Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Samatva Studio Yoga: Seimbangkan Kesehatan Fisik dan Mental Melalui Yoga

17 October 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Berawal dari Home Studio, Kini Memiliki 2 Cabang di Bandung

Ketersediaan Kelas, Jadwal, Harga Hingga Fasilitas Yoga

Ajarkan Yoga Kepada Anak-anak Down Syndrome

Saat ini, masyarakat sudah semakin memperhatikan kesehatan mental. Hal ini tentunya menjadi suatu hal baik, sehingga pembahasan mengenai kesehatan mental sudah bukan lagi hal tabu atau bahkan hal remeh. 

Terlebih menjaga kesehatan mental juga tak kalah penting dari menjaga kesehatan fisik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, salah satunya adalah melalui yoga. 

Sebagai salah satu studio yoga yang hadir di tengah masyarakat Bandung, Samatva Studio Yoga ingin mengajak agar masyarakat bisa menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental melalui yoga.

Seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya dalam liputan Tim Nirvana Indonesia berikut ini.

Berawal dari Home Studio, Kini Memiliki 2 Cabang di Bandung

Samatva Studio Yoga awalnya berdiri di bulan Oktober tahun 2017. Samatva pada mulanya hanya home studio yang memanfaatkan salah satu tempat milik keluarga yang tidak digunakan. Lokasinya pun terbilang tidak strategis lantaran harus memasuki gang-gang kecil, bahkan luasnya hanya bisa menampung maksimal 6 orang saja.

Kemudian saat pandemi COVID-19, Miss Cintyani Andhani atau yang akrab disapa Miss Cink selaku owner sekaligus instruktur di Samatva Studio Yoga pindah ke Green Kosambi Apartment.

"Kebetulan saya juga ada tempat di sana, kita kerjasama akhirnya bisa pindah ke Kosambi Apartment, dan di tahun 2024 ini, dari Kosambi Apartment pindah lagi ke jalan Panaitan," ungkap Miss Cink kepada tim Nirvana Indonesia Yoga. 

Selain di Jalan Panaitan Nomor. 37, Kb. Pisang, Kecamatan Sumur, Bandung, ternyata sejak tahun 2023, Samatva Studio Yoga juga sudah hadir dengan cabang keduanya di Jalan Perintis Nomor 9, Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Sementara untuk pemilihan nama Samatva sendiri, Miss Cink mengatakan, diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti Equanimity, maknanya Kesamaan. Pemilihan nama ini juga sebagai pengingat bagi Miss Cink terhadap dirinya. 

"Saya tau kata-kata ini tuh dari buku Bhagavad Gita, di buku tersebut disebutkan jika yoga adalah Samatva. Nah Samatva artinya itu tadi, kesamaan. Jadi kadang-kadang kita tuh dalam keseharian terbawa arus sama dualisme, dualiti, misalnya bagus - jelek, sehat - sakit, suka - duka, dan kita selalu kayak melekat dengan semua yang kita sukakan, yang sehat, yang suka, yang nyaman, dan menolak semua yang kita nggak suka, yaitu sakit, atau nggak nyaman, duka itu sendiri. Padahal antara sehat dan sakit tuh sama, bagian dari kehidupan kita gitu," terang Miss Cink.

Menurut Miss Cink, semakin menolak hal-hal yang tidak disuka, maka akan semakin seseorang merasa menderita. Pasalnya, dalam setiap kehidupan, pasti ada sehat dan sakit. Sehingga dengan begitu, saat merasa sakit, sebenarnya seseorang tersebut bisa menjadi lebih menghargai sehat itu.

Kecintaan Miss Cink terhadap yoga tak main-main, selain rutin berlatih, Miss Cink juga memantapkan kemampuan beryoganya dengan menuntaskan sejumlah sertifikasi teacher training. Ia berharap apa yang telah diupayakannya bisa menunjang kemampuannya dalam mengajarkan yoga kepada masyarakat secara maksimal. 

Adapun sertifikasi yang telah diambil diantaranya sebagai berikut.

• Pilates Instructor with Specialized Training in Corrective Exercise for Scoliosis.

• 200 Hours International Yoga Teacher Training Course.

• 200 Hours of Namaha Yoga Teacher Training Course.

• 35 Hours Program of Prenatal Gentle Yoga 

• 30 Hours of Yoga Leaf Prenatal Yoga Teacher Training Course “Yoga for a Healthier Pregnancy and Gentle Birth”

Ketersediaan Kelas, Jadwal, Harga Hingga Fasilitas Yoga

Mengingat Samatva Studio Yoga memiliki dua cabang, maka kelas dan jadwalnya pun terdapat perbedaan. Namun yang pasti Sahabat NIRVANA YOGA bisa berlatih dari pagi (07.00WIB) hingga sore disini (18.30 WIB). 

Kunjungi sosial media Samatva Studio Yoga di akun instagram @samatvastudiobandung untuk melihat jadwal yoga setiap hari disana.

Kelas yoga yang tersedia juga bisa disesuaikan dengan tingkat kebugaran tubuh masing-masing dari pemula hingga mahir. Beragam jenis yoga tersedia disini.

Mulai dari Hatha Yin, Postural Yoga, Aerial Yoga, Hatha Vinyasa, Prenatal & Postnatal, Aerial Hoop, Static Pole Fitness, Intro to Spinning Pole, Better Posture (Iyengar), Body Alignment, Flexibility and Strength, Contemporary Dance dan lainnya.

Nah, untuk bisa menikmati berbagai kelas di Samatva Studio Yoga, Sahabat Nirvana hanya perlu menyiapkan biaya berikut ini.

Sahabat NIRVANA YOGA yang ingin mengikuti kelas online, akan dikenakan biaya senilai Rp.55.000 per kali kehadiran. Untuk offline dan reguler membership, berlaku selama 45 hari untuk semua cabang Samatva Studio Yoga dengan rincian sebagai berikut.

• Single visit Rp.100.000 

• 4x kelas Rp.300.000.

• 8x kelas Rp. 550.000 

• 12x kelas Rp. 800.000. 

Samatva Studio Yoga juga menyediakan kelas private namun dengan ketentuan harus membuat janji terlebih dahulu dengan biaya sebagai berikut. 

• Rp. 400.000 untuk satu orang 1x visit 

• Rp.1.500.000 untuk satu orang 4x visit

• Rp. 450.000 untuk kelas semi private (dua orang) 1x visit  

• Rp. 1.700.000 untuk kelas semi private (dua orang) 4x visit

Sementara terkait fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap mulai dari lahan parkir yang luas, yoga block, matras, yoga strap, pakaian yoga, hingga tempat ngopi. Sehingga para member hanya datang dengan membawa diri saja sudah bisa berlatih yoga bersama Samatva Studio.

Ajarkan Yoga Kepada Anak-anak Down Syndrome

Di antara banyaknya kelas yang ditawarkan, Miss Cink menuturkan jika Samatva Studio juga kerap mengadakan special class, baik sendiri maupun bekerja sama dengan rekan lainnya. Terbaru adalah kerjasama dengan House of Hoop, mengajarkan yoga tanpa dipungut biaya alias free kepada anak-anak Down Syndrome. 

Mengajarkan yoga kepada anak-anak Down Syndrome adalah langkah yang luar biasa dalam mendukung perkembangan fisik dan emosional mereka. Yoga memiliki banyak manfaat bagi anak-anak dengan Down Syndrome. 

Mulai dari meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, koordinasi, kemampuan motorik. Sekaligus membantu menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, serta meningkatkan kepercayaan diri dan kesadaran diri mereka. 

“Kita lakukan sekitar sebulan dua kali lah. Itu sudah berjalan secara rutin sekarang," ungkap Miss Cink. Inisiatif seperti ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi anak-anak Down Syndrome, tetapi juga menunjukkan komitmen Samatva Studio dalam memasyarakatkan yoga sebagai “alat kesehatan” yang ramah untuk semua kalangan tanpa terkecuali.

Bagi Sahabat Nirvana yang ingin mulai berlatih yoga dan berada di Bandung, khususnya di kawasan Jalan Panaitan dan Jalan Perintis, bisa langsung datang ke Samatva Studio.

article

Artikel Terkait Lainnya