Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Pakai Cara Ini Kalau Kamu Mau Bakar Kalori Lebih Cepat

04 November 2021

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Jumping Jacks

2. Crunch

3. Squats

4. Burpees

5. Push up

Penerapan sosial distanding mengharuskan banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Ternyata hal tersebut turut memunculkan fenomena baru, kenaikan berat badan secara signifikan. Ini dikarenakan terbatasnya aktivitas fisik yang dilakukan, juga bisa berasal dari buruknya rutinitas sehari-hari. Misalnya selagi mengerjakan tugas kantor di rumah kamu kebablasan memesan camilan mulai dari keripik kentang, pizza, tahu isi, martabak telur hingga minuman manis seperti boba atau thai tea.

Camilan seperti di atas memang sangat memanjakan lidah namun berhati-hatilah karena itu bisa jadi bom waktu buat kesehatanmu. Apalagi jika konsumsi camilan tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang cukup. Berbagai penelitian menyarankan jika seseorang setidaknya perlu melakukan gerakan fisik selama 30 menit setiap harinya atau selama 150 menit per minggu.

Nah meskipun kamu menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Hal tersebut harusnya bukan halangan untuk bergerak. Meski dengan alat dan ruang sederhana, kamu harus tetap berolahraga. Selain untuk meningkatkan proses pembakaran lemak tubuh, berolahraga juga baik untuk meningkatkan imunitas, membuat tubuh jadi lebih sehat.

Sudah pada tau belum nih, ternyata ada olahraga yang sangat efektif membakar lemak lho! Simak dan praktikkan, yuk!

1. Jumping Jacks

Dilakukan untuk melatih kekuatan seluruh otot tubuh terutama bagian betis dan bahu. Meski tak memerlukan alat apapun, latihan ini dinilai efektif dalam membakar lemak. Gerakan melompat yang dilakukan secara berulang dalam tempo yang relatif cepat juga baik untuk meningkatkan ritme detak jantung (kebugaran kardiovaskular).

Untuk melakukannya kamu perlu, berdiri tegak lurus dengan posisi kaki rapat namun tidak menempel. Lalu rapatkan tangan kamu ke bawah pada sisi kanan dan kiri tubuh. Kemudian lompatkan kaki kamu ke samping kanan dan kiri hingga terbuka lebar. Secara serentak angkat tangan kamu ke atas kepala seperti bertepuk tangan. Setelahnya kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan di atas. Kamu bisa melakukannya dengan lima hingga 10 kali pengulangan.

2. Crunch

Dilakukan untuk menguatkan dan mengencangkan otot perut. Jika dilakukan secara konsisten, latihan ini bisa mewujudkan impian kamu memiliki perut ramping. Ini karena gerakan crunch yang hampir menyerupai sit-up juga melatih kelenturan dan keseimbangan tubuhmu.

Untuk melakukannya kamu perlu, berdiri dengan posisi tegak dan buka kaki selebar pinggul. Tundukkan badan hingga mencapai posisi 15 derajat dari posisi awal. Lalu letakkan kedua telapak tangan di belakang kepala. Angkat kaki kanan kemudian secara bersamaan putar tubuh dan kepala hingga siku tangan kiri menyentuh lutut kanan. Lakukan gerakan sebaliknya. Saat gerakan dilakukan pastikan untuk tetap fokus pada kontraksi otot perut. Kamu bisa melakukannya dengan lima hingga 10 kali pengulangan.

3. Squats

Dilakukan untuk melatih dan mengencangkan otot paha dan bokong. Saat melakukan squat, otot membakar lebih banyak lemak dalam tubuh. Jika dilakukan secara rutin dapat membuat lemak yang menumpuk pada pinggang dan perut terkikis sedikit demi sedikit. Peregangan otot yang kamu dapatkan dari melakukan squat juga akan membuat darah terpompa ke seluruh tubuh. Sirkulasi yang meningkat membuat kamu tidak perlu khawatir lagi dengan selulit di kulit.

Untuk melakukannya kamu perlu, berdirilah dengan posisi tegak dan buka kaki selebar pinggul. Genggam kedua tangan kamu lalu naikkan hingga ke bawah dagu agar keseimbanganmu terjaga. Turunkan badan dengan mendorong punggung ke belakang. Turunkan sampai pinggul lebih rendah dari lutut. Lalu angkat badan kamu kembali ke posisi awal. Pemula mungkin tidak cukup fleksibel melakukannya jadi lakukan secara perlahan. Tarik napas saat turun dan hembuskan saat naik. Kamu bisa melakukannya dengan lima hingga 10 kali pengulangan.

4. Burpees

Dilakukan untuk melatih kekuatan otot bokong, otot perut, otot dada dan meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Untuk melakukannya kamu perlu, berdiri tegak lurus dengan posisi kaki di buka selebar bahu. Lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala. Tekuk kedua lutut lalu turunkan tubuh dan letakkan telapak tangan di atas matras sebagai penyangga tubuh. Lompatlah ke belakang dengan kedua kaki secara bersamaan.

Pastikan tubuh membentuk garis lurus dari kepala sampai tumit dan biarkan kedua telapak tangan tetap menyentuh lantai. Tekan kuat kedua telapak tangan (mengangkat tubuh) Kemudian tekuk kedua lutut. Lompatlah ke depan hingga posisi tubuh kembali berdiri lali letakkan kembali kedua tangan di belakang kepala. Kamu bisa melakukannya dengan lima hingga 10 kali pengulangan.

5. Push up

Ada banyak manfaat dari melakukan push up, mulai dari memperkuat otot di sekitar sendi bahu hingga meningkatkan kesehatan jantung. Untuk melakukannya kamu perlu, mengambil posisi tengkurap di atas matras. Letakkan telapak tangan kamu lalu buka hingga selebar bahu. Angkat tubuh menggunakan lengan dan usahakan agar berat badan kamu tertopang oleh tangan dan pangkal jari kaki.

Pastikan pula posisi tubuh kamu membentuk garis lurus dari kepala hingga ke tumit. Sambil menarik napas turunkan tubuh hingga siku kamu membentuk sudut 90 derajat. Ulangi menurunkan dan mengangkat tubuh kamu. Setiap gerakan naik dan turun dihitung sebagai satu kali push up. Kamu bisa melakukannya dengan lima hingga 10 kali pengulangan.

Perlu di ingat apabila kondisi tubuh kamu belum cukup fit atau jarang berolahraga dalam waktu yang kama, lebih baik kamu memulainya dari olahraga ringan terlebih dahulu hingga mencapai kebugaran yang cukup. Imbangi dengan asupan makanan dan pola hidup sehat untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

article

Artikel Terkait Lainnya