Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Mengenal Sariawan (Gejala, Penyebab dan Pengobatan)

09 January 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Penyebab Sariawan

Infeksi virus atau bakteri

Kekurangan nutrisi seperti vitamin B, zat besi dan asam folat

Reaksi terhadap obat-obatan

Stres

Alergi

Penyakit kronis

Merokok dan terlalu sering minum alkohol

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

1. Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi dengan Benar

2. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

3. Menggunakan Obat Kumur

4. Menggunakan Obat Sariawan

5. Mengoleskan Madu

Kapan Harus Ke Dokter Ketika Sariawan

Sumber Referensi

Canker Sores (Aphthous Ulcers Atau Recurrent Aphthous Stomatitis) atau lebih dikenal masyarakat umum sebagai sariawan merupakan masalah kesehatan yang tidak berbahaya dan sering dialami masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun efeknya cukup mengganggu kegiatan sehari-hari.

Sariawan dapat muncul di mana saja mulai dari dalam mulut, gusi, bagian dalam bibir dan pipi bahkan hingga langit-langit mulut. Rasa nyerinya inilah yang bisa menyebabkan sulit makan, sulit berbicara, bahkan sulit tidur dan menyulitkan kamu berkeseharian.

Sariawan biasanya berwarna merah atau putih, dan dapat menyebabkan rasa sakit atau terbakar di area yang terkena dan dapat sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun, dalam beberapa kasus, sariawan dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti diabetes, amandel hingga kemungkinan adanya infeksi yang tidak terdeteksi.

Penyebab Sariawan

Sariawan dapat terjadi karena berbagai penyebab, diantaranya:

Infeksi virus atau bakteri seperti herpes simpleks atau infeksi bakteri seperti streptokokus.

Kekurangan nutrisi seperti vitamin B, zat besi dan asam folat dapat mempengaruhi kondisi mulut dan menyebabkan sariawan.

Reaksi terhadap obat-obatan karena beberapa obat-obatan seperti antibiotik atau obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan sariawan sebagai efek samping.

Stres maupun kelelahan juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sariawan.

Alergi terhadap makanan atau produk perawatan mulut seperti pemutih gigi dapat menyebabkan sariawan.

Penyakit kronis seperti diabetes akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan bisa berpotensi menyebabkan sariawan.

Merokok dan terlalu sering minum alkohol terlalu sering juga dapat merusak lapisan dalam mulut yang bisa menyebabkan sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengobati sariawan:

1. Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi dengan Benar

Menjaga kebersihan mulut dapat membantu mencegah terjadinya sariawan dan mempercepat proses penyembuhan. Gunakan sikat gigi yang lembut dan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membersihkan gigi dan gusi secara teratur.

2. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Vitamin C dapat membantu mengobati sariawan karena memiliki sifat antiinflamasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan protein penting dalam memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada mulut.

3. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur yang mengandung antiseptik seperti povidon iodine atau chlorhexidine akan membantu mengurangi infeksi dan mencegah timbulnya sariawan baru.

4. Menggunakan Obat Sariawan

Kamu bisa membelinya di apotek dan biasanya bentuk obat sariwan tersebut seperti gel atau lozenges yang mengandung benzocaine atau dyclonine. Obat ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan menghilangkan rasa tidak nyaman pada mulut.

5. Mengoleskan Madu

Madu memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi infeksi pada mulut dan menghilangkan rasa tidak nyaman. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan madu pada area yang terkena sariawan sebanyak 2-3 kali sehari.

Kapan Harus Ke Dokter Ketika Sariawan

Sebaiknya pergi ke dokter atau ahli bedah mulut jika kamu mengalami sariawan yang terus muncul atau berlangsung lama meski sudah menggunakan obat. Atau jika sariawan disertai dengan gejala lain seperti demam, nyeri tenggorokan hingga ruam di kulit.

Hal ini dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius yang perlu segera diatasi. Selain itu, pergi ke dokter juga dapat bermanfaat jika Anda tidak tahu penyebab sariawan yang Anda alami atau tidak tahu cara mengatasinya.

Dokter atau ahli bedah mulut dapat memberikan diagnosis yang tepat dan menyarankan obat atau terapi yang sesuai untuk mengatasi sariawan.

Sumber Referensi


dr Fadhli Rizal Makarim. 2022. Sariawan [online] (https://www.halodoc.com/kesehatan/sariawan di akses 5 Januari 2023)
dr Pittara. 2022. Sariawan [online] (https://www.alodokter.com/sariawan di akses 5 Januari 2023)

Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2016. Stomatitis (Sariawan) pada Anak [online] (https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/stomatitis-sariawan-pada-anak#:~:text=STOMATITIS%20sering%20dikenal%20sebagai%20sariawan,%2C%20bibir%20atas%2C%20dan%20lidah di akses 5 Januari 2023)

Tanya Pepsodent. 2022. Apa Itu Canker Sores dan 4 Cara Mengobati Sariawan [online] (https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/kesehatan-gusi-dan-mulut/apa-itu-canker-sore-dan-empat-cara-mengobati-sariawan.html di akses 5 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya