Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Rawat Kesehatan Mental Lewat Yoga Bersama The Sanctuary Wellness Centre

10 October 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mulai Beroperasi Saat Pandemi COVID-19 Berlangsung

Tak Sekadar Beryoga, Tapi Juga Sediakan Layanan Psikologis Hingga Terapi

Berawal dari Rasa Penasaran Hingga Akhirnya Jatuh Cinta dengan Yoga

Ketersediaan Kelas dan Harga

Kesehatan mental hingga saat ini masih menjadi isu hangat dalam perbincangan masyarakat. Tak ayal, semakin banyak juga masyarakat yang menjadi lebih peduli akan kesehatan mental. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan mental. 

Salah satunya lewat yoga secara rutin. Salah satu studio yoga yang peduli dan menaruh perhatian besar pada kesehatan mental adalah The Sanctuary Wellness Centre. 

Studio yoga ini mengkombinasikan berbagai elemen yoga seperti meditasi, teknik olah nafas, asana dan postur tubuh untuk membantu siapa saja mengelola stres dan kecemasan guna menjaga kesehatan mental dan tubuh secara keseluruhan.

Penasaran seperti apa The Sanctuary Wellness Centre dalam mengimplementasikan yoga untuk merawat kesehatan mental? Simak selengkapnya dalam liputan Tim Nirvana Indonesia Yoga berikut ini.

Mulai Beroperasi Saat Pandemi COVID-19 Berlangsung

The Sanctuary Wellness Centre mulai beroperasi sejak pandemi COVID-19 berlangsung, tepatnya pada 11 November 2020. Miss Grace selaku owner menuturkan bahwa ia pertama kali membuka kelas yoga di The Sanctuary Wellness Centre dikarenakan pada saat pandemi, ia tidak bisa mengajar yoga ke studio-studio tempat biasa mengajar. 

Di samping itu, Miss Grace juga menyadari, pandemi telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Termasuk pembatasan sosial, isolasi, ketidakpastian ekonomi dan kekhawatiran akan kesehatan fisik. Faktor-faktor ini berdampak besar pada kesehatan mental banyak orang. 

"Saat saya ngobrol bersama teman-teman psikolog, diduga banyak orang mengalami stres akibat COVID-19," ujar Miss Grace kepada tim Nirvana Yoga Indonesia. Menyadari hal ini, Miss Grace pun menjadi simpati akan kondisi masyarakat. 

Tak Sekadar Beryoga, Tapi Juga Sediakan Layanan Psikologis Hingga Terapi

Berawal dari rasa simpatinya, Miss Grace akhirnya memutuskan membuka studio yoga yang tak hanya untuk berlatih yoga. Tetapi juga memberikan layanan psikologis hingga terapi. Terapi yang diberikan beragam, mulai dari sound healing hingga konsultasi dengan psikolog.

Hal ini, selain sesuai dengan visi misinya, juga sesuai dengan makna dari dipilihnya kata Sanctuary, yakni menjadi tempat aman untuk bertransformasi dan mencari jati diri. 

"Sanctuary sendiri artinya tempat suaka yaitu tempat aman untuk berlindung, tempat yang bisa dipercayai untuk sementara, sampai mereka bisa, bertumbuh bertransformasi menjadi versi terbaik dirinya, bukan menjadi terbaik menurut masyarakat atau tuntutan siapapun. Bisa kembali atau menemukan jati diri, kemudian terbang seperti kupu-kupu. Jadi logo Sanctuary itu sebenarnya logo dari kepompongemas. Kepompongkan tempat bertransformasi, seperti ulat diam dulu di situ, untuk tumbuh menjadi kupu-kupu " ungkap Miss Grace.

Miss Grace turut menekankan bahwa yoga essensinya bukan untuk mendapatkan pose-pose cantik, akrobatik. Tetapi untuk merawat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maknanya, yoga bisa dilakukan oleh siapa pun. Itulah mengapa semua kelas yang tersedia di The Sanctuary Wellness Centre ramah bagi pemula dan bisa tetap bermanfaat dan challangeing untuk yang sudah terbiasa yoga.

"Kita arahnya mengajarkan yoga untuk kesehatan, latihan yoga di sini, kita mengutamakan aman dan kenyamanan. Jadi keluhan setiap orang kita harus memahaminya dulu, mengingat badan manusia unik dan tidak sama satu dengan lainnya," terang Miss Grace.

Berawal dari Rasa Penasaran Hingga Akhirnya Jatuh Cinta dengan Yoga

Masih dikesempatan yang sama, Miss Grace juga turut membagikan cerita awal mula ia mengenal yoga. Tepatnya setelah melahirkan secara caesar, Miss Grace merasa tubuhnya tidak bugar seperti sedia kala. Ia pun memutuskan untuk berolahraga dengan nge-gym.

Namun ia masih merasa tidak cocok. Miss Grace berinisiatif mencoba yoga di tempat ia nge-gym. Setelah ikut kelas yoga, Miss Grace merasa cocok, badannya terasa lebih sehat dan segar, bahkan juga merasa menjadi pribadi yang lebih tenang. 

Setelah merasakan manfaat yoga dari luar dan dalam, ia mantap menekuni yoga hingga saat ini. Kemantapan Miss Grace terhadap yoga tak main-main. Ia jatuh cinta dengan yoga dan telah mendalami yoga 10 tahun lamanya. 

Kecintaan Miss Grace terhadap yoga ia buktikan tak hanya dari konsistensi berlatih saja. Namun juga keaktifan dalam mengikuti beragam pelatihan, workshop hingga menuntaskan program Teacher Training sebagai guru yoga. 

Diantaranya E-RYT 200 Hours , pengajar di Sukma Yoga School RYS, hingga akhirnya menjadi founder Elements Yoga Studio dan The Sanctuary Wellness Centre.

"Dengan ikut teacher training itu, saya belajar ilmu hidup. Jadi ngerti gimana caranya menangani kesehatan secara fisik. Terus saat semakin diperdalam, saya semakin mengerti, gimana cara melakukan pose agar manfaatnya maksimal. Seperti Savasana, pose yang dianggap paling mudah, seolah hanya istirahat tiduran bentar, berbaring, tapi nyatanya buat pikiran tuh bagus banget. Lalu dari situ bertumbuh lagi, ingin tahunya jadi semakin besar dan di yoga itu bagusnya kita dibuat menjadi pribadi yang ingin lebih baik setiap harinya,” ungkap Miss Grace.

Hal itulah yang kemudian juga membuat Miss Grace merasa hal baik dari yoga harus disebarluaskan. Ia semakin bersemangat mengedukasi manfaat baik yoga kepada masyarakat luas. Sementara bagi Miss Grace sendiri, yoga adalah tools untuk meningkatkan kualitas diri dan hidup.

Ketersediaan Kelas dan Harga

Selain memberikan layanan psikologis, jenis latihan yoga yang disediakan pun cukup lengkap. Mulai dari Hatha Yoga, Vinyasa, Iyengar, Ashtanga Yoga, Yoga Kids, Yoga Prenatal, Yoga Postnatal. Sementara Yoga swing tengah dipersiapkan.

The Sanctuary Wellness Centre juga menyediakan kelas private. Namun sayangnya untuk kelas online, tidak tersedia. Di samping kelas reguler diatas, Miss Grace menuturkan bahwa setiap bulan juga ada special class, dengan mengundang guru yoga dari luar provinsi. 

Bahkan setiap minggunya juga ada event kolaborasi dengan studio yang lainnya. Lalu juga ada teacher training serta workshop terkait. Silahkan kunjungi instagram The Sanctuary Wellness Centre di akun @thesanctuarywellnesscentre untuk update informasi lengkap seputar jadwal kelas hingga beragam promo menarik.

Untuk kamu yang tertarik beryoga disini, tak perlu khawatir tentang perlengkapan yoga. Sebab The Sanctuary Wellness Centre sudah menyediakannya lengkap. Mulai dari kamar mandi, matras dan alat yoga lainnya. 

Ruangan studio juga tersedia outdoor, semi outdoor dan indoor. Lalu terdapat pula cafetaria yang menyediakan beragan makanan dan minuman sehat. Hingga merchandise store, layanan pijat, serta layanan konsultasi psikologis.

Silahkan kunjungi Instagram The Sanctuary Wellness Centre di akun @thesanctuarywellnesscentre untuk update informasi hingga melihat bagaimana serunya yoga disana setiap harinya.  

Sahabat NIRVANA juga bisa menghubungi The Sanctuary Wellness Centre melalui WhatsApp di 0813-2425-3822. Maupun berkunjung langsung ke Jalan Setra Duta Raya Nomor L6, Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40514.

article

Artikel Terkait Lainnya