Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Mengenal Demam Berdarah (Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan)

29 May 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Faktor Terjadinya Risiko Demam Berdarah

Penyebab Demam Berdarah

Gejala Demam Berdarah

Pengobatan Demam Berdarah

Tindakan Pencegahan Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu penyakit yang dapat ditularkan oleh nyamuk. Penyakit ini biasanya terjadi di daerah tropis serta subtropis yang ada di dunia. 

Demam berdarah terbagi atas dua, yaitu pertama, demam berdarah ringan biasanya menyebabkan demam yang tinggi serta gejala seperti flu. Kedua, demam berdarah yang parah tentunya dapat menyebabkan tiba-tiba tekanan darah menurun, pendarahan serius, hingga kematian.

Sampai saat ini, sudah ada jutaan kasus infeksi demam berdarah dengue yang terjadi di seluruh dunia. Demam berdarah sebenarnya sangat sering terjadi di Asia Tenggara, baik itu pulau Pasifik barat, Afrika, maupun Amerika Latin. 

Namun, saat ini penyakit demam berdarah telah banyak menyebar ke daerah yang baru, khususnya wabah lokal seperti Eropa serta bagian selatan Amerika Serikat.

Oleh karena itu, para peneliti kini sedang berupaya untuk membuat vaksin khusus demam berdarah. Namun, cara terbaik untuk bisa mencegah infeksi ini yaitu menghindari gigitan nyamuk serta mengurangi populasi nyamuk.

Faktor Terjadinya Risiko Demam Berdarah

Di bawah ini sudah ada beberapa faktor terjadinya risiko demam berdarah yang bisa kamu ketahui:

  • Orang yang sudah pernah tinggal atau bepergian di daerah tropis. Hal ini karena daerah tropis dan subtropis dapat meningkatkan risiko terkena virus penyakit ini. Khususnya, untuk daerah yang berisiko tinggi termasuk pulau Pasifik barat, Amerika Latin, Asia Tenggara, serta Afrika.
  • Orang yang sudah pernah mengidap demam berdarah di masa lalu.

Penyebab Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah ini biasanya disebabkan oleh satu dari empat jenis virus dengue lainnya yang berbahaya. Jadi kamu tidak akan terkena penyakit ini jika berada di sekitar orang yang telah terinfeksi Demam berdarah.

Sebab penyakit ini hanya ditularkan melalui gigitan nyamuk saja. Hanya ada dua nyamuk yang bisa menularkan virus ini yaitu Aedes albopictus dan Aedes aegypti.

Dua jenis nyamuk ini biasanya dapat ditemukan baik di dalam ataupun di sekitar pemukiman warga. Jadi pada saat nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi virus dengue, maka virus tersebut akan langsung masuk ke dalam nyamuk. 

Kemudian, pada saat nyamuk telah terinfeksi menggigit orang lain, maka virus tersebut akan memasuki aliran darah. Namun, setelah seseorang sembuh dari penyakit ini, maka akan memiliki kekebalan tubuh dalam jangka panjang, tapi tidak dengan tiga jenis virus demam berdarah lainnya. 

Gejala Demam Berdarah

Banyak sekali orang yang mengidap demam berdarah, tapi tidak mengalami tanda atau gejala. Ketika gejala sudah benar-benar terjadi, banyak disalah artikan sebagai penyakit lain, seperti flu. 

Biasanya gejala demam berdarah ini akan langsung muncul mulai dari empat hingga 10 hari setelah digigit nyamuk. Penyakit ini juga bisa menyebabkan demam yang tinggi hingga 40 derajat Celcius. Selain itu, sudah ada beberapa gejala lainnya, seperti 

  • Sakit kepala, kelenjar bengkak, dan ruam;
  • Nyeri otot, tulang atau sendi;
  • Mual dan muntah;
  • Sakit di belakang mata.

Pengobatan Demam Berdarah

Sayangnya sampai saat ini  belum pengobatan khusus yang dapat menyebabkan demam berdarah sembuh. Saat pulih, kamu diharuskan untuk minum banyak cairan. Namun, ada obat yang dijual bebas seperti acetaminophen untuk membantu mengurangi nyeri otot serta demam.

Jika kamu mengalami demam berdarah yang parah, maka perlu tindakan di bawah ini:

  • Perawatan suportif di rumah sakit terdekat;
  • Penggantian cairan dan elektrolit intravena (IV);
  • Pemantauan tekanan darah pada tubuh;
  • Transfusi darah untuk menggantikan kehilangan darah pada tubuh.

Tindakan Pencegahan Demam Berdarah

Apabila saat ini kamu tinggal atau bepergian ke daerah yang sudah terkena penyakit demam berdarah, maka tips di bawah ini bisa dilakukan.

  • Gunakanlah AC atau kelambu yang dipasang di ventilasi serta tempat tidur.
  • Gunakanlah pakaian pelindung saat pergi ke daerah yang dipenuhi oleh nyamuk. Usahakan gunakan baju lengan panjang, celana panjang, kaos kaki, serta sepatu.
  • Gunakanlah obat nyamuk seperti permetrin karena dapat langsung diaplikasikan pada sepatu, pakaian, perlengkapan berkemah, serta kelambu. Kamu juga bisa membeli pakaian yang telah dibuat dengan permetrin.
  • Kurangi habitat nyamuk dengan menutup genangan air yang kotor.

Sementara itu, di bawah ini ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk pasien demam berdarah agar cepat pulih.

Buah Jeruk

Buah jeruk dipercaya mengandung vitamin C, yang dapat menambah antibodi dalam tubuh. Jadi tubuh bisa melakukan pemulihan lebih cepat, dan meningkatkan kesehatan pencernaan bagi pengidap demam berdarah.

Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan  protein, karbohidrat, zat besi, vitamin, kalsium serta fosfor yang mampu membantu trombosit dalam darah semakin naik.

Agar-Agar

Makanan lainnya adalah agar-agar karena terbuat dari rumput laut. Rumput laut biasanya sudah mengandung mineral, vitamin serta serat tinggi yang dapat menyehatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. 

Apalagi pengidap demam berdarah, cenderung kesulitan ketika buang air besar. Hal ini karena keseimbangan tubuhnya sedang terganggu. Oleh karena itu, pengidap demam berdarah, diwajibkan untuk mengkonsumsi agar-agar secukupnya.

Nah, itu saja beberapa penjelasan mengenai penyakit demam berdarah. Diharapkan kamu selalu stay healthy ya dimanapun berada!

Sumber Referensi

dr Rizal Fadli. 2022. Demam Berdarah [online] (https://www.halodoc.com/kesehatan/demam-berdarah diakses 26 Mei 2023)

dr. Pittara. 2023. Demam Berdarah [online] (https://www.alodokter.com/demam-berdarah diakses 26 mei 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya