Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Perut Kamu Buncit? Bisa Jadi 5 Kebiasaan Buruk Ini Penyebabnya

14 February 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Jarang Melakukan Aktivitas Fisik (Malas Bergerak)

2. Minum Alkohol Berlebihan

3. Merokok

4. Terlalu Sering Begadang

5. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Manis

Sumber Referensi

Perut buncit memang tidak selalu berbahaya bagi kesehatan, tetapi bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Dalam beberapa kasus, perut buncit bisa menandakan adanya masalah seperti obesitas, sindrom ovari polikistik, gangguan tiroid hingga masalah pencernaan.

Perut buncit juga bisa menjadi tanda adanya lemak visceral, yaitu lemak yang terakumulasi di sekitar organ-organ dalam seperti hati, ginjal dan pankreas. Lemak visceral bisa meningkatkan risiko beberapa kondisi kesehatan serius, seperti penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Ada beragam penyebab perut buncit termasuk kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari. Beberapa jenis kebiasaan ini mungkin tidak masalah jika dilakukan sesekali. Namun dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak main-main akibatnya jika dilakukan terus-menerus.

Apa saja kebiasaan buruk tersebut?

Yuk disimak melalui ulasan berikut ini.

1. Jarang Melakukan Aktivitas Fisik (Malas Bergerak)

Malas bergerak atau kurang aktivitas fisik dapat menyebabkan perut membuncit. Inactivity meningkatkan risiko obesitas dan memperlambat metabolisme. Sehingga tak menutup kemungkinan membuat lemak menumpuk di bagian perut. Mulai gerakkan tubuh kamu setiap hari. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Jika kamu sibuk bekerja dan tak memiliki banyak waktu, kamu bisa mengintegrasikan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian. Misalnya saja dengan mencoba untuk naik tangga dan meminimalkan penggunaan lift di kantor. Menjaga aktivitas fisik akan membantu membakar lemak sehingga tak menumpuk di perut.

2. Minum Alkohol Berlebihan

Minum alkohol apalagi jika berlebihan dapat menyebabkan perut membuncit. Alkohol mengandung kalori yang tidak memiliki nutrisi. Sekaligus berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan terutama jika dikonsumsi terlalu sering secara berlebihan. Minum alkohol juga dapat menyebabkan retensi air sehingga perut terlihat membuncit.

Beberapa jenis alkohol seperti bir juga dapat menyebabkan gas dan sembelit, yang dapat memperburuk masalah pencernaan. Ingatlah bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan berefek negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Jadi sebaiknya dilakukan dengan bijaksana.

3. Merokok

Merokok dapat membuat perut buncit karena beberapa faktor seperti menghambat metabolisme, yang pada gilirannya dapat membuat lemak lebih mudah terakumulasi di area perut. Selain itu merokok juga berpotensi mengganggu keseimbangan hormon seperti kortisol dan insulin, yang berkaitan dengan pembentukan lemak di area perut.

Kebiasan merokok yang berlarut-larut juga akan mengganggu nafsu makan. Membuat seseorang makan lebih banyak atau makan tidak beraturan yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan pembentukan lemak di area perut.

4. Terlalu Sering Begadang

Terlalu sering begadang juga dapat meningkatkan resiko perut membuncit. Beberapa faktor yang berkontribusi antara lain karena begadang akan membuat kamu kurang tidur, yang pada akhirnya akan mengganggu keseimbangan hormon, seperti insulin dan kortisol, yang berkaitan dengan metabolisme dan pembentukan lemak. Kurang tidur juga akan memperlambat pembakaran kalori dan membuat potensi stress kamu meningkat.

Sehingga pola makan maupun nafsu makan akan turut terganggu. Untuk membantu mencegah perut buncit, penting untuk menjaga pola tidur yang baik. Pastikan untuk tidur cukup setiap malam. 7-9 jam tidur per malam adalah waktu tidur yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa.

5. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Manis

Makanan atau minuman manis dengan kandungan gula tinggi dapat membuat tingkat insulin kamu meningkat secara drastic. Ini dapat memperlambat metabolisme dan membuat lemak dalam tubuh jadi lebih mudah terakumulasi di area perut. Selain itu mengkonsumsi terlalu banyak gula lewat makanan/minuman manis juga akan menimbulkan nafsu makan yang tidak sehat.

Biasanya akan membuat kamu makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. Pada gilirannya ini akan menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatnya pembentukan lemak tubuh termasuk di area perut. Ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang sehat saja dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menikmati makanan dengan kandungan protein dan lemak sehat yang berasal dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan produk susu rendah lemak.

Jika kamu merasa khawatir tentang perut buncit atau memiliki masalah kesehatan lain. Mari mulai meninggalkan kebiasan-kebiasan buruk diatas. Segera beralih dan terapkan gaya hidup sehat.

Ingat pula jika mengurangi penumpukan lemak di bagian perut memerlukan usaha yang konsisten dan mungkin memerlukan waktu.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi yang sesuai. Begitupun dengan saran dan panduan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda.

Sumber Referensi


Siloam Hospital. 2022. Inilah 7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya [online] (https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/penyebab-perut-buncit di akses 13 Februari 2023)

dr Airindya Bella. 2022. 6 Penyebab Perut Buncit dan Langkah Mengatasinya [online] (https://www.alodokter.com/6-penyebab-perut-buncit-dan-langkah-mengatasinya di akses 13 Februari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya