Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Happy Eid Mubarak 2023! Yuk Simak Tips Makan Sehat Saat Lebaran

27 April 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Tetap Sesuaikan Dengan Kebutuhan Kalori Harian

2. Kurangi Makanan Bersantan

3. Utamakan Konsumsi Daging Rendah Lemak

4. Batasi Konsumsi Makanan-Minuman Manis

5. Konsumsi lebih Banyak Serat

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

7.Makan dalam Waktu yang Teratur

Sumber Referensi

Lebaran, momen istimewa yang ditunggu-tunggu setelah sebulan berpuasa. Biasanya, beragam makanan nikmat khas Lebaran disajikan guna menambah semarak momen ini. Namun sayangnya beragam makanan tersebut cenderung tinggi kalori dan lemak yang dapat menimbulkan risiko kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Mulai dari diare, sakit maag, hingga naiknya berat badan dan kadar kolesterol serta gula darah yang tinggi, semuanya rentan terjadi. Oleh karena itu, mari ikuti tips makan sehat saat Lebaran agar momen berharga bersama keluarga tercinta ini tetap aman bagi kesehatan.

Berikut tipsnya.

Semoga bermanfaat.

1. Tetap Sesuaikan Dengan Kebutuhan Kalori Harian

Meskipun Lebaran dikenal dengan beragam makanan lezat, tetaplah kontrol pola makan Kamu dan jangan sampai makan secara berlebihan. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian agar tidak terjadi peningkatan berat badan yang signifikan.

Biasanya, pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori setiap harinya, sedangkan wanita dewasa membutuhkan sekitar 2.000 kalori per harinya. Jika Kamu ingin mengonsumsi makanan yang tinggi kalori seperti daging merah, nasi, atau ketupat, batasi porsinya.

2. Kurangi Makanan Bersantan

Hidangan yang mengandung santan seperti rendang, gulai, dan opor ayam, sudah umum disajikan saat Lebaran. Meskipun demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung santan tetap perlu dibatasi karena cenderung tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Utamakan Konsumsi Daging Rendah Lemak

Makanan khas Lebaran seringkali memiliki kandungan santan dan berbagai jenis daging yang tinggi lemak, seperti daging sapi atau ayam. Oleh karena itu, penting bagi Kamu memilih dengan cermat bagian daging yang akan dikonsumsi dan menghindari bagian yang banyak mengandung lemak.

Sebagai contoh, sebaiknya Kamu memilih bagian dada ayam dari pada paha, dan untuk daging sapi, pilih bagian has luar atau sirloin untuk mengurangi asupan lemak.

4. Batasi Konsumsi Makanan-Minuman Manis

Saat menjelang Lebaran, banyak sekali makanan dan minuman manis yang disediakan, seperti kue-kue kering, sirup, donat, permen hingga minuman kemasan. Perlu diingat, jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan dan minuman manis dapat menimbulkan berbagai risiko bagi kesehatan, seperti peningkatan berat badan dan kadar gula darah yang tinggi.

Jadi, jika ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis, pastikan untuk membatasi porsinya. Sebaiknya pilih jenis makanan atau minuman manis yang lebih sehat, seperti jus, puding buah, atau sup buah.

5. Konsumsi lebih Banyak Serat

Jika telah mengonsumsi makanan dan minuman khas Lebaran dalam jumlah banyak, disarankan untuk meningkatkan asupan serat. Hal ini dikarenakan serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang tinggi serat yang bisa dikonsumsi seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Konsumsi air yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama saat Lebaran karena kebanyakan makanan yang dikonsumsi cenderung tinggi garam, tinggi lemak dan mengandung bahan pengawet. Air membantu melancarkan fungsi pencernaan, menjaga suhu tubuh, mengeluarkan racun, dan menghidrasi sel-sel tubuh.

Kamu disarankan untuk minum air putih yang cukup, yaitu sekitar 8-10 gelas sehari, atau sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing. Kebutuhan air dapat bervariasi tergantung pada aktivitas, kondisi kesehatan, dan lingkungan. Jadi, pastikan untuk minum cukup air selama Lebaran untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat.

7.Makan dalam Waktu yang Teratur

Makan dalam waktu yang teratur berarti mengonsumsi makanan pada waktu yang sama setiap hari dengan interval yang tetap antara satu waktu makan dengan waktu makan berikutnya. Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan gula darah dan metabolisme tubuh.

Ketika Lebaran, banyak hidangan nikmat disajikan. Pastikan Kamu gak kebablasan saat mengkonsumsinya. Sebaiknya tetap makan secara teratur karena ketika Kamu makan dalam waktu yang teratur, tubuh dapat mengatur produksi insulin dengan lebih efektif.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk membantu mengubah glukosa menjadi energi untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Dengan mengonsumsi makanan dalam waktu yang teratur, tubuh dapat memproses makanan dengan lebih efisien dan mencegah fluktuasi gula darah yang drastis.

Jadi, makan dalam waktu yang teratur sangat penting untuk menjaga keseimbangan gula darah dan metabolisme tubuh.

Demikian tips-tips yang dapat diterapkan untuk membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan yang cenderung sering terjadi selama atau setelah Lebaran. Tetap aktif dan luangkan waktu untuk berolahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Untuk mendukung Kamu berolahraga selama Lebaran, Kamu bisa menggunakan alat olahraga yang memang didesain khusus untuk digunakan di rumah. Nirvana Super Stepper cocok untuk dijadikan pilihan utama.

Nirvana Super Stepper merupakan alat olahraga yang dirancang khusus untuk membantu Anda berolahraga dengan mudah dan efektif meski hanya di rumah saja. Alat ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang kokoh namun relatif ringan karena berbahan dasar material strong jet alloy.

Kamu nggak perlu khawatir alat olahraga multifungsi ini mengambil terlalu banyak tempat. Apalagi sampai merusak estetika ruangan saat sedang tidak digunakan, karena desainnya elegan dan ergonomis, penampilannya dijamin menawan.

Untuk membantu Kamu tetap termotivasi berolahraga selama Lebaran, Kamu bisa menambahkan penggunaan musik upbeat atau tonton video olahraga online. Kamu bisa mengakses platform-platform kebugaran yang disiarkan melalui internet sebagai referensi latihan. Salah satu platform kebugaran online yang cukup direkomendasikan adalah Kelas Fitness.

Kelas Fitness menyediakan layanan berlangganan dan memungkinkan Kamu mengakses ratusan kelas, kursus dan event seputar fitness, yoga hingga meditasi. Akses sekarang dan dapatkan dukungan dari instruktur ahli Kelas Fitness yang siap membantu mencapai tujuan kebugaranmu.

Kilik disini dan tetap jaga kesehatan agar tubuh senantiasa sehat secara keseluruhan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah! Selamat menikmati momen spesial bersama keluarga tercinta.

Sumber Referensi


dr Maizan Khairun Nissa. 2023. Wajib Dicoba, Begini Panduan Makan Sehat Saat Lebaran [Online] (https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/tips-makan-sehat-lebaran/ di akses 21 April 2023)

dr Merry Dame Cristy Pane. 2022. Penting Diketahui Ini Tips Makan Sehat Saat Lebaran [Online] (https://www.alodokter.com/penting-diketahui-ini-tips-makan-sehat-saat-lebaran di akses 21 April 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya