Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Telur Ayam: Cangkang Putih vs Coklat, Mana yang Lebih Sehat?

17 April 2023

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Warna Pada Cangkang Telur

Kandungan Gizi pada Keduanya

Fakta menunjukkan bahwasannya warna cangkang tersebut tak memberikan dampak berarti terhadap kualitas atau nutrisinya.

Lantas, Mana yang Paling Bagus?

Manfaat Telur Ayam Untuk Kesehatan Tubuh

1. Membentuk Jaringan Tubuh dan Membantu Fungsinya

2. Menjaga Kesehatan Mata

3. Menjaga Kesehatan Otak

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sumber Referensi

Demi memenuhi kebutuhan gizi untuk menjaga kesehatan dalam tubuh, konsumsi telur ayam begitu dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan. Tak cuma karena banyak manfaatnya, telur memiliki peran baik untuk diet karena rendah kalori.

Terdiri dari dua warna kulit yakni putih dan coklat, kira-kira telur dengan warna kulit mana yang punya manfaat paling banyak?

Lantas hal apakah yang menyebabkan perbedaan warna tersebut bisa muncul?

Warna Pada Cangkang Telur

Untuk diketahui adanya warna kerabang (pembungkus) telur diakibatkan oleh pigmentasi yang dihasilkan oleh hewan ungags, dalam hal ini ayam yang bersangkutan. Sebanyak 95 persen kalsium karbonat terkandung dalam cangkang telur.

Sisa kandungan lainnya ialah magnesium, fosfor, natrium, kalium, seng, besi, mangan, dan tembaga. Sebagai contoh: ayam jenis Ameraucana (ayam domestik Amerika) memproduksi telur berwarna biru, ayam Leghorn berwarna putih, dan ayam Orpington berwarna coklat.

Kandungan Gizi pada Keduanya

Lantas apakah warna telur tersebut berpengaruh terhadap gizi di dalamnya? Ternyata warna cangkang tak berpengaruh terhadap kandungan gizi di dalamnya. Adanya perbedaan warna hanya menunjukkan perbedaan pigmentasi.

Namun ada faktor lain yang menyebabkan perbedaan gizi pada telur yakni tempat perkembangbiakan ayam yang bersangkutan.

Setali tiga uang, laporan dari Times of India juga memaparkan bahwa kedua warna telur tersebut tak berpengaruh terhadap kandungan gizi di dalamnya.

Informasi nilai gizi dari 50 gram atau satu telur ukuran besar memiliki jumlah 71 kilokalori, 6,3 gram protein, 0,3 gram karbohidrat, dan 4,7 gram lemak. Satu butir telur juga memiliki 0,8 miligram zat besi, 0,6 miligram zinc, 15,4 miligram selenium, 23,5 miligram asam folat, 147 miligram kolin, 0,4 miligram vitamin B12, dan 80 miligram vitamin A.

Fakta menunjukkan bahwasannya warna cangkang tersebut tak memberikan dampak berarti terhadap kualitas atau nutrisinya.

Lantas, Mana yang Paling Bagus?

Banyak orang beranggapan beberapa telur dengan warna tertentu memiliki manfaat lebih baik dan rasa yang lebih enak. Beberapa kalangan masyarakat juga menganggap terdapat perbedaan besar yang bisa ditemukan pada telur dengan cangkang berwarna putih dan coklat.

Akan tetapi, hal tersebut tidak benar. Adapun faktor yang mempengaruhi gizi bisa dilihat dari tempat ayam tersebut dikembangbiakkan. Sebagai contoh ayam yang biasa bebas berkeliaran di bawah sinar matahari (ayam kampung) akan memiliki kandungan vitamin D tiga kali lebih banyak dari ayam negeri biasa.

Selain itu, pakan yang dimakan juga bisa mempengaruhi kandungan gizi di dalam telur nantinya. Ayam yang diberi makanan kaya asam lemak omega-3 bisanya menghasilkan telur dengan kandungan omega-3 yang lebih tinggi.

Selain gizi, pakan ternak yang diberikan juga akan mempengaruhi rasa telur ayam nantinya. Misalnya, ayam yang diberikan pakan tinggi lemak bisa menghasilkan rasa telur yang lebih nikmat, tidak peduli warna cangkangnya putih atau coklat.

Tak hanya itu, semakin lama telur disimpan juga bisa menurunkan cita rasa telur. Tak heran, agar bisa menjaga rasa telur lebih nikmat, simpanlah telur-telur tersebut di lemari es dengan suhu rendah dan stabil.

Manfaat Telur Ayam Untuk Kesehatan Tubuh

1. Membentuk Jaringan Tubuh dan Membantu Fungsinya

Protein pada telur ayam berguna dalam hal pembentukan dan perbaikan pada semua fungsi sel manusia. Untuk diketahui, sel-sel merupakan bagian penyusun jaringan penting mulai dari otot, otak, peredaran darah hingga tulang pada manusia. Selain itu tubuh pun memerlukan protein sebagai ‘bahan bakar’ proses metabolisme.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Adanya kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin membuat telur ayam berguna sebagai penjaga kesehatan mata. Kandungan tersebut bagus untuk membantu memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari langsung.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Adanya kolin atau zat yang mirip vitamin B membuat telur begitu bermanfaat dalam hal menjaga perkembangan otak janin selama kehamilan. Pada sel otak manusia, kolin berguna untuk mempercepat pelepasan protein yang diperlukan dalam pembentukan memori sekaligus mendukung beberapa fungsi otak lainnya.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Telur sejatinya mengandung kolesterol, tapi bisa dibilang kolesterol yang dihasilkan justru baik. Telur ayam dengan cangkang berwarna putih maupun coklat sama-sama punya kemampuan untuk membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Sekaligus bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

Sumber Referensi


TIMESOFINDIA.COM, 2022, Brown Eggs Vs. White Eggs: What Is Better For You? [Online] (https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/brown-eggs-vs-white-eggs-what-is-better-for-you/photostory/95745253.cms diakses 19 Maret 2023)

Ariska Puspita Anggraini, 2020, Antara Telur Kulit Putih dan Coklat, Mana yang Lebih Bergizi? [Online] (https://health.kompas.com/read/2020/06/11/140000268/antara-telur-kulit-putih-dan-coklat-mana-yang-lebih-bergizi-?page=all diakses 19 Maret 2023)

Larastining Retno Wulandari, 2023, 7 Manfaat Telur dari Kandungan Gizinya yang Lengkap [Online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-dan-risiko-makan-telur/ diakses 19 Maret 2023)

Maulia Indriana Ghani, 2021, Kenapa Warna Telur Berbeda-beda? [Online] (https://www.zenius.net/blog/kenapa-warna-telur-berbeda-beda diakses 19 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya