Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Menjelajahi Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

19 June 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Menangkal Radikal Bebas

Merawat Sistem Pencernaan

Mengurangi Risiko Kanker

Membantu Melindungi dari Penyakit Jantung

Memperkuat Tulang

Melawan Bakteri

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga Kadar Gula Darah

Menurunkan Kolesterol

Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Sumber Referensi

Bawang bombay merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang memiliki aroma khas. Sehingga membuat bawang bombay kerap kali digunakan sebagai pelengkap dan penyedap masakan.

Sama halnya bawang merah dan bawang putih, bawang bombay pun tumbuh di bawah tanah. Bawang yang memiliki kulit coklat keemasan itu mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, serat, garam, gula, vitamin B6, vitamin C, asam folat, kalium, dan beragam antioksidan alami.

Di samping itu, berkat kandungan nutrisi yang ada pada bawang bombay, membuatnya menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

1. Menangkal Radikal Bebas

Selain mengandung sejumlah vitamin yang telah disebutkan sebelumnya, bawang bombay juga memiliki kandungan banyak antioksidan dan senyawa antiradang.

Hal ini tentunya sangat penting bagi kesehatan lantaran antioksidan bisa menangkal radikal bebas berlebih yang bisa memicu kerusakan pada sel-sel sehat dan menyebabkan beragam penyakit. Kandungan antioksidan sendiri banyak ditemukan pada lapisan terluar bawang bombay.

2. Merawat Sistem Pencernaan

Selain memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, bawang bombay juga bisa menyehatkan sistem pencernaan. Pasalnya, bawang bombay juga merupakan sumber serat dan prebiotik yang baik untuk kelancaran buang air besar dan kesehatan usus secara menyeluruh.

Lalu, bawang bombay juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti B. cereus da S. aureus. Sehingga, dengan mengkonsumsi bawang bombay, bisa menekan risiko mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bawang bombay bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah bisa membantu menurunkan perkembangbiakan sel kanker dan menghambat pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan bawang bombay mengandung senyawa organosulfur.

4. Membantu Melindungi dari Penyakit Jantung

Selain bisa mengurangi risiko terkena kanker, bawang bombai juga memiliki kandungan quercetin yang merupakan salah satu senyawa flavonoid yang menawarkan banyak manfaat kesehatan jantung, terutama bagi orang yang mengalami obesitas dan sindrom metabolik.

Kemudian bawang bombay pun memiliki kemampuan untuk membantu mengencerkan darah, sehingga cukup membantu mencegah penggumpalan darah pemicu serangan jantung dan stroke.

5. Memperkuat Tulang

Antioksidan yang terkandung dalam bawang bombay selain bisa untuk membantu menangkal radikal juga dapat bisa  mengurangi risiko pengeroposan tulang dan osteoporosis yang sering terjadi seiring bertambahnya usia.

6. Melawan Bakteri

Selanjutnya, quercetin yang terkandung dalam bawang bombay disebut juga memiliki sifat antibakteri. Dengan mengkonsumsi bawang atau makanan dengan kandungan bawang bombai dengan porsi yang tepat, bisa membantu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi E.coli, infeksi Staph hingga sakit maag.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adapun kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada pada bawang bombay juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Termasuk membantu melindungi dari berbagai serangan virus dan bakteri, diantaranya virus Corona.

8. Menjaga Kadar Gula Darah

Mengonsumsi bawang bombay secara teratur dalam dosis yang tepat diyakini juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes atau pradiabetes.

9. Menurunkan Kolesterol

Selain bisa membantu mengontrol kadar gula darah, bawang bombay juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena quercetin dalam bawang bombay bisa membantu mengurangi low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat.

10. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Bawang bombay juga diyakini mengandung senyawa belerang yang bisa membantu mencegah peradangan pembuluh darah, menghambat penggumpalan trombosit dalam darah, dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat.

Perlu diketahui bahwa oksida nitrat merupakan vasodilator yang berfungsi guna melemaskan otot-otot bagian dalam pembuluh darah sehingga melebar. Dengan begitu, oksida nitrat bisa membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, bawang bombay memiliki manfaat untuk membantu melindungi tubuh dari penyakit aterosklerosis, yakni penyakit arteri yang ditandai dengan pengendapan plak berlemak di dinding bagian dalam.

Sumber Referensi

Ariska Puspita Anggraini. 2023. 6 Manfaat Bawang Bombai yang Sayang Dilewatkan [online] (https://health.kompas.com/read/2023/05/31/160000668/6-manfaat-bawang-bombai-yang-sayang-dilewatkan?page=2 diakses pada 11 Juni 2023)

dr. Meva Nareza. 2020. 5 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan (https://www.alodokter.com/5-manfaat-bawang-bombay-untuk-kesehatan diakses pada 11 Juni 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya