Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

6 Peralatan Golf yang Perlu Disiapkan Pemula

07 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Stik Golf

2. Golf Bag

3. Bola

4. Tee

5. Sarung Tangan

6. Topi

7. Sepatu

8. Pakaian Golf

Bagi orang yang baru mulai bermain golf, memilih peralatan golf yang tepat bisa menjadi hal menantang. Di samping ada banyak peralatan golf dalam berbagai jenis dan model. Kamu perlu mencari peralatan golf yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis latihanmu.

Dijamin kamu akan lebih percaya diri ketika menginjakkan kaki di lapangan hijau setelah menemukan peralatan yang tepat dengan gaya bermainmu. Berikut peralatan golf tersebut.

1. Stik Golf

Peralatan golf untuk pemula pertama yakni stik golf atau klab. Stik golf merupakan sebuah alat yang dirancang sedemikian rupa sebagai alat untuk memukul bola. Stik golf yang diperlukan oleh para golfer biasanya terdiri dari 5 jenis, yaitu woods, irons, wedges, hybrids serta putter. Selain bentuk yang berbeda, tiap stick juga memiliki fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan singkatnya.

A. Woods

Wood atau driver biasanya digunakan untuk menghasilkan pukulan jarak jauh. Hanya dengan menggunakan wood, golfer dapat menghasilkan pukulan yang berjarak lebih dari 200 meter. Biasanya ada 1 sampai 3 jenis wood yang dibawa oleh golfer. Namun, bagi para pemain pemula yang memiliki 1 wood saja dinilai sudah cukup.

B. Irons

Irons termasuk salah satu jenis stik golf yang digunakan untuk melakukan pukulan jarak menengah dengan tingkat akurasi tinggi. Jenis stik golf ini bisa menjadi yang paling banyak dibawa oleh para golfer. Golfer biasanya akan membawa satu set irons yang terdiri dari nomor 5 - 9 ditambah dengan pitching.

C. Wedges

Wedges adalah salah satu sub bagian dari irons yang digunakan untuk memukul bola jarak pendek. Stik ini mempunya loft maupun head dengan derajat kemiringan yang berbeda. Ini karena diperuntukkan untuk melakukan fungsi khusus seperti mengarahkan bola ke green atau memukul bola keluar dari area pasir.

D. Hybrids

Hybrids dikenal sebagai salah satu kombinasi antara woods dan irons, yang digunakan untuk melakukan pukulan jarak jauh di luar tee-box.

E. Putter

Putter dikenal sebagai salah satu jenis stik yang digunakan untuk melakukan pukulan jarak pendek seperti menggulirkan bola ke dalam hole. Umumnya, golfer membawa sekitar 14 klab di dalam tas golfnya. Namun, sebagai pemain pula yang memiliki dana terbatas. Kamu dapat membawa stik golf kurang dari jumlah tersebut.

2. Golf Bag

Peralatan golf untuk pemula berikutnya, yaitu golf bag atau tas golf. Golf bag ini dibutuhkan untuk menyimpan semua perlengkapan golfer mulai dari stik golf, bola golf dan lainnya.

3. Bola

Pastikan saat bermain golf, bola golf yang kamu pilih bukan bola golf modifikasi. Melainkan bola golf resmi yang mempunyai bobot sekitar 45,93 gram dengan ukuran diameter 42, 67 mm.

4. Tee

Tee atau sering dikenal dengan pasak merupakan alat untuk meletakkan bola ketika hendak dipukul. Peralatan golf untuk pemula ini telah di desain agar bisa mengangkat bola dari atas tanah sehingga lebih mudah dipukul.

5. Sarung Tangan

Meski terlihat sebagai aksesoris tambahan, sarung tangan ternyata memegang peranan penting bagi kualitas pukulan golfer. Sarung tangan akan membantu cengkeraman tangan lebih stabil, dan tidak licin serta lebih menggigit. Sarung tangan juga akan melindungi tangan agar tidak licin karena keringat.

6. Topi

Saat bermain olahraga luar ruangan seperti golf, golfer sebaiknya mengenakan topi untuk melindungi wajah dari terik matahari. Topi ini bisa berguna juga sebagai tempat menyimpan tee dan marker. Terkadang, beberapa golfer senior juga menggunakan kacamata UV untuk melindungi mata dan menghindari silau cahaya matahari.

7. Sepatu

Biasanya, pemain golf harus melewati medan yang naik turun sehingga memerlukan sepatu khusus agar tidak cepat lelah. Sepatu golf ini mempunyai desain khusus dan nyaman dipakai untuk berjalan dalam jangka waktu lama. Desain sepatu golf ini telah menggunakan sole model hybrid dan spike yang merupakan sepatu golf paling diminati saat ini.

8. Pakaian Golf

Umumnya pemain golf menggunakan baju dan celana khusus untuk golf yang berbahan nyaman dan tidak panas ketika dipakai. Pemain juga bisa menambah penggunaan hand sleeve sebagai pelindung tangan dari terik matahari terutama ketika mengenakan baju golf berlengan pendek.

Itu saja beberapa peralatan golf untuk pemula yang harus dipersiapkan sebelum turun ke lapangan hijau. Sebaiknya pilihlah peralatan yang sesuai dengan dana yang kamu miliki atau manfaatkan fasilitas penyewaan peralatan golf untuk menghemat biaya.

article

Artikel Terkait Lainnya