Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Rekomendasi Gerakan Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

15 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Push-Up

2. Sit-Up

3. Plank

4. Jumping Jack

5. Squat

6. Bird Dog

Olahraga diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menjaga sistem imunitas tubuh, olahraga juga bisa meringankan perasaan stres akibat pekerjaan sehari-hari yang kamu lakukan.

Selain itu, juga bisa menjaga kondisi tubuh agar tidak terserang berbagai macam penyakit. Meski seharian berada di rumah karena WFH, kamu tetap bisa melakukan berbagai gerakan olahraga sekalipun tanpa bantuan alat khusus seperti di gym.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Push-Up

Push-up merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa menggunakan bantuan alat. Jika dilakukan secara rutin push-up akan membantu mengurangi lemak pada lengan, dan membantu memperkuat bahu karena sekaligus melatih otot lengan, dada, bahu, dan perut.

Gerakan push-up sangat mudah, kamu hanya perlu tengkurap dengan menggunakan kedua tangan menyentuh lantai untuk menopang tubuh. Perlahan turunkan badan ke bawah tanpa menyentuh lantai dengan kaki lurus, lalu kembali ke posisi semula. Ulangilah gerakan tersebut beberapa kali selama 5 hingga 7 menit.

2. Sit-Up

Gerakan sit-up juga mudah dilakukan di rumah. Kamu bisa berbaring dengan posisi kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Lalu, angkat tubuh secara perlahan sampai membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, balik ke posisi semula, dan lakukan gerakan tersebut secara berulang selama 5 hingga 7 menit. Untuk menjaga kekuatan otot, usahakan perut kamu selalu terkunci. Sit-up bermanfaat untuk melatih otot di area perut kamu sekaligus menguatkannya.

3. Plank

Plank juga merupakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah. Caranya, kamu perlu mengambil posisi tengkurap dengan kedua tangan ditekuk dan siku menyentuh lantai untuk menopang tubuh. Tahan sekitar 1 hingga 2 menit untuk membantu melatih dan menguatkan otot perut.

4. Jumping Jack

Jumping jack adalah gerakan olahraga ringan yang mudah dilakukan di rumah tanpa membutuhkan alat bantu olahraga. Caranya mudah, kamu hanya perlu berdiri dan posisi tangan berada di samping badan. Lalu, angkat kedua lengan secara serentak sampai berada di atas kepala dan lompat secukupnya dengan merentangkan kaki dengan lebar. Lakukan gerakan seperti ini selama 30-45 detik. Jumping Jack bagus untuk melatih otot di area lengan, paha, dan betis.

5. Squat

Squat juga cocok dilakukan di rumah dan tak memerlukan alat bantu apapun untuk melakukannya. Kamu hanya perlu mengambil posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lalu turunkan pinggul ke bawah seperti posisi jongkok secara perlahan, tahan posisi hingga mencapai sudut 90 derajat. Kemudian naikkan pinggul ke posisi semula dan ulangi gerakan tersebut sebanyak 25 sampai 30 kali atau disesuaikan dengan kemampuan. Squat akan melatih otot paha, pinggul, dan punggung kamu. Jika kamu melakukannya secara rutin maka bonusnya bukan hanya otot-otot di area tersebut menjadi lebih kuat saja namun juga akan terlihat lebih atletis.

6. Bird Dog

Bird dog merupakan gerakan yang melibatkan seluruh tubuh dan jika dilakukan dengan rutin bird dog bagus untuk melatih kekuatan tubuh bagian tengah, bokong sekaligus melatih kemampuan menjaga keseimbangan (balancing) tubuh. Jika ini pertama kali kamu melakukan bird dog, maka jangan memaksakan diri. Sebaiknya sesuaikan dengan tingkat kemampuanmu. Untuk melakukan bird dog, caranya bisa dimulai dengan mengambil posisi berlutut, pastikan tanganmu berada tepat di bawah bahu dan lutut berada di bawah pinggul. Jaga agar leher selalu netral, secara bersamaan rentangkan lengan kiri dan kaki kanan, jaga agar pinggul tetap lurus ke lantai. Jeda di sini sekitar 2 detik. Kembalilah ke posisi awal. Ulangi dengan menggunakan lengan kanan dan kaki kirimu.

Nah, itu saja beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan secara rutin di rumah tanpa perlu menggunakan alat bantu olahraga. Jadi meski WFH, jangan sampai kamu mengabaikan kebugaran tubuhmu.

Untuk mendukung kamu mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Maka selain berolahraga secara rutin kamu juga perlu mengatur pola makan dan tidur agar seimbang. Hindarilah begadang, karena bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Sering begadang hanya akan membuatmu mudah terserang penyakit.

article

Artikel Terkait Lainnya