Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tetap Bugar Saat Puasa Dengan Rutin Beryoga

25 March 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengapa Yoga?

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

2. Meningkatkan Kebugaran dan Stamina

3. Melatih Kesabaran dan Ketekunan

4. Mendorong Perilaku Makan Sehat

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

6. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Sumber Referensi

Saat ini umat Muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia tengah menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Hal ini tentunya disambut dengan sangat gembira oleh seluruh umat Muslim.

Meskipun sedang berpuasa, tak menjadi alasan untuk tidak berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Saat berpuasa, tidak harus melakukan olahraga berat yang menguras tenaga. Salah satu olahraga yang bisa dan cocok dilakukan saat berpuasa adalah yoga.

Mengapa Yoga?

Pasalnya, yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari membuat perasaan lebih tenang hingga meningkatkan stamina. Tak cuma itu, yoga juga bisa dilakukan kapan saja, baik setelah sahur maupun menjelang buka puasa.

Yoga sendiri merupakan olahraga yang memadukan latihan pernapasan, meditasi dan gerakan yang memang dirancang guna mendorong relaksasi dan mengurangi stres. Maka dari itu, yoga juga cocok dilakukan selama berpuasa.

Berikut manfaat melakukan yoga saat berpuasa

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengingat selama puasa pola tidur bisa saja berubah lantaran perlu bangun menjelang waktu subuh untuk makan sahur, sehingga membuat jam tidur sedikit terganggu. Meski begitu, pada dasarnya manusia tetap dianjurkan untuk tidur selama kurang lebih 8 jam setiap harinya.

Maka dari itu, untuk tetap mempertahankan kualitas tidur senantiasa terjaga selama bulan puasa, Kamu bisa mencoba untuk rutin melakukan yoga. Ini karena dalam yoga, terdapat teknik pernapasan dan meditasi yang dapat membantu tubuh lebih cepat pulih setelah melakukan aktivitas fisik. Membuat tidur jadi lebih nyenyak sehingga kualitas tidur pun meningkat.

2. Meningkatkan Kebugaran dan Stamina

Mengingat puasa akan berlangsung selama kurang lebih 12 jam, maka bisa jadi tubuh terasa lemas. Nah, untuk meningkatkan stamina agar tidak loyo saat puasa, bisa melakukan berbagai gerakan yoga sederhana nan lembut untuk mengaktifkan otot-otot tubuh.

Ini karena gerakan-gerakan yoga tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Nantinya, akan terasa adanya perbedaan peningkatan energi mental dan fisik, sehingga bisa merasa lebih bugar dan fit selama menjalani puasa.

3. Melatih Kesabaran dan Ketekunan

Selain meningkatkan stamina, melakukan yoga saat puasa secara rutin juga bisa membantu melatih kesabaran. Sebab dalam praktik yoga, kesabaran adalah kunci penting dalam mencapai hasil yang diinginkan. Jika Kamu belum bisa mencapai satu asana tertentu (Hanumanasana) dikarenakan berbagai alasan (Fleksibilitas).

Nantinya instruktur akan menganjurkan kepada Kamu untuk melakukan serangkaian gerakan pendukung secara bertahap dan teratur guna mencapai asana yang diinginkan tersebut. Hal ini akan membantu Kamu mengasah kesabaran, kemampuan untuk bertahan serta ketekunan.

4. Mendorong Perilaku Makan Sehat

Selain membuat pola tidur berubah, selama puasa, pola makan juga bisa berganti lantaran harus menahan rasa lapar dan dahaga selama belasan jam. Hal ini, pada sebagian orang bisa memicu kebiasaan makan berlebihan yang tidak baik.

Melakukan yoga saat puasa akan membantu menurunkan risiko makan berlebihan dan meningkatan aktivitas fisik. Ketika melakukan yoga, kemampuan intuitif tubuh dan otak pun akan sekaligus terlatih.

Ketika kemampuan intuitif tubuh dan otak terlatih maka kebiasaan makan pun akan ikut terlatih. Kamu akan makan dengan penuh perhatian atau mindful eating. Dalam hal ini, cara makan akan memperhatikan rasa, bau, dan tekstur makanan. Sehingga ketika makan, akan bisa memperhatikan setiap pikiran, perasaan, atau sensasi yang dialami. Alhasil, rasa kenyang akan cepat terpenuhi tanpa harus makan berlebihan.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Tetap bekerja saat puasa, bisa terjadi hal-hal yang membuat stres karena berbagai faktor. Mulai dari masalah tak terduga dalam pekerjaan hingga tindakan kurang menyenangkan dari rekan maupun atasan. Maka dari itu, melakukan yoga bisa jadi salah satu solusi yang tepat untuk membantu mengatasi masalah ini.

Ketika beryoga, seperti melakukan yoga yin atau yoga restoratif, terdapat kombinasi antara meditasi sederhana, latihan pernapasan, dan gerakan yoga lembut yang bisa membantu menurunkan tingkat stres dan cemas, khususnya selama berpuasa.

Selain itu gerakan yoga yang dilakukan secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik. Termasuk meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas. Dengan meningkatnya kesehatan fisik secara keseluruhan, tubuh dapat lebih siap untuk menghadapi stres.

6. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Biasanya gerakan yang dilakukan saat beryoga mencakup gerakan yang mengarahkan perhatian pada area-area tertentu pada tubuh, seperti punggung, panggul, tulang belakang hingga hamstring. Gerakan-gerakan ini dapat membantu memperkuat dan meregangkan otot-otot pada area tersebut yang konon cenderung lebih sedikit digunakan ketika beraktifitas, sehingga meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, bisa jadi karena padatnya aktivitas, Kamu cenderung abai terhadap postur tubuh. Postur yang buruk dapat mempengaruhi fleksibilitas tubuh. Dalam yoga, kombinasi yang selaras antara gerakan dan teknik pernapasan dapat membantu meningkatkan kesadaran tubuh untuk memperbaiki postur yang buruk. Ketika tubuh sudah memiliki postur yang baik, fleksibilitas tubuh akan meningkat karena otot-otot dapat bekerja secara optimal.

Ketika tubuh fleksibel, sendi dan otot dapat bergerak lebih leluasa dan seimbang. Otot-otot pun akan menjadi lebih kuat sehingga daya tahan dalam menjalankan aktivitas fisik makin meningkat.

Namun perlu diingat, ketika menjalankan yoga saat puasa, penting untuk memperhatikan kondisi tubuh dan memilih gerakan yang tepat serta intensitas yang sesuai dengan kemampuan tubuh Kamu.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan waktu pelaksanaan yoga agar tidak mengganggu jadwal berbuka dan sahur kamu.

Selamat Beryoga dan Selamat Berpuasa!

Sumber Referensi


  1. dr. Merry Dame Cristy Pane. 2022. Yuk! Ketahui Manfaat Olahraga Yoga Saat Puasa [online] (https://www.alodokter.com/yuk-ketahui-manfaat-olahraga-yoga-saat-puasa diakses 22 Maret 2023)

  2. Anugerah Ayu Sendari. 2020. 8 Manfaat Yoga Saat Puasa, Jaga Daya Tahan Tubuh [online] (https://www.liputan6.com/islami/read/4250981/8-manfaat-yoga-saat-puasa-jaga-daya-tahan-tubuh diakses 22 Maret 2023)

  3. Fimela. 2018. 7 Pose Yoga untuk Relaksasi dan Tetap Bugar Selama Puasa Ramadan [online] (https://www.fimela.com/beauty/read/3806341/7-pose-yoga-untuk-relaksasi-dan-tetap-bugar-selama-puasa-ramadan diakses 22 Maret 2023)

  4. Okadoc. Gerakan Yoga yang Aman Dilakukan Saat Puasa [online] (https://www.okadoc.com/id-id/blog/gaya-hidup/gerakan-yoga-yang-aman-dilakukan-saat-puasa/ diakses 22 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya