Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

R - Studio : Studio Yoga Pertama di Sawangan yang Vibesnya seperti Rumah Sendiri

21 May 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Telah Berdiri Sejak Tahun 2018

Ada Kelas Yoga Apa Saja di R-Studio?

Tangan Dingin Miss Erni Lahirkan Banyak Guru Yoga Baru di Sawangan

Ciptakan Suasana Seperti Beryoga di Rumah Sendiri

Ketersediaan Kelas dan Harga

Seiring berjalannya waktu, yoga semakin memiliki banyak peminat di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya studio yoga yang telah tersebar. Jika kamu berdomisili di Depok dan sekitarnya, salah satu studio yoga yang bisa dijumpai adalah R-Studio. 

R-Studio berlokasi di Jalan H. Sulaiman Nomor 99 Bedahan, Sawangan Kota Depok. Belum lama ini, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan untuk berbincang secara langsung dengan owner R-Studio yakni Teguh Santoso yang akrab disapa Sir Teguh. 

Seperti apa keseruannya?

Penasaran? Langsung saja simak dalam ulasan berikut ini.

Telah Berdiri Sejak Tahun 2018

Sir Teguh mengungkapkan bahwa R-Studio telah berdiri sejak tahun 2018, tepatnya pada 21 November. Namun sebelum itu, ternyata sudah lebih dulu menjadi tempat untuk latihan aerobic. Awalnya di tahun 2010, namanya adalah R-Obic. Hal ini dikarenakan sebelum menekuni dunia yoga, ia dan sang istri, Erni Widiawati yang akrap disapa Miss Erni, menggeluti aerobic.

Namun setelah itu, di tahun 2018, baik Sir Teguh maupun Miss Erni mulai fokus terhadap yoga, hingga terciptalah R-Studio Yoga.

"Dari tahun 2000 itu, istri saya memang sudah mengajar tapi di aerobic. Makanya namanya R Obic. Kemudian di 2018, istri saya mulai fokus di yoga, akhirnya namanya menjadi R-Studio," ungkap Sir Teguh kepada tim Nirvana Indonesia Yoga.

Dalam kesempatan yang sama, Sir Teguh mengungkapkan arti dibalik pemilihan nama R-Studio. R sendiri rupanya merupakan akronim dari nama Miss Erni, lantaran sering dipanggil dengan sebutan "R". Sementara untuk studio yang tadinya Obic, merujuk kepada tempat. Lalu untuk 99 merupakan nomor rumah alias lokasi R-Studio berada.

"Ini basicnya rumah, namun kita buat konsepnya studio, kapasitasnya bisa sampai 25 orang, diperuntukkan untuk aktivitas olahraga, terutama yoga," terang Sir Teguh.

Ada Kelas Yoga Apa Saja di R-Studio?

R-Studio menyediakan tiga kategori yoga, yakni yoga Matras, yoga Aerial serta yoga Prenatal. Yoga Matras merupakan yoga yang dilakukan di atas matras seperti Hatha, Vinyasa hingga Iyengar yoga.

"Yoga Matras dan yoga Prenatal itu istri saya yang mengajar, sedangkan Aerial yoga, di handle murid istri saya yang bernama Miss Ermi Achmad," ungkapnya.

Dipaparkan Sir Teguh lebih lanjut, terkait kelas yoga Aerial, biasanya dilakukan oleh murid atau member yang telah menguasai yoga Matras. Kemudian melanjutkan tingkatannya ke yoga Aerial, dimana menurutnya lebih acrobatic dan menantang.

R-Studio juga menyediakan kelas private. Sir Teguh mengungkapkan biasanya yang mengikuti yoga private memiliki case tersendiri. Karena rekomendasi dokter untuk ikut yoga namun tidak bisa mengikuti kelas reguler karena memiliki health issue.

Meski begitu, ada juga member yang memilih yoga private tanpa ada keluhan fisik. Namun mengalami keterbatasan waktu untuk mengikuti kelas reguler sehingga memilih yoga private saja. Sayangnya R-Studio belum menyediakan kelas yoga Kids maupun yoga Online. Selain itu yang bisa mengikuti kelas yoga di R-Studio hanya wanita saja alias women only.

"Khusus wanita ini dikarenakan yang mengajarkan yoga adalah seorang wanita, yakni Miss Erni. Tapi gak ada batasan usia, yang penting tidak memiliki keluhan fisik. Jika ada keluhan tetap boleh ikut, namun disertai dengan surat rekomendasi dokter. Mayoritas member disini rata-rata usianya 35-65 tahun,” jelas Sir Teguh.

Bagi kamu yang berdomisili di sekitar Depok, khususnya Sawangan dan ingin berlatih yoga namun belum memiliki matras, tak perlu khawatir. Sebab R-Studio menyediakan matras yoga dan fasilitas penunjang latihan yoga lainnya seperti stepper, gym ball, yoga block, yoga strap dan alat pendukung lainnya.

Tangan Dingin Miss Erni Lahirkan Banyak Guru Yoga Baru di Sawangan

Salah satu impian dan harapan Sir Teguh dan istrinya adalah mengenalkan yoga lebih luas lagi ke masyarakat Depok, khususnya di Sawangan. Sir Teguh mengaku hal ini bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Mengingat lokasi Sawangan yang bisa disebut berada di pinggiran kota, pada awalnya yoga masih dianggap asing oleh masyarakat sekitar.

Disisi lain, transisi dari aerobic ke yoga juga menjadi satu tantangan tersendiri. Sir Teguh mengatakan di awal-awal sempat mengalami kesulitan. Meski begitu, hal ini malah justru membuat keduanya semakin bersemangat memasyarakatkan yoga untuk kesehatan tubuh. 

Bahkan dengan keuletan dan ketekunan Miss Erni, R-Studio bukan hanya menjadi studio yoga pertama di Sawangan. Namun turut pula melahirkan guru-guru yoga baru di Sawangan.

Sebagai seorang guru, Miss Erni telah menuntaskan beragam program sertifikasi yoga. Mulai dari sertifikasi sebagai guru yoga (Pre Teacher Training 200 Hours Kapha Yoga) hingga mengikuti beragam workshop terkait yoga, kehamilan dan kesehatan tubuh (4 Hours of Yoga Workshop The Benefit and Techniques of Yoga Wheel Practice, Pre & Post Natal Yoga Untuk Tenaga Kesehatan Selama 30 Jam, serta 4 Hours Ashtanga & Ayurveda Workshop).

Berbekal ilmu yang telah dimiliki, Miss Erni mantap mengajarkan yoga kepada membernya dengan tulus. Sehingga dari tangan dinginnya itu lahir guru-guru yoga baru di Sawangan, Depok.

“Tak sedikit member yang dulunya belajar dengan Miss Erni, kini sudah menjadi guru yoga juga,” katanya.

Ciptakan Suasana Seperti Beryoga di Rumah Sendiri

Masing-masing kelas di R-Studio berdurasi selama dua jam. Istimewanya setelah sesi berlatih yoga usai, Miss Erni akan memberikan sesi bebas untuk seluruh member.

“Artinya member diperbolehkan untuk kembali berlatih baik secara mandiri atau berdiskusi langsung terkait gerakan yang belum dipahami. Sehingga member memiliki kebebasan waktu untuk berada disini,” jelas Sir Teguh.

Bahkan tak jarang, setelah sesi yoga, para member dan Miss Erni bercengkerama hingga makan bersama. Menciptakan suasana kekeluargaan yang hangat, seperti sedang di rumah sendiri.

Sir Teguh mengakui hal-hal sederhana seperti itu menghadirkan momen yang mempunyai kesan tersendiri. Di samping itu, R-Studio juga kerap mengadakan gathering bertajuk "R-Studio Yoga Challenge 2024".

Acara yang digelar rutin setiap dua tahun sekali itu bukan sekadar gathering biasa. Nantinya seleruh peserta akan seru-seruan bersama, mengadakan yoga challenge sekaligus meningkatkan silaturahmi.

Ketersediaan Kelas dan Harga

Jika kamu tertarik beryoga di R-Studio, jadwal kelas yoga tersedia dengan rincian sebagai berikut.

Untuk kelas yang disediakan ada di hari Selasa, Kamis dan Sabtu, pukul 09.00 WIB. Di hari Jumat, kelas dibuka malam, pukul 19.00 WIB. Kelas yang dilakukan di hari Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu, merupakan kelas yoga matras. Sedangkan di hari Rabu dan Minggu, merupakan kelas yoga arial.

Untuk beryoga di R-Studio, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp40.000 per sesi yoga matras. Sedangkan untuk yoga aerial, dibanderol dengan biaya sebesar 50.000 per sesi. Untuk yoga prenatal, dikenakan biaya 70.000 per sesi. Sementara bila ingin mengambil paket membership, akan mendapatkan diskon sebesar 20%.

Silahkan kunjungi Instagram R-Studio 99 di akun @rstudio_99 untuk pendaftaran dan update informasi lebih lengkap seputar promo, jadwal kelas hingga melihat bagaimana serunya yoga di R-Studio setiap harinya.

article

Artikel Terkait Lainnya