Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Sedang Tren, Mari Mengenal Reformer Pilates

05 July 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Reformer Pilates

3 Latihan Pilates Ala Reformer

Manfaat Reformer Pilates Bagi Kebugaran Tubuh

Sumber Referensi

Untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal, banyak cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat, salah satunya adalah dengan berolahraga. 

Saat ini, banyak juga macam-macam olahraga yang bisa dilakukan oleh masyarakat, salah satunya adalah pilates.

Rupanya, pilates juga memiliki ragam jenis, salah satunya adalah reformer pilates. Bahkan, reformer pilates saat ini tengah menjadi sebuah tren baru di kalangan pecinta olahraga.

Mulai dari Harry Styles, Margot Robbie hingga Meghan Markle, diketahui bahwa mereka menyebut reformer pilates memiliki manfaat dalam mengondisikan tubuh. 

Hal ini dimungkinkan karena latihan ini membutuhkan kedisiplinan pikiran dan tubuh yang dilatih dengan alat khusus, sehingga latihan lebih dinamis dan juga terarah.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan reformer pilates? Mengapa bisa menjadi tren? 

Simak selengkapnya lewat ulasan dalam artikel berikut.

Reformer Pilates

Reformer pilates merupakan bentuk latihan pilates yang melibatkan penggunaan platform dengan pegas dan kereta geser atau yang dikenal sebagai reformer. 

Kegiatan ini merupakan latihan luar biasa yang mengencangkan otot dan membangun kekuatan tanpa terlalu banyak benturan.

Sama seperti dengan kegiatan latihan mat pilates, kelas reformer reguler juga bisa meningkatkan kelenturan dan memperbaiki postur tubuh.

Namun sayangnya, hingga kini masih banyak yang berpikiran bahwa kelas reformer pilates itu mahal. Meski begitu, salah seorang instruktur pilates, Alice Rose, seperti dikutip dari laman tomsguide.com, telah memberikan tiga latihan pilates yang bisa dilakukan di rumah menggunakan roller busa, bola stabilitas, atau cakram geser, alih-alih reformer.

3 Latihan Pilates Ala Reformer

Alih-alih menggunakan mesin reformer, Rose memilih menggunakan foam roller sebagai gantinya. Ia pun menyarankan dalam setiap latihan, dilakukan selama satu menit untuk benar-benar menargetkan otot perut. 

Untuk hasil yang maksimal, ulangi latihan secara bertahap dengan menambah lama durasi.

1. Pike

Untuk mulai melakukan latihan ini, bisa dilakukan dengan posisi papan tinggi, pergelangan tangan di bawah bahu, dan inti tubuh bergerak. Lalu, istirahatkan kaki di atas foam roller, atau letakkan jari kaki di atas slider.

Selanjutnya, angkat pinggul ke langit-langit seolah-olah sedang melakukan gerakan seperti anjing namun ke bawah, dan gulingkan rol busa sedikit ke arah tangan saat melakukannya. 

Terakhir, beri jeda di atas, lalu luruskan kembali ke posisi awal dan pertahankan agar inti tetap terlibat.

2. Knee Pull-Ins

Latihan berikutnya adalah posisi awal sama seperti Pike, kemudian kencangkan perut dan tekuk lutut, putar rol busa ke arah tangan. 

Lalu beri jeda, kemudian putar kaki kembali ke posisi papan yang tinggi, terus ulangi gerakan ini selama satu menit penuh, bergerak perlahan dan terkendali.

3. Pull-In With Rotation

Sementara untuk latihan pull-in with rotation, ulangi langkah-langkah di atas untuk tarikan lutut. 

Namun begitu lutut berada di bawah tubuh pada sudut 90 derajat, putar keduanya ke satu sisi tubuh, memutar dari inti.

Selanjutnya, kembali ke tengah, lalu putar kaki kembali ke posisi papan yang tinggi, dan ulangi di sisi lain. 

Lakukan gerakan ini secara berulang dengan bergantian sisi selama satu menit.

Manfaat Reformer Pilates Bagi Kebugaran Tubuh

 1. Menggerakkan Seluruh Tubuh

Saat melakukan reformer pilates pada gerakan tertentu, akan memberikan latihan seluruh tubuh yang seimbang. 

Adanya pegas halus pada reformer, secara global bisa memperkuat seluruh tubuh untuk tidak hanya menargetkan pada penggerak otot besar, tetapi juga mengaktifkan penstabil yang lebih kecil.

Sehingga saat ada kelemahan yang tidak merata, bisa juga bekerja secara sepihak untuk fokus dan memperbaiki ketidakseimbangan.

2. Membangun Kekuatan dan Mengencangkan Otot

Latihan reformer pilates memungkinkan untuk bergerak dalam jangkauan penuh sambil bekerja untuk memperkuat otot. 

Dengan bentuk latihan yang dinamis, menggunakan pegas dan tuas mesin guna menciptakan resistensi dan memungkinkan fokus yang sama pada kontraksi konsentris dan eksentrik. 

Ini berguna untuk membantu menciptakan otot yang panjang, ramping, dan kencang.

Sehingga, dengan begitu tidak hanya menargetkan kelompok otot utama. 

Tetapi juga otot penstabil kecil untuk beraksi saat bekerja pada mesin reformer.

3. Memiliki Dampak Rendah

Reformer pilates terbilang sangat ideal, terlebih bila berada di bawah bimbingan profesional, untuk siapa saja yang menderita dan pulih dari cedera. 

Pasalnya, pegas dan tali dirancang khusus untuk memungkinkan bekerja di bidang horizontal daripada menahan beban, sehingga mengurangi beban di tubuh.

Adapun dampak rendah memungkinkan terjadinya gerakan berulang yang pada gilirannya mengencangkan dan memperkuat area yang cedera untuk mempercepat pemulihan.

4. Memperbaiki Inti dan Postur Tubuh

Adapun latihan reformer pilates ini memang fokus dan menargetkan inti sembari melatih otot postural perifer pada saat saat yang bersamaan. 

Hal ini dikarenakan inti yang lebih kuat sangat penting untuk membentuk postur tubuh yang ideal.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Seperti yang diketahui, permasalahan kesehatan mental belakangan ini menjadi perbincangan hangat. 

Mengingat reformer pilates juga berfokus pada latihan pernapasan untuk menemukan ketepatan dalam gerakan hingga manajemen stres dan relaksasi. 

Sehingga olahraga ini juga bisa mengurangi hormon stres seperti kortisol dan meningkatkan endorfin, zat kimia tubuh yang membuat merasa nyaman serta memberi dorongan suasana hati yang alami.

Sumber Referensi

Jane McGuire. 2023. Forget the reformer — these 3 Pilates exercises sculpt strong abs with a foam roller [online] (https://www.tomsguide.com/news/forget-the-reformer-these-3-pilates-exercises-sculpt-strong-abs-with-a-foam-roller diakses pada 2 Juli 2023)

Carlingford Active Health. 2020. 5 REASONS YOU MUST DO REFORMER PILATES! [online] (http://www.carlingfordactivehealth.com.au/news/5-reasons-you-must-do-reformer-pilates/ diakses pada 2 Juli 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya