Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Mitos-Mitos Seputar Vitamin C yang Sebaiknya Jangan Dipercaya

21 October 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mitos 1: Dosis Tinggi Selalu Lebih Baik

Mitos 2: Vitamin C Mencegah Semua Penyakit

Mitos 3: Vitamin C Mampu Mengobati Kanker

Mitos 4: Semua Suplemen Vitamin C Sama

Mitos 5: Membuat Rambut Lebih Cepat Panjang

Mitos 6 : Vitamin C Bisa Mencegah Penuaan

Sumber Referensi

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, telah lama dikenal sebagai nutrisi penting yang memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Namun, seiring dengan popularitasnya, muncul pula berbagai mitos seputar vitamin C yang sayangnya keliru dan tidak memiliki dasar ilmiah. 

Penting bagi kita untuk memahami fakta yang sebenarnya dari pada mempercayai klaim sepihak yang tidak terbukti. 

Agar tak salah mendapatkan informasi dan membahayakan kesehatan. Mari ketahui lebih detail apa saja mitos seputar vitamin C yang sebaiknya tidak perlu kamu percayai lewat artikel berikut. Semoga bermanfaat. 

Mitos 1: Dosis Tinggi Selalu Lebih Baik

Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi vitamn C dalam dosis tinggi dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar. Padahal tidak demikian sebab tubuh manusia memiliki batas toleransi terhadap vitamin C. Mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare dan mual. Penting untuk mengonsumsi vitamin C sesuai dengan kebutuhan energi harian masing-masing individu atau sesuai rekomendasi dokter.

Mitos 2: Vitamin C Mencegah Semua Penyakit

Vitamin C memang memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, mengklaim bahwa vitamin C dapat mencegah semua penyakit, adalah berlebihan dan tidak benar. Vitamin C hanya merupakan salah satu faktor dalam menjaga kesehatan. Terpenting adalah penerapan gaya hidup sehat serta pola makan seimbang yang tak boleh diabaikan.

Mitos 3: Vitamin C Mampu Mengobati Kanker

Beberapa orang percaya bahwa vitamin C memiliki kemampuan untuk mengobati kanker. Sayangnya, klaim ini tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat. Meskipun vitamin C penting dalam proses pemulihan tubuh. Mengandalkannya sebagai satu-satunya metode pengobatan kanker adalah tidak akurat dan berbahaya. Pengobatan kanker memerlukan pendekatan medis yang komprehensif.

Mitos 4: Semua Suplemen Vitamin C Sama

Ada kepercayaan bahwa semua suplemen vitamin C yang dijual di pasaran sama efektifnya. Padahal tidak demikian sebab kualitas dan bentuk vitamin C dalam suplemen dapat berbeda-beda. Penting untuk memilih suplemen vitamin C dari sumber terpercaya. Sebaiknya juga, periksa label produk untuk memastikan kandungannya sesuai dengan yang tertera.

Mitos 5: Membuat Rambut Lebih Cepat Panjang

Ada mitos bahwa vitamin C dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Sayangnya, ini tidak sepenuhnya benar. Vitamin C memang mendukung kesehatan kulit dan rambut, tetapi pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh berbagai factor. Mulai dari genetika hingga perawatan rambut yang kamu lakukan tiap harinya. Bukan sekedar hanya karena konsumsi vitamin C saja.

Mitos 6 : Vitamin C Bisa Mencegah Penuaan

Mengonsumsi vitamin C tidak akan menghentikan proses penuaan. Meskipun vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Penting untuk diingat bahwa penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dihindari. Lebih penting untuk menjaga gaya hidup sehat dan rutin menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar matahari memang diperlukan tubuh namun kamu pasti tahu jika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa berdampak buruk bagi kesehatannya.

Vitamin C memang berperan krusial dalam menjaga kesehatan, terutama dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. 

Namun, penting untuk tidak terjebak dalam mitos-mitos yang tidak akurat kebenarannya. 

Sebaiknya konsumsilah vitamin C dalam jumlah yang tepat, lengkapi pula dengan penerapan gaya hidup sehat. 

Klaim berlebihan maupun kepercayaan terhadap mitos yang tidak berdasar terkait vitamin C hanya akan menyebabkan persepsi yang salah dan membahayakan kesehatan.

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang vitamin C ataupun suplemen terkait. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter professional untuk mendapatkan saran terbaik.

Sumber Referensi

Tamara Anastasia. 2021. Mitos Seputar Vitamin C yang Tidak Perlu Dipercaya [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/mitos-seputar-vitamin-c-yang-tidak-perlu-dipercaya diakses 11 Agustus 2023)

Dia Rahma. 2023. Mengenal Jenis-Jenis Vitamin C Yang Sering Digunakan Dalam Skincare [online] (https://www.halodiarahma.com/2023/06/jenis-jenis-vitamin-c-dalam-skincare.html diakses 11 Agustus 2023) 

dr Verury Verona Handayani. 2020. Ini Bahayanya Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C [online] (https://www.halodoc.com/artikel/ini-bahayanya-terlalu-banyak-konsumsi-vitamin-c diakses 11 Agustus 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya