Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Pejuang Body Goals Merapat! Ini Cara Yoga Bantu Kamu Capai Body Goals Impian

13 January 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Bisakah Mengejar Body Goals dengan Latihan Yoga?

Body Goals : Peningkatan Fleksibilitas dan Rentang Gerak

Body Goals : Membangun Kekuatan dan Stabilitas Tubuh

Body Goals : Meningkatkan Postur Tubuh

Body Goals : Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Metabolisme

Body Goals : Membentuk Otot Tubuh Lebih Atletis

Penting untuk diingat

"Body goals" adalah istilah yang digunakan menggambarkan bentuk tubuh yang dianggap ideal dan diinginkan. 

Gambaran bentuk tubuh ini bervariasi, mulai dari penurunan berat badan, peningkatan massa otot (atletis), peningkatan fleksibilitas, peningkatan kebugaran hingga aspek-aspek lain yang terkait dengan penampilan fisik.

Istilah ini seringkali muncul dalam konteks kebugaran dan kesehatan. Belakangan juga termasuk dalam konteks media sosial di mana seseorang dapat mengunggah foto yang menampilkan tubuh yang dianggap diinginkan.

Meraih “body goals" tentu melibatkan kombinasi dari berbagai faktor. Mulai dari pola makan, olahraga, manajemen stres, hingga porsi tidur. 

Olahraga teratur memainkan peran utama dalam hal ini dan belakangan yoga cenderung digandrungi banyak kalangan untuk membantu mewujudkan body goals mereka.

Bisakah Mengejar Body Goals dengan Latihan Yoga?

Latihan yoga dapat menjadi pilihan yang efektif untuk membantu kamu mencapai berbagai body goals. Meskipun yoga sering dianggap sebagai bentuk latihan yang fokus pada aspek mental dan spiritual. Nyatanya praktik yoga tak hanya memberikan manfaat tersebut. 

Lantas bagaimana cara yoga membantu kamu mencapai body goals?

Berikut adalah cara bagaimana latihan yoga dapat membantu kamu mencapai beragam body goals yang berbeda.

Simak yuk, semoga bermanfaat.

Body Goals : Peningkatan Fleksibilitas dan Rentang Gerak

Jika body goals kamu adalah memiliki tubuh yang lebih lentur, fleksibel dan leluasa dalam bergerak, latihan yoga yang fokus pada peregangan seperti hatha yoga dan vinyasa yoga, dapat membantu mewujudkannya.

Latihan Hatha yoga akan melibatkan berbagai gerakan dan posisi tubuh yang memerlukan peregangan otot. Peregangan ini dapat membantu merangsang dan merentangkan serat-serat otot, yang pada gilirannya meningkatkan elastisitas otot dan jangkauan gerak tubuh.

Menggunakan yoga strap dapat membantu mencegah cedera dan memastikan bahwa peregangan otot dilakukan dengan aman. Strap memungkinkan kamu untuk mengontrol sejauh mana ingin memperpanjang otot tanpa memaksakan diri. 

Jika kamu  belum punya strap yoga, dapatkan segera di Nirvana Store. Nirvana Store menyediakan perlengkapan yoga terlengkap dengan kualitas original dan harga terbaik.

Kamu juga bisa mendapatkan semua produk premium Nirvana Store di e-commerce favorit kamu secara online

Body Goals : Membangun Kekuatan dan Stabilitas Tubuh

Jika tujuan kamu adalah membangun kekuatan tubuh dan meningkatkan stabilitas, kelas yoga yang lebih dinamis seperti Ashtanga yoga dapat menjawab keinginan yang kamu butuhkan. Ashtanga yoga memadukan tiga hal penting yaitu pernapasan,  peregangan dan penguatan otot. 

Setiap gerakan (asana) melibatkan peregangan dan kontraksi otot, yang secara bertahap bisa membangun kekuatan dan elastisitas otot. Beberapa gerakan (asana) dalam Ashtanga yoga, seperti chaturanga dandasana, melibatkan penopangan tubuh dengan menggunakan berat badan sendiri. 

Hal ini dapat membantu membangun kekuatan otot terutama di area inti (core). Inti (core) yang kuat merupakan fondasi penting untuk meraih stabilitas tubuh secara keseluruhan.

Body Goals : Meningkatkan Postur Tubuh

Jika tujuan kamu adalah memiliki postur tubuh yang lebih baik, tegak dan tidak bungkuk, kelas-kelas yang menekankan pada aspek alignment dan kesadaran tubuh, seperti Iyengar yoga, dapat membantu kamu mencapainya. 

Iyengar yoga dikenal mengajarkan kepekaan terhadap detail anatomi tubuh. Ini akan membantu kamu untuk memahami posisi tubuh dengan lebih baik. Sekaligus meningkatkan kesadaran akan bagaimana setiap gerakan memengaruhi postur tubuh kita. 

Kelas Iyengar yoga biasanya akan mengikuti urutan latihan yang terstruktur, dimulai dari gerakan (asana) sederhana dan meningkat ke gerakan (asana) yang lebih kompleks. 

Membantu kamu untuk secara bertahap meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh, serta memastikan postur yang benar dalam setiap gerakan. Yang pada akhirnya bisa membantu mengatasi masalah postur yang umum seperti punggung bungkuk.

Body Goals : Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Metabolisme

Jika tujuan kamu adalah menurunkan berat badan atau meningkatkan metabolisme tubuh, rutin mengikuti latihan pada kelas-kelas yoga yang lebih intens seperti Hot yoga dapat membantu kamu mewujudkan tujuan ini.

Hot yoga biasanya dilakukan dalam suhu ruangan yang tinggi (sekitar 95-100 derajat Fahrenheit atau sekitar 35-38 derajat Celsius). Suhu tinggi dalam ruangan hot yoga akan meningkatkan intensitas latihan dan membuat tubuh bekerja lebih keras. 

Perpaduan antara gerakan yoga yang intens, rangkaian posisi yang melibatkan sebagian besar otot tubuh dan suhu ruang yang tinggi akan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar selama sesi latihan.

Membuat denyut jantung meningkat dan membuka pembuluh darah. Dua hal yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme meningkat, tubuh menjadi lebih efisien dalam menggunakan lemak sebagai sumber energi. 

Meskipun hot yoga menawarkan potensi penurunan berat badan yang signifikan, hasilnya dapat bervariasi antara tiap individu. Hot yoga juga mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu. 

Body Goals : Membentuk Otot Tubuh Lebih Atletis

Jika tujuan kamu adalah membentuk otot dan mendapatkan tubuh yang lebih atletis, mengintegrasikan latihan yoga yang “lebih menuntut” secara fisik seperti Power yoga dapat membantu mencapai hasil tersebut.

Kelas Power yoga umumnya melibatkan gerakan yang dinamis dan serangkaian gerakan (asana) yang dilakukan dengan cepat dan berkesinambungan. Sehingga akan mengaktifkan banyak area otot secara bersamaan mulai dari otot inti, kaki dan tangan. 

Selain itu kelas Power yoga juga akan menitikberatkan latihan pada kelompok otot tertentu. Misalnya, beberapa sesi dapat lebih fokus pada penguatan otot di area upper body. Sementara sesi yang lain mungkin lebih menekankan pada penguatan otot di area lower body.

Sehingga seiring waktu, kamu dapat meningkatkan intensitas dan kesulitan gerakan, menciptakan tantangan yang terus berkembang untuk otot-otot tubuh.

Penting untuk diingat bahwa konsep "body goals" sangat bersifat subyektif karena persepsi tentang bentuk tubuh yang dianggap ideal dipengaruhi oleh beragam faktor. Mulai dari budaya, pendidikan dan lainnya. Jadi dapat bervariasi antara individu satu dengan lainnya. 

Beberapa orang mungkin menganggap tubuh atletis dan berotot sebagai body goals, sementara yang lain mungkin lebih fokus pada tubuh yang fleksibel tanpa memandang ukuran atau bentuk tertentu.

article

Artikel Terkait Lainnya