Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Tertarik Mencoba Aerial Yoga? Yuk ke Drishti Yoga Studio

09 September 2023

oleh Nirvana Tim

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Tersedia Kelas Aerial Yoga Tingkat Dasar dan Mahir

Apa yang Membuat Aerial Yoga Unik dan Berbeda?

Pentingnya Sertifikasi Instruktur dalam Aerial Yoga

Perawatan Tali dan Kain Aerial Yoga

Siapa Saja yang Bisa Ikut Kelas Aerial Yoga?

Coba Sekarang dengan Harga Terjangkau

Ingin merasakan pengalaman yoga yang berbeda? Coba aerial yoga yuk! Ini adalah trend baru dalam dunia yoga dan kebugaran. 

Menggabungkan unsur yoga tradisional, peregangan dan gerakan akrobatik yang menantang. Aerial yoga juga dikenal dengan sebutan flying yoga, anti gravity yoga hingga swing yoga. 

Pastinya variasi jenis yoga ini dijamin akan memberimu pengalaman beryoga yang mengesankan. Bagaimana tak berkesan? 

Kamu akan dibuat “melayang” di udara dengan kain khusus (aerial hammock) yang menjulur dari atas langit-langit ruangan hingga mendekati lantai. 

Saat pertama kali melihatnya, memang terlihat agak menyeramkan tapi aerial yoga ini bermanfaat bagi kesehatan. 

Makin penasarankan?

Nah buat kamu yang berdomisili di kota Medan, ada kabar gembira nih. Kamu yang tertarik dengan aerial yoga, bisa mencobanya langsung ke Drishti Yoga Studio.

Disini kamu bisa mengeksplorasi bagaimana dan seperti apa sih aerial yoga itu. Tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengulik langsung yoga ini. 

Seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut. 

Tersedia Kelas Aerial Yoga Tingkat Dasar dan Mahir

Bagi kamu yang baru mengenal yoga, mungkin istilah aerial yoga terdengar asing. Itulah mengapa, Ms Erna selaku pemilik Drishti Yoga Studio ingin mengenalkannya ke masyarakat luas. 

Mengingat manfaatnya juga luar biasa, orang-orang harus mencoba aerial yoga meski hanya sekali seumur hidup.

“Saya memiliki visi “membawa” manfaat yoga kepada masyarakat Medan, termasuk manfaat Aerial yoga ini. Fasilitas studio tersedia, peminat juga ada, begitupun dengan instruktur. 

Salah satu Instruktur kita, Sir Rusly tahun lalu sudah mengantongi sertifikasi khusus dalam praktik Aerial yoga di Bali. Kenapa tidak kita buka kelasnyakan?” jelasnya. 

“Sebenarnya, kelas aerial yoga sebelumnya juga sudah tersedia di Drishti Yoga Studio. Namun hanya diperuntukkan bagi yang sudah mahir beryoga saja. Kelasnya khusus di pandu oleh Miss Tari saja. Tidak bisa untuk pemula ataupun yang belum pernah beryoga. Nah,  Karena tahun lalu Sir Rusly baru saja selesai dari sertifikasi aerial yoga, Jadi, kita bukalah kelas baru aerial yoga untuk pemula yang sudah bisa untuk pemula atau buat kamu yang baru mau mulai beryoga.”sambung Miss Erna lagi. 

Saat berkunjung, Tim Nirvana Indonesia Yoga juga diajak berkeliling untuk melihat ruangannya. Ternyata dibedakan antara ruangan antara tingkat pemula dan mahir. 

Bukan tanpa alasan, pembedaan ini dilakukan karena dari segi variasi gerakan yang dipraktikkan dan peralatan yang digunakan, antara tingkat mahir dan tingkat dasar berbeda satu sama lain.

“Aerial yoga pemula berada di lantai 2 sedangkan untuk yang sudah mahir ruangannya di lantai 1. Kamu yang sudah mahir beryoga,  bisa ikut kelas Aerial yang dipandu oleh Miss Tari. 

Sedangkan kelas dengan Sir Rusly, sangat cocok untuk kamu yang masih pemula di yoga bahkan yang berlum pernah beryoga sekalipun,” jelas Miss Erna.

Selain ruangan yang berbeda, panjang kain hammocknya juga turut berbeda.

“Standartnya ukuran kain hammock di aerial yoga studio itu 5 meter panjangnya. Karena tidak semua studio yoga mempunyai ruangan yang memadai untuk memasang kain hammock yang lebih panjang lagi. 

Berhubung Drishti mempunyai ruangan Moon Room di lantai 1 yang sangat tinggi langit-langitnya, maka kain hammock sepanjang 12 meter dapat dipasang untuk kelas mahir yang di pandu oleh Miss Tari. 

Nah, Sedangkan untuk kelas pemula di pandu oleh saya menggunakan kain hammock 5 meter berada di lantai 2. 

Sekedar informasi lagi, yang membuat perbedaan kelas itu kelas pemula atau mahir bukanlah dari ukuran panjang kain hammock yang digunakan ya. Melainkan, dari variasi-variasi gerakan yang dilakukan.” tambah Sir Rusly menjelaskan. 

Apa yang Membuat Aerial Yoga Unik dan Berbeda?

Apa yang membuat aerial yoga unik dan berbeda adalah “perasaan melayang” yang akan kamu rasakan saat menggantung di hammock. 

Sensasi ini akan memberikan kamu pengalaman yang berbeda dari melakukan yoga seperti pada umumnya. 

Beberapa orang bahkan merasakan perasaan relaksasi yang lebih mendalam saat mereka tergantung di hammock, seolah terasa melayang di awan. 

Peserta menggunakan hammock untuk mendukung tubuh mereka dalam berbagai posisi yoga. Termasuk peregangan, inversi, dan gerakan modifikasi lainnya.

Konsep dasarnya melibatkan penggunaan hammock yang digantungkan dari langit-langit ruangan, kemudian member yoga tersebut menggunakan hammock sebagai alat untuk melakukan gerakan yoga

Aerial yoga akan memungkinkan kamu mencoba gerakan yang terlihat menantang dalam yoga konvensional terasa setingkat lebih mudah. 

Kamu dapat melakukan inversi, posisi tubuh terbalik dengan kepala di bawah kaki diatas dengan aman berkat dukungan aerial hammock. 

“Gerakan-gerakan yoga pada umumnya dapat dilakukan di aerial yoga. Hanya saja memang ada beberapa pose yang lebih oke dilakukan di Aerial yoga. Misalnya gerakan inversion yaitu Inverted Frog Pose,” Sir Rusly menjelaskan.

Pentingnya Sertifikasi Instruktur dalam Aerial Yoga

Sertifikasi Sir Rusly dalam praktik Aerial yoga menunjukkan komitmen Drishti Studio Yoga untuk memberikan pengalaman yoga yang aman dan bermanfaat bagi para member. 

Sertifikasi ini melibatkan pelatihan intensif dan pemahaman mendalam tentang anatomi tubuh, prinsip keselamatan, serta teknik pengajaran yang efektif dalam konteks aerial yoga. 

Dengan adanya sertifikasi ini, para member dapat merasa yakin bahwa mereka berada di tangan instruktur yang berpengalaman dengan keahlian mumpuni. 

Perawatan Tali dan Kain Aerial Yoga

Salah satu aspek penting dalam Aerial yoga adalah perawatan rutin untuk tali dan kain (aerial hammock) yang digunakan. Penting untuk memeriksa tali dan kain secara berkala demi memastikan tidak ada kerusakan atau sobekan. 

“Satu persatu kain dan tali yang terpasang di test dan di cek oleh saya sendiri. Sebab ada teknik tersendiri dalam pemasangannya. Begitu juga dengan perawatan di kelas Miss Tari,” Jelas Sir Rusly

Demi memaksimalkan perawatan, masing-masing instruktur terjun langsung setiap dua minggu sekali, memastikan aerial hammock sudah terpasang dengan benar dan tepat.

Untuk keamanan dan kelayakan kayu penyangga dilangit-langit ruangan, Drishti Yoga Studio memastikannya dengan menggunakan jasa arsitek terkait di bidangnya untuk melakukan pengecekan secara berkala. 

“Karena keamanan dan kenyaman dalam kelas aerial yoga adalah hal utama, Semua prosesnya dikerjakan langsung oleh ahlinya masing-masing. Begitupun dengan pengecekan yang dilakukan secara rutin, semua sudah sudah dihitung untuk memastikan semua benar-benar aman dan sesuai standart keselamatan,” tegas Miss Erna. 

Siapa Saja yang Bisa Ikut Kelas Aerial Yoga?

Kelas aerial yoga pemula dapat diikuti oleh siapa saja, termasuk kamu yang belum pernah beryoga sama sekali. Namun bagaimana dengan yang takut ketinggian? Jangan khawatir, 

Dijelaskan oleh Sir Rusly “Bagi yang takut ketinggian tidak perlu takut ya, itu perlu progress (kecuali phobia yang sudah di tahap ke dokter). 

Baik progress keseimbangan dan kenyamanan, Sir Rusly mengumpamakannya seperti sedang bermain ayunan. Buat sampai diri kita merasa nyaman, barulah bisa ketahap selanjutnya.” jelasnya.

Menariknya lagi, kelas aerial yoga pemula juga bisa diikuti lansia (50 - 60 tahun). Namun sebelumnya, ada beberapa kondisi kesehatan yang perlu dikonsultasikan terlebih dahulu. 

“Biasanya akan ditanya dulu, ada kondisi kesehatan tertentu atau tidak. Sebab jika ada tekanan darah tinggi atau ada vertigo, instruktur perlu tau karena nanti akan berhubungan dengan gerakan-gerakan yang dipraktikkan. Kalau punya tekanan darah tinggi, pasti perlu pertimbangan dong mau coba upside down. Bisa coba dipraktikkan, tapi tidak boleh terlalu lama,” jelasnya. 

Aerial yoga, seperti yang sudah disebutkan diatas, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Sir Rusly menyampaikan “Aerial yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh seperti Skoliosis. Ini dilakukan melalui yoga theraphy dengan Aerial yoga dan semua itu tergantung dari kemampuan guru aerial yoganya.” 

“Disaat kita sudah mahir di aerial yoga, nanti kita juga bisa melakukan pose yang lebih menantang dengan manfaat lebih signifikan lagi. Tentunya, semua berawal dari pemula dulu dengan latihan yang intense. Sebaiknya jadikan keindahan dan tantangan dari setiap gerakan aerial yoga yang dilakukan sebagai penambah semangat agar lebih terchallenge, lagi, dan lagi” jelas Sir Rusly.

Coba Sekarang dengan Harga Terjangkau

Kamu bisa mengikuti kelas aerial yoga pemula bersama Sir Rusly setiap Sabtu pukul 16.00 WIB dengan biaya sebesar Rp.500.000- (4x pertemuan dalam seminggu).

Sementara kelas aerial yoga mahir khusus dengan Miss Tari berlangsung setiap Selasa dan Jumat pukul 9.30 WIB dengan biaya sebesar Rp.1.000.000- (2x pertemuan dalam seminggu)

Silahkan kunjungi Instagram Drishti Yoga Studio di akun @dhristiyoga untuk update informasi seputar promo dan keseruan beryoga setiap harinya. 

Jadi, tidak perlu lagi ragu untuk mencoba aerial yoga, di Drishti Yoga Studio sudah tersedia kelas pemula.

article

Artikel Terkait Lainnya