Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Sudut Yoga Studio Sawangan: Ruang Aman Menemukan Diri Tanpa Batasan

31 August 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

It's Not About Gender, Siapa Saja Bisa Beryoga

Ketersediaan Kelas, Jadwal, Harga Hingga Fasilitas Yoga

4 Agustus 2024, Anniversary Sudut Yoga Studio Yang Pertama

Yoga identik dengan pose-pose menantang yang bisa melekukkan badan sedemikian rupa. Hal ini membuat banyak orang yang berpikir bahwa jika ingin memulai yoga, maka harus memiliki tubuh yang lentur dan kurus. 

Selain itu ada saja stigma seperti yoga hanya untuk perempuan, atau terhubung dengan agama tertentu. Padahal, yoga sebenarnya adalah latihan yang inklusif dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang gender, bentuk tubuh atau kepercayaan tertentu. 

Hal ini memunculkan semacam batasan dan tidak jarang masyarakat awam terintimidasi duluan dengan hal-hal tersebut. Mereka yang merasa ragu bahwa tubuhnya tidak cukup fleksibel, atau yoga hanya untuk perempuan. 

Terlepas dari pola pikir tersebut, Sudut Yoga Studio hadir sebagai ruang aman tanpa batasan dan intimidasi. Sudut Yoga Studio Sawangan menyambut hangat siapa saja yang ingin berlatih dan mendalami yoga, tanpa harus merasa khawatir tentang bentuk tubuh, jenis kelamin, fleksibilitas atau batasan lainnya.

Belum lama ini, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan untuk berbincang langsung dengan owner dari Sudut Yoga Studio. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya dalam artikel liputan berikut ini.

It's Not About Gender, Siapa Saja Bisa Beryoga

Meski Sudut Yoga Studio Sawangan baru genap satu tahun berdiri, tepatnya pada 4 Agustus 2023 lalu, tampaknya Sudut Yoga Studio Sawangan telah berhasil merebut hati para peminat yoga baik pria maupun wanita.

Miss Regina selaku instruktur yoga sekaligus owner dari Sudut Yoga Studio Sawangan mengatakan bahwa kehadiran studio yoganya itu tidak instan di tengah-tengah masyarakat Sawangan. Tetapi memang sudah dikonsep dari lama, sejak ia masih mengajar di studio-studio yoga lain.

Adapun untuk pemilihan nama Sudut Yoga sendiri lantaran Miss Rahma berharap agar studio yoganya ini juga bisa menjadi tempat atau ruang aman bagi siapa saja yang datang. Dimana mereka tak hanya merasa aman tapi juga bisa menjadi diri sendiri. Sehingga bisa berdialog dan menghadapi ketakutan dan trauma mereka agar bersama-sama sembuh.

"Sudut Yoga ini, kalau Bahasa Inggrisnya kan Yoga Corner, jadi lebih kepada sebuah area khusus yang didedikasikan untuk latihan yoga. Dimana mereka bisa menjadi dirinya sendiri, dimana mereka bebas merasakan segala emosi yang mereka alami saat ini, dan bebas untuk menyembuhkan dirinya sendiri," terang Miss Regina.

Selain itu, lokasinya juga sesuai dengan namanya, pas berada di pojokan. Lalu, sebelum akhirnya memutuskan nama Sudut Yoga, diakui Miss Regina juga dipengaruhi kenangan saat ia bersama teman-teman yoga lainnya, bercengkerama di sudut-sudut tempat indah yang mereka datangi.

Maka dari itu, Sudut Yoga pun terbuka bagi siapapun yang ingin berlatih yoga, pria sekalipun, tanpa ada batasan usia ataupun bentuk tubuh. Guru-guru yoga yang ada di Sudut Yoga Studio memang dihadirkan untuk membantu masyarakat yang ingin beryoga sesuai dengan kemampuan dan kapasitas dirinya masing-masing, sesuai dengan tujuan campaign Yoga For All.

Adapun usia member termuda di Sudut Yoga untuk saat ini adalah 19 tahun dan yang paling tua 63 tahun. Sementara untuk range usia member kebanyakan, di 30-40 tahun. Meski terbuka untuk siapapun, namun dalam memikat hati masyarakat terhadap yoga, Miss Regina mengakui juga dihadapkan oleh sejumlah tantangan.

Salah satunya adalah masih banyak yang memiliki anggapan bahwa yoga hanya untuk perempuan saja. Namun sejauh ini, Sudut Yoga Studio sudah banyak kehadiran member pria. Adapun member pria tidak lain merupakan suami dari para anggotanya di studio.

"Tantangannya adalah apakah tetap mempertahankan idealisme di Sudut Yoga ini atau mengikuti pasar. Karena kembali lagi, saya membuat Sudut Yoga pada dasarnya untuk sharing apa yang saya tahu, apa yang saya punya, kemudian membantu orang banyak. Jadi saya tidak membatasi apakah dia perempuan ataupun laki-laki. Karena yoga juga berguna bagi laki-laki. Bahkan yoga awalnya juga diinisiasi oleh para pria,” jelasnya.

Ketersediaan Kelas, Jadwal, Harga Hingga Fasilitas Yoga

Miss Regina menerangkan bahwa Sudut Yoga Studio sedari awal memiliki konsep bukan hanya menekankan kepada penguasaan asana saja. Dalam hal ini, yang ingin ditekankan juga wellnessnya lewat Yin Yoga Meditation hingga Sound Healing. Sehingga siapa saja yang berlatih di Sudut Yoga Studio bisa menjadi lebih baik lagi secara keseluruhan, baik dari hati, fisik, maupun pikiran.

Itulah mengapa suasana di Sudut Yoga Studio di design menyatu dengan alam terbuka alias outdoor. Sehingga para member bisa menyatu dengan semua elemen alam. Mulai dari air, tanah, udara dan api. Api sendiri dihadirkan lewat lilin maupun aromatherapy. 

Dalam mengajarkan yoga di Sudut Yoga Studio, Miss Rahma tidak sendiri, tetapi dibantu rekannya yakni Miss Rina, Miss Dewi, Miss Regina, dan Miss Aisyah.

Adapun Rincian Jadwal Latihan Kelas Reguler Sebagai Berikut.

  • Senin = 08.00 WIB sd Selesai - Miss Rina
  • Selasa = 19.00 WIB sd Selesai - Miss Dewi
  • Rabu = 08.00 WIB sd Selesai - Miss Rina
  • Kamis = 16.00 WIB sd Selesai - Miss Rina dan 19.00 WIB sd Selesai - Miss Regina
  • Jumat = 08.00 WIB sd Selesai - Miss Dewi
  • Sabtu = 08.00 WIB sd Selesai - Miss Aisyah dan 16.00 sd Selesai - Miss Regina
  • Minggu = 08.00 WIB sd Selesai - Miss Rina

Di luar kelas reguler, Sudut Yoga Studio juga menyediakan kelas private, berdasarkan kesepakatan karena biasanya mereka yang menginginkan kelas private biasanya memiliki health issue, seperti osteoporosis ataupun aritmia jantung.

Guna menunjang kemampuannya dalam mengajarkan yoga, Miss Rahma sudah menyelesaikan sejumlah sertifikasi, diantaranya 10 Hours Tibetan Singing Bowl Healing Course dan 200 Hour Yoga Teacher Training Program.

Adapun Rincian Harga Membership Sebagai Berikut.

  • Membership 1 bulan, 3 kelas yoga senilai Rp200.000
  • Membership 1 bulan, 5 kelas yoga senilai Rp300.000
  • Membership 1 bulan, 8 kelas yoga senilai Rp400.000
  • Membership 2 bulan, 10 kelas yoga Rp450.000
  • Tersedia pula kelas walk-in atau satu kali sesi untuk kamu yang masih ingin coba-coba, senilai Rp80.000

4 Agustus 2024, Anniversary Sudut Yoga Studio Yang Pertama

Tepat pada 4 Agustus 2024 lalu, Sudut Yoga Studio merayakan ulang tahunnya yang pertama. Perayaan ulang tahun pertama Sudut Yoga dimeriahkan dua event, yakni Free Yoga dan Healing Retreat. Free Yoga gratis dan dibuka untuk umum, dilakukan di pagi hari, dengan kapasitas sampai dengan 200 orang. 

Sementara Yoga Healing yang dilaksanakan sore harinya usai Free Yoga, diharapkan bisa membantu siapa saja menyembuhkan trauma pada diri masing-masing. Meski secara eksklusif diperuntukkan member, event Yoga Healing juga bisa diakses masyarakat umum dengan biaya tertentu. 

Pada perayaan Anniversary yang pertama tersebut, Miss Regina juga memberikan sedikit bocoran mengenai rencana Yoga Trip Sudut Yoga Studio, yang direncanakan berlangsung awal tahun depan.

Tunggu apalagi, untuk kamu yang tertarik beryoga di Sudut Yoga Studio atau penasaran event apa lagi yang akan dilakukan, bisa langsung kepoin instagramnya di akun @sudutyoga_sawangan. 

Sahabat NIRVANA juga bisa menghubungi Sudut Yoga Studio melalui WhatsApp di 0859-1065-26508. Maupun berkunjung langsung ke Perumahan Jalan Taman Melati Nomor 3 Blok BC, RT.003/RW.013, Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. 16518.

article

Artikel Terkait Lainnya