jadi kamu harus ambil napas di permukaan air. Selam model ini dapat dilakukan di perairan yang aman dan tenang. Pastikan keahlianmu untuk berenang juga sudah memadai ya.

3. Selancar

Olahraga ini perlu latihan dengan tingkat disiplin dan konsistensi tinggi. Namun tentu saja tidak ada salahnya untuk mencoba. Hal ini karena selancar bagus untuk memacu adrenalin, melatih keseimbangan tubuh (di tengah gulungan ombak), serta melatih kesabaran (dalam mencari gelombang ombak). Sebelum berselancar juga sebaiknya kamu perlu memastikan jika kamu bisa berenang.

4. Kano

Meski tampak simpel hanya dengan mendayung, namun olahraga ini tidak semudah dibayangkan. Kamu harus berlatih untuk mengontrol nafas, menjaga ritme dan mempersiapkan otot-otot lengan dan dada yang tidak hanya sehat namun juga kuat untuk mendayung.

5. Snorkeling

Olahraga ini hampir sama dengan selam bebas, namun bedanya ada pada perlengkapan yang diperlukan. Mulai dari baju selam, alat pernapasan, dan kacamata renang. Minimal kamu harus memiliki baju selam sendiri agar tetap higienis. Sebaiknya kamu juga harus bisa berenang dan memiliki pengetahuan dasar tentang menyelam.

Ini agar kamu tidak kesulitan ketika diharuskan mengatur napas di perairan dangkal. Terutama, saat menghindari batu karang agar tidak melukai tubuh. Asyiknya snorkeling, kamu bisa melihat pemandangan indah biota bawah laut.

6. Polo Air

Jenis olahraga ini masuk ke dalam kategori olahraga nasional. Jika kamu suka olahraga bola, kemungkinan kamu suka jenis olahraga dalam air ini bisa jadi lebih besar. Polo air dikenal sebagai salah satu olahraga yang dilakukan di kolam renang dan perlu kerjasama tim yang solid.

Olahraga ini bisa dibilang paling lengkap karena menggabungkan teknik renang, sepak bola, gulat, serta kegesitan melempar bola basket. Jika kamu dan teman-teman mencari olahraga grup yang dapat dilakukan bersama, maka polo air bisa jadi pilihan tepat.

7. Arung Jeram

Tergantung dari lokasi dan penyedia layanan, biasanya arung jeram menggunakan boat karet atau perahu kano dan dayung. Arung jeram memanfaatkan arus sungai yang deras dengan berbagai macam rintangan. Untuk bisa melakukan olahraga ini, kamu harus memiliki nyali dan kekuatan fisik khususnya otot lengan untuk mendayung boat karet di derasnya arus sungan.

8. Flyboard

Flyboard adalah salah satu jenis olahraga air yang cukup terkenal. Flyboard termasuk kombinasi dari jet ski, ski air, snowboard serta akrobat diving. Peralatan yang diperlukan antara lain papan pijakan yang terhubung dengan pipa sepanjang 18 meter ke turbin jet ski, dilengkapi nozzle. Nozzle berguna untuk membuang air dengan kekuatan besar sehingga mampu membuat penggunanya melayang.

Bagi kamu yang ingin mencoba olahraga satu ini, rasanya seperti menjadi iron man yang melayang di udara. Agar dapat melakukan flyboard dengan aman yang paling utama pelajari aturan keselamatan. Hal ini karena flyboard bergerak di atas air dengan melakukan putaran-putaran yang harus menyeimbangkan tubuh dengan kontrol board-nya. Itulah beberapa, jenis olahraga air yang mengasyikkan.

Kira-kira, mana olahraga air yang ingin kamu coba?

article

Artikel Terkait Lainnya