Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Savana Studio Padang : Sediakan Kelas Paket Lengkap, dari Hatha Hingga Dynamic Flow

06 April 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Diharapkan Bisa Jadi Wadah Untuk Siapa Saja yang Ingin Sehat

Sediakan Kelas Yoga Paket Lengkap

Melawan Stigma Yoga Tidak “Mengeluarkan” Keringat

Yoga Membawa Kebahagiaan

Saat ini, yoga semakin marak dan populer di kalangan masyarakat luas. Di Indonesia sendiri, yoga terbilang menjadi salah satu olahraga favorit. 

Tak terkecuali di Padang, semakin hari, aktivitas beryoga kian digandrungi. Banyak studio-studio yoga bermunculan, salah satunya Savana Studio Padang.

Tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan berbincang dengan dua instruktur di Savana Studio Padang yakni Miss Ochi dan Miss Ninie. 

Selain berbincang seputar keseruan beryoga di Savana Studio Padang. Keduanya juga membagikan pengalaman masing-masing selama menggeluti yoga. 

Penasaran seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

Diharapkan Bisa Jadi Wadah Untuk Siapa Saja yang Ingin Sehat

Savana Studio Padang sudah berdiri sejak 21 Mei 2016. Rupanya, ada hal yang filosofis dalam pemilihan nama Savana untuk studio yoga yang dikelola oleh Miss Ochi dan Miss Ninie itu.

Di samping memang menyukai Savana, Miss Ninie mengungkapkan, pemilihan nama “Savana” dikarenakan artinya, hamparan padang rumput dimana di sana terdapat banyak sekali kehidupan. 

Sehingga dengan memilih nama Savana, diharapkan studio yoga yang ia kelola bersama Miss Ochi bisa bermakna serupa. 

"Savana itu ekosistem yang luas, terbuka dan kehidupan disana tidak hanya indah tapi sangat beragam. Kita berharap disini juga akan begitu. 

Menjadi wadah untuk siapa saja, tanpa melihat suku, agama atau apapun itu, yang penting tujuannya sama, ingin sehat dan bugar dengan beryoga," ujar Miss Ninie.

Guna mewujudkan harapan tersebut, keduanya menyadari penting untuk terus membangun bonding dengan para member

Menjaga dan meningkatkan kenyamanan member selama berlatih dari waktu ke waktu. Miss Ochi lantas membagikan tipsnya. 

Keduanya selalu berupaya memberikan apa yang dibutuhkan member, sebelum pandemi masuk ke Indonesia, seperti yang ditambahkan Miss Ninie, Savana Studio Padang kerap mengundang guru yoga dan mengadakan workshop.

"Disini tidak hanya sekedar latihan saja tapi upgrade ilmu juga dilakukan. Selalu kita tanyakan, kira-kira apa alat bantu yang teman-teman butuhkan, workshop seperti apa yang mereka ingin pelajari, atau jika ingin special class, akan kita usakan untuk tersedia. Jadi tidak asal saja, tidak asal mendatangkan guru, tidak asal mengadakan workshop. Tapi selalu kita sesuaikan, lebih butuh ke yang mana," jelas Miss Ninie.

Di samping itu, guna memaksimalkan kenyamanan para member saat berlatih, Savana Studio Padang turut menyediakan beragam alat bantu yoga. 

Mulai dari yoga block, yoga strap, yoga ball dan lainnya. Namun khusus matras, Miss. Ninie menyampaikan masing-masing member diharapkan membawa sendiri. Hal ini bertujuan untuk menjaga higienitas.

Sediakan Kelas Yoga Paket Lengkap

Savana Studio Padang menyediakan kelas yoga paket lengkap, dimana ada banyak jenis yoga yang bisa diikuti. Mulai dari Hatha, Vinyasa, Dynamic Flow, Yin, Yoga Kids, Prenatal, Yoga Terapi hingga Pilates. 

Di antara banyaknya jenis kelas yoga yang ditawarkan, Yin Yoga disebut menjadi kelas paling banyak diminati. Menariknnya, di Savana Studio Padang, latihan ekslusif hanya untuk perempuan saja alias women only.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bila ada pria yang ingin berlatih yoga, bisa dengan mengambil kelas private. Kelas yoga private sendiri bisa dilakukan secara offline di studio maupun online melalui zoom, disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Sementara untuk kelas Yoga Kids, Miss Ochi menerangkan jika ada batasan usia, yakni mulai dari 7 hingga 12 tahun saja. Menariknya, selama mengikuti sesi, anak-anak tidak hanya beryoga saja. Namun juga dilatih rasa percaya dirinya. 

Adakalanya anak-anak diminta membawa barang pribadi kesukaan mereka lalu menceritakannya kepada yang lain.  Keduanya berprinsip, dalam mengajar di kelas yoga kids ini, Miss Ochi juga menghadirkan games seru agar mereka tetap happy selama beryoga. 

“Kadang mereka kita minta bawa barang kesukaan seperti boneka, buku cerita dan yang lain. Nanti kita tanya, kenapa kamu suka? Lalu mereka akan bercerita. Jadi selain buat fisik (lewat yoga) kita juga melatih mereka untuk lebih percaya diri,apalagi di era gempuran gadget saat ini. Kita berdua ingin anak-anak leluasa mengekspresikan dirinya,” terang Mrs. Ochi.

Tidak ada batasan usia, untuk kelas yoga dewasa, bahkan seperti yang dituturkan Miss Ochi, pernah ada member dengan 80 tahun-an.

Untuk kamu yang tertarik berlatih di Savana Studio Padang bisa hadir dari Senin hingga Sabtu. Untuk Senin sd Jumat, ada dua kelas yakni pukul 08.30 WIB dan 10.00 WIB. Sementara di hari Sabtu ada tiga kelas, yakni pukul 8.30 WIB, 10.00 WIB dan 11.00 WIB.

Paket membership yang ditawarkan Savana Studio Padang cukup sangat terjangkau dan tidak dikenakanan biaya pendaftaran. 

Paket membership yoga/pilates dengan 4x pertemuan, dibanderol dengan biaya Rp250.000. Untuk membership yoga/pilates 8x pertemuan, Rp300.000. Sementara untuk kelas yoga saja dengan 10x pertemuan dikenakan biaya sebesar Rp360.000, lalu untuk 12x pertemuan adalah Rp400.000.

Kamu masih pemula, masih ragu dan ingin coba-coba dulu? Tersedia paket walk in dimana kamu bisa datang sekali sesi saja dan hanya dikenakan biaya sebesar Rp65.000. 

Tertarik? langsung DM Instagram Savana Studio Padang di akun @savanastudiopadang_new_acc dan booking sesimu.

Melawan Stigma Yoga Tidak “Mengeluarkan” Keringat

Hampir 8 tahun Savana Studio hadir di Padang, diungkapkan Miss Ninie, tantangan paling “berkesaan” bagi keduanya adalah melawan stigma masyarakat yang menganggap bahwa yoga tidak mengeluarkan keringat jadi tidak bisa disebut olahraga.

Begitupun saat kita “mengenalkan” Dynamic Flow Yoga, mayoritas member masih asing dengan yoga jenis ini. Keduanya menerangkan bahwa yoga tersebut hampir mirip dengan Vinyasa.

Namun Dynamic Flow Yoga akan menciptakan pengalaman yoga yang lebih dinamis lewat sinkronisasi gerakan dengan pernapasan yang dalam dan terkendali. 

Pergantian antara posisinya pun (berdiri, duduk dan berbaring) lebih menyeluruh dan melibatkan berbagai kelompok otot. 

“Jadi sebenarnya sangat menantang dan bisa buat pesertanya banjir keringat. Lebih bervariasi sehingga efek kardionya pasti terasa,” jelas Miss Ninie.

Yoga Membawa Kebahagiaan

Ada cerita menarik dibalik perjalanan Miss Ochie dan Miss Ninie dalam menggeluti yoga. Miss Ochie sebenarnya tak sengaja melihat artis cantik, Sophia Latjuba tengah beryoga. Seketika muncul ketertarikan dari dalam dirinya. 

“Selain itu saya juga diajak kakak untuk beryoga. Sejak saat itu semakin menyukai yoga dan merasa bahwa yoga adalah passion saya. Diawal-awal saya juga sempat beli buku mengenai yoga karangan Pujiastuti Sindhu. Ternyata tokoh tersebut yang akhirnya menjadi instruktur saat saya menyelesaikan sertifikasi YTT 200 jam,” ceritanya. 

Baginya yoga membawa kebahagiaan tersendiri, “Membuatku bahagia karena dengan aku beryoga, aku merasakan (baca : kebahagiaan) itu dari hatinya aku, aku merasa nyaman dan bahagia," ungkap Miss. Ochi.

Sementara bagi Miss Ninie, ada cerita sedih dibalik keputusannya menggeluti yoga. Sebelumnya ia sempat mengalami masa terpuruk karena buah hatinya wafat setelah hanya hidup selama 53 hari saja. 

Ia begitu bersedih dan hanya menghabiskan waktu untuk melamun. Lambat laun Miss Ninie tersadar, ia telah menyia-nyiakan hidupnya lantaran terlalu larut dalam kesedihan.

Ia putuskan untuk bangkit lalu mulai berlatih yoga hingga mendalaminya seperti sekarang. Baginya yoga adalah hidup. 

"Beryoga itu membuat saya tersadar akan hidup. Itulah mengapa yoga itu adalah hidup buat saya. Untuk hidup kita butuh bernafas, kita butuh ruang, kita butuh teman dan saya dapatkan semua itu dari beryoga. Maka bagi saya, yoga itu adalah hidup," ungkap Miss Ninie.

Kecintaan keduanya terhadap yoga tidak main-main, dibuktikan dengan prestasi dan kesungguhan keduanya dalam mempelajari yoga. 

Miss Ochi sudah menyelesaikan beragam sertifikasi teacher training, mulai dari 200 Hours of Yoga Leaf Hatha Yoga Teacher Training dan 40 Hours of Prenatal Yoga Teacher Training. Miss Ochi juga adalah lulusan TTC Yoga Kids di Yogaleaf Prenatal and Post Natal Yoga 85 Hours Yoga Mix. 

Sehingga Miss Ochi tidak hanya mumpuni mengajar prenatal saja tetapi juga untuk postnatal. Selain itu, Miss Ochi juga aktif mengikuti workshop yoga seperti Yoga for Body Posture, hingga Functional Wheel Yoga.

Miss Ninie pun demikian, sejumlah sertifikasi teacher training berhasil ia tuntaskan. Mulai dari 50 Hours International Yin Yoga Teacher Training Program, 200 Hours of Malay Yoga Teacher Training. Hingga beragam workshop yoga lain, diantaranya Yin Yoga & Trigger Point Therapy Workshop. Teranyar adalah pada Malay Yoga Experience, Miss Ninie sukses mencatatkan namanya sebagai Malay Warriors “TELADAN”. 

Mengagumkan bukan? Tertarik beryoga langsung dengan keduanya? 

Silahkan datang langsung ke Ruko Kubota Lt. 3 tepatnya di Jalan Imam Bonjol Nomor 21E, Kecamatan Padang Sel, Kota Padang, Sumatera Barat 25134 dan booking sesimu.

article

Artikel Terkait Lainnya