Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Rekomendasi Minuman Pengganti Kopi yang Lebih Sehat

14 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Air Kelapa

2. Teh Hijau

3. Kombucha

4. Matcha

5. Jahe

Sumber Referensi

Minum kopi terutama di pagi hari sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Hal ini karena minuman berkafein ini dianggap lebih efektif untuk mencegah rasa kantuk sehingga segar dan fokus untuk beraktivitas.

Tidak hanya itu, kopi juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah berbagai macam penyakit. Hal ini tentunya bisa didapatkan jika kopi diminum dengan porsi yang tepat.

Akan tetapi, jika dikonsumsi berlebihan setiap hari akan mempunyai efek samping seperti masalah tidur, masalah lambung, bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, bila kamu memiliki kebiasaan yang sama, sebaiknya segera kurangi rutinitas minum kopi setiap hari. Kamu bisa menggantinya dengan minuman yang lebih sehat. Berikut ini sudah ada beberapa rekomendasi minuman sehat pengganti kopi yang bisa kamu coba.

1. Air Kelapa

Minuman sehat pengganti kopi pertama adalah air kelapa. Alasannya karena air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalium serta natrium yang bisa membantu memulihkan energi. Minuman ini juga telah mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori. Selain itu, sejumlah studi juga sudah menemukan bahwa air kelapa mempunyai beragam manfaat kesehatan.

Bahkan, juga bisa mencegah batu ginjal, mencegah diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung. Apabila ingin minum air kelapa, kamu dapat meminumnya langsung dari buahnya. Cara ini jauh lebih menyehatkan karena kamu tidak perlu mengonsumsi gula tambahan. Akan tetapi, bila kamu minum air kelapa kemasan, pastikan sudah memperhatikan kandungan bahan di dalamnya, khususnya gula tambahan.

2. Teh Hijau

Teh hijau termasuk salah satu dari minuman sehat selain kopi yang bisa kamu coba untuk mencegah kantuk. Hal ini karena satu cangkir teh hijau telah mengandung sekitar 50 miligram. Sehingga dapat meningkatkan semangat kamu tanpa memberikan efek samping. Teh hijau juga dikenal karena mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Minuman ini telah mengandung katekin EGC yang berguna sekali sebagai antioksidan. Dengan begitu, teh hijau bisa langsung mencegah kerusakan sel dalam tubuh dan berbagai penyakit. Manfaat kesehatan lain dari teh hijau yaitu bisa meningkatkan fungsi otak, performa fisik, bahkan menurunkan risiko berbagai macam kanker. Tentunya khasiat ini juga bisa didapatkan bila minum teh hijau yang berkualitas dengan cara tepat.

Salah satu cara yang tepat yaitu hanya dengan tidak meminum teh hijau sebelum makan. Hal ini karena bisa menghambat penyerapan nutrisi. Jadi kamu bisa meningkatkan resiko kurang gizi sampai anemia defisiensi besi. Apabila kamu ingin meminumnya sebagai pengganti kopi, maka bisa membelinya di supermarket maupun online shop.

3. Kombucha

Selain teh hijau, kamu juga bisa minum kombucha yang terbuat dari teh hitam yang difermentasi. Sehingga kaya terhadap probiotik atau bakteri baik. Selain itu, kombucha juga telah mengandung asam asetat dan molekul antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa kombucha mempunyai beragam manfaat kesehatan. Misalnya saja seperti meningkatkan sistem imun, mengendalikan kadar kolesterol, dan mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes.
Apabila kamu ingin mencoba kombucha, disarankan untuk membeli kombucha yang sudah siap minum. Hindarilah untuk mengolahnya snider karena dikhawatirkan terjadi beberapa resiko bila tidak diolah dengan benar.

4. Matcha

Matcha terbuat dari jenis daun yang sama dengan teh hijau yakni Camellia sinensis. Meski demikian, matcha mempunyai kandungan kafein yang lebih tinggi. Sehingga matcha dapat dijadikan minuman pengganti kopi.

Selain kafein, matcha juga telah mengandung konsentrasi molekul antioksidan, yaitu epigallocatechin gallate (EGCG) yang lebih tinggi dari teh hijau. Berdasarkan sebuah studi, kandungan EGCG ini telah berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

5. Jahe

Secangkir jahe hangat di pagi hari bisa memberikan efek yang sama dengan secangkir kopi. Ditambah dengan manfaatnya bagi kesehatan pencernaan, kamu perlu memperhitungkan mengganti kopi dengan jahe. Meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, sampai memperbaiki mood Anda merupakan sebagian manfaat dari jahe. Aromanya yang khas dan cenderung lebih kuat. Apabila kamu belum terbiasa mengonsumsi jahe, maka bisa mencoba teh jahe yang sekarang sudah banyak dijual di pasaran.

Itu saja beberapa informasi terkait rekomendasi minuman sehat pengganti kopi untuk mencegah kantuk. Kopi memang lebih efektif untuk mencegah rasa kantuk namun bila diminum secara berlebihan akan berefek buruk untuk kesehatan.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba salah satu minuman yang ada di atas. Tidak hanya membuatmu segar, minuman sehat ini juga mempunyai berbagai manfaat yang bagus untuk tubuh.

Sumber Referensi


Tania Latief. 2022. Ingin Hilangkan Kecanduan Kafein? Ini 9 Minuman Pengganti Kopi Yang Sehat. [online] (https://id.theasianparent.com/minuman-pengganti-kopi di akses 3 Januari 2023)

Monika Nanda. 2021. 4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/4-alternatif-sehat-pengganti-kopi-di-pagi-hari/ di akses 3 Januari 2023)

Arif Putra. 2020. Mengenal Minuman Pengganti Kopi yang Lebih Sehat untuk Mencegah Kantuk [online] (https://www.sehatq.com/artikel/minuman-pengganti-kopi-untuk-ada-yang-tak-suka-kopi di akses 3 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya