Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Mengenal Yoga dan Meditasi di Berastagi Lewat Komunitas Ananda Marga

24 February 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

mengikuti yoga di Komunitas Ananda Marga Berastagi

dibekali ilmu seputar pola hidup sehat

Ms Abie : Yoga Is My Everything

Sedari awal, Yoga Ananda Marga memang konsisten menjadi wadah bagi siapa saja yang tertarik dengan yoga dan meditasi. Tentunya ini menjadi angin segar sejalan dengan makin populernya yoga. 

Melakukan yoga secara rutin terbukti bagus tak hanya untuk kesehatan fisik saja tapi juga mental. Yoga akan membantu fikiran jadi tenang dan membuat tubuh terasa lebih bugar.

Perkembangan yoga yang cukup populer saat ini membuat siapa saja yang tertarik bisa belajar maupun berbagi ilmu dengan lebih mudah. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Yoga Ananda Marga Medan mendirikan Komunitas Yoga Ananda Marga di Berastagi, Sumatera Utara.

Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengunjungi dan berbincang langsung dengan penanggung jawab Komunitas Yoga Ananda Marga Berastagi, Miss Abie di Greenkids School. Tepatnya di Komplek Resto Jalan Gundaling Nomor 1 Panorama Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara, 22152.

Selain membagikan pengalamannya saat pertama kali memulai latihan yoga, Miss Abie juga bercerita seputar proses terbentuknya Komunitas Yoga Ananda Marga Berastagi ini.

Sedari awal, Ms Abie memang gemar berolahraga untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. Ia menyukai olahraga lari dan mengaku sedikit terlambat belajar yoga.

“Ikut yoga sudah agak terlambat sekitar tahun 2004. Awalnya saya dulu itu pelari. Walaupun bukan pelari yang ahli tapi setiap minggu saya rutin. Wah kalau di ingat-ingat pertama kali coba yoga awalnya lucu juga. Saat itu saya memang bener-benar buta dengan yoga. Bayangkan orang bisa tekuk lutut saya gak bisa. Tetapi itulah istimewanya yoga, sedari awal coba, entah mengapa tubuh saya sudah bisa merasakan manfaatnya. Badan rasanya lebih baik, terasa bugar aja gitu,” ceritanya.

Yoga berhasil membuat Ms Abie jatuh cinta meski baru pertama kali mencoba. Itu juga yang membuatnya tetap semangat berbagi ilmu hingga kini. “Menurut saya yoga itu sesuatu yang baik khususnya untuk kesehatan. Kenapa harus disimpan sendiri. Yoga itu hak semua orang karena semua orang berhak sehat. Jadi siapa saja punya kesempatan yang sama untuk belajar,” katanya.

Untuk mengikuti yoga di Komunitas Ananda Marga Berastagi, kamu cukup berdonasi sebesar Rp.200.000 saja perbulan untuk 8 kali pertemuan. Yoga akan di laksanakan setiap Senin dan Rabu dari pukul 16.00 sd 18.00 WIB di Vihara Budha Berastagi.

Namun jika tidak bisa berdonasi, Komunitas Ananda Marga Berastagi tak mempermasalahkannya. Kamu tetap bisa berlatih yoga disini.

Suasana latihannya juga nyaman dan biasanya sebelum kelas yoga dimulai, akan dilakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan latihan pernafasan sederhana (diaphragm breathing). Setelah itu barulah masuk ke asana dan pemijatan.

Asana yang dipraktekkan juga cenderung lembut dan santai. Namun ini bukan jenis Hatha Yoga melainkan Rajadhiraja Yoga. Bedanya, Rajadhiraja Yoga hanya memiliki 42 asana dan dipraktekkan dalam kecepatan yang relatif lambat.

Selain itu tiap asana akan diulang beberapa kali dengan cara yang sistematis. Pengulangan ini bertujuan untuk merangsang fungsi organ-organ internal dan sistem saraf sekaligus menyeimbangkan sekresi hormon. 

Keduanya bagus untuk menciptakan suasana hati dan pikiran yang damai.

Selanjutnya adalah relaksasi atau corpse pose (Savasana). Fungsinya tentu untuk membuat setiap bagian tubuh betul-betul total beristirahat usai melakukan asana. 

Latihan akan di tutup lewat meditasi universal dengan mantra "Baba Nam Kevalam" yang kadang kala dipraktikkan sembari memainkan alat-alat musik seperti gendang atau gitar.

Kamu pun juga akan dibekali ilmu seputar pola hidup sehat, tuntunan hidup yang bukan hanya bisa menjaga keharmonisan dengan diri sendiri saja. Namun juga keharmonisan dengan lingkungan dan orang lain disekitar, yang disebut Yama dan Niyama.

"Murid juga akan dibekali dengan pedoman hidup untuk bahagia lewat tehnik meditasi. Ada 6 tahapan meditasi yang merupakan praktek dari Rajadhiraja Yoga yang akan di pelajari. Nah, istimewanya teknik meditasi Rajadhiraja Yoga ini akan diajarkan langsung oleh Dada/Didi secara personal. "Ini bertujuan agar manfaatnya bisa maksimal dirasakan murid dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Ms Abie : Yoga Is My Everything

Sejak saat itu, ia rutin berlatih hingga sekitar tahun 2010 muncul keinginan untuk mengajarkan yoga di tanah kelahirannya, Kabanjahe. Ms Abie yang memang banyak menghabiskan waktu di Medan, akhirnya mengutarakan keinginan tersebut kepada penanggungjawab Yoga Ananda Marga Medan saat itu.

“Nah, saya lahir di Kabanjahe jadi memang asli dari sini. Sekitar tahun 2010 itu gak tau gimana tiba-tiba ada keinginan untuk balik kesini. Saya ingin mengenalkan yoga yang pada tahun itu, masyarakat disini memang buta yoga. Tidak ada konsep tentang yoga atau pun mengenal yoga itu apa. Bahkan di awal beberapa mengira yoga itu nama orang,” kenangnya.

Lalu komunitas mulai didirikan step by step dan mengingat Ananda Marga merupakan organisasi sosial dan spiritual dengan motto Realisasi Diri dan Pelayanan Kemanusiaan. 

Khusus Komunitas Yoga Ananda Marga Bera Stagi, pelayanan sosialnya direalisasikan lewat pengadaan Greenkids School, kursus bahasa inggris untuk anak-anak di sekitar lokasi.

“Awalnya saya juga ada kekhawatiran bisa nggak ya. Lalu perlahan beberapa mulai tertarik. Tidak banyak hanya dua atau tiga orang di gelombang pertama itu. Selang beberapa waktu, ada teman dari Kabanjahe minta mau belajar. Kami buka kelas percobaan dan ternyata banyak yang datang. Saya senang sekali namun karena yang ikut banyak dan tempat kita disini kecil. Akhirnya diputuskan kita mengajar kesana. Ada saya lakukan ini selama setahun lebih karena memang di Kabanjahe peminatnya lebih banyak dari disini, Berastagi sendiri," ceritanya.

Perlahan tapi pasti mulai banyak orang di daerah Berastagi mengenal tentang yoga. Permintaan untuk belajar meningkat. Termasuk permintaan mengajar dari Taman Simalem Resort. 

Akhirnya karena banyak yang minta juga untuk yoga disini, diperbantukan pengajar dari Medan. Langsung oleh Didi Ananda Subhada mengajar disini, seminggu sekali.

Yoga adalah segalanya untuk Ms Abie. Yoga is my everything. 

“Kalau yang berkaitan dengan yoga, saya akan terlibat 100 persen. Tanpa di bayar juga gak masalah. Asal bilang ada yoga saja. Awal mengenalkan yoga anada marga itu kan tidak langsung di terima, mengingat daerah Berastagi ini belum ada masyarakatnya yang mengenal yoga, butuh waktu dulu. Tetapi setelah merasakan manfaatnya, malah mereka yang lebih bersemangat dari saya,” kenangnya.

Namun pelayanan sosial yang direalisasikan lewat pengadaan kursus bahasa inggris untuk anak-anak tidak berlangsung lama. 

Saat ini Greenkids School tidak lagi memiliki program belajar Bahasa Inggris. Ada tiga program lain yaitu sempoa SIP, baca tulis SIP dan colouring class.

“Semua kelas di Greenkids cocok untuk anak usia sekitar 4 sd 12 tahun. Kita juga memperhatikan dan mengajarkan pendidikan moral dan etika ke mereka. Itulah mengapa juga rutin setiap tahunnya diadakan bakti sosial atau kunjungan ke panti asuhan,” jelasnya.

Ia berharap lewat Komunitas Yoga Ananda Marga Berastagi semakin banyak orang bukan hanya berlatih yoga dan bukan sekedar merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Namun juga meningkatkan rasa peduli dan kasih sayang kepada orang lain.

"Yoga adalah salah satu sistem perawatan kesehatan yang berfokus pada tubuh, pikiran, dan jiwa. Praktek yoga membantu kita untuk mencapai kesatuan jiwa, raga, dan pikiran. Sehingga kita dapat berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan secara sadar lewat sikap positif," katanya.

Nah, jika kamu tertarik untuk melakukan reservasi, berdonasi atau sekedar melihat update kegiatan sosialnya. Kamu bisa mengunjungi Instagram Yoga Ananda Marga di akun @anandamarga_medan.

article

Artikel Terkait Lainnya