Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Panduan Makan Sehat Saat Lebaran

08 April 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

5. Panduan Makan Sehat Saat Lebaran

1. Jangan Lupa Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan Segar

2. Batasi Konsumsi Makanan Berlemak dan Berkalori Tinggi

3. Utamakan untuk Memilih Protein Sehat

4. Batasi Minuman Bersoda dan Minuman Manis

5. Perhatikan Porsi Makan

Sumber Referensi

Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang di Indonesia. Perayaan ini sering kali identik dengan berbagai hidangan lezat dan makanan khas yang menggugah selera. 

Namun, sering kali dalam kemeriahan perayaan, kita cenderung melupakan kesehatan dan keseimbangan nutrisi dari hidangan khas lebaran yang kita konsumsi. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap memperhatikan pola makan sehat, bahkan selama liburan Lebaran. 

Lewat artikel ini, yuk mari disimak panduan makan sehat seat Lebaran untuk membantu kamu menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Panduan Makan Sehat Saat Lebaran

Berikut panduannya, semoga bermanfaat.

1. Jangan Lupa Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan Segar

Sayuran dan buah-buahan segar adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Selama libur Lebaran, pastikan untuk mengonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan setiap hari. Kamu dapat menyajikan sayuran sebagai hidangan pelengkap seperti salad. Maupun buah-buahan sebagai camilan sehat atau pencuci mulut.

2. Batasi Konsumsi Makanan Berlemak dan Berkalori Tinggi

Penting untuk membatasi konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Hindari makanan yang digoreng dalam jumlah besar dan pilihlah metode memasak yang lebih sehat, seperti memanggang, merebus, atau mengukus. Kamu juga dapat mencoba versi yang lebih sehat dari hidangan tradisional dengan mengurangi jumlah minyak dan gula yang digunakan.

3. Utamakan untuk Memilih Protein Sehat

Protein adalah nutrisi penting yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Pilihlah sumber protein sehat seperti dari daging tanpa lemak, ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Hindari konsumsi daging berlemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

4. Batasi Minuman Bersoda dan Minuman Manis

Minuman bersoda dan minuman manis mengandung banyak gula tambahan yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan berkontribusi pada penambahan berat badan. Selama libur Lebaran, hindari konsumsi minuman bersoda dan minuman manis, dan pilihlah minuman sehat seperti air putih, air kelapa, atau jus buah tanpa tambahan gula.

5. Perhatikan Porsi Makan

Selama perayaan Lebaran, seringnya kita mudah tergoda untuk makan berlebihan. Namun, penting untuk memperhatikan porsi makan dan menghindari overeating. 

Cobalah untuk makan secara perlahan dan menyadari kapan kamu sudah merasa kenyang. Hindari mengisi piring terlalu penuh dan perhatikan isyarat tubuh yang mengindikasikan jika kamu sudah merasa cukup.

Terakhir, tetaplah bersyukur atas makanan yang kamu nikmati selama libur Lebaran dan nikmatilah dengan penuh kesadaran. 

Berhenti sejenak untuk menghargai aroma, rasa, dan tekstur makanan yang kamu makan. Makan dengan penuh kesadaran dapat membantu mengurangi kebiasaan makan berlebihan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Demikianlah 5 panduan makan sehat saat lebaran, diharapkan dengan mengikuti panduan makan sehat saat Lebaran, kamu dapat menjaga keseimbangan nutrisi tubuh dan tetap menikmati hidangan khas Lebaran tanpa mengorbankan kesehatan. 

Jika kamu masih bingung seputar hal ini, tak ada salahnya untuk mencari bantuan dari jasa ahli gizi. Sebab memang setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Dengan menggunakan jasa ahli gizi, kamu dapat menjalani evaluasi kebutuhan nutrisi secara akurat. 

Ahli gizi akan melakukan analisis terhadap kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan dengan mempertimbangakan beragam faktor mulai dari gaya hidup hingga preferensi makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.

Tak perlu bingung jika tak punya banyak waktu, kamu bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi secara online lewat aplikasi Kelas Fitness. 

Dengan akses yang mudah dan sesi konsultasi personal, kamu tak hanya menghemat biaya tapi juga waktu. Tertarik? Klik disini sekarang atau download aplikasi Kelas Fitness sekarang di App Store maupun Play Store, gratis.  

Sumber Referensi

dr Maizan Khairun Nissa. 2023. Wajib Dicoba, Begini Panduan Makan Sehat Saat Lebaran [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/tips-makan-sehat-lebaran/ diakses 8 April 2024)

Alvita Ghaisani. 2024. Tips Menjaga Pola Makan Sehat Saat Lebaran [online] (https://rsa.ugm.ac.id/2024/04/tips-menjaga-pola-makan-sehat-saat-lebaran/ diakses 8 April 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya