Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Mengenal 7 Manfaat Yoga Side Bending Untuk Tubuh

05 December 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Melakukan Yoga Side Bending

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

2. Penguatan Otot Inti

3. Mengurangi Ketegangan pada Punggung

4. Meningkatkan Keseimbangan (Balancing)

5. Meningkatkan Fungsi Pernapasan dan Sirkulasi Darah

6. Meningkatkan Koneksi Antara Tubuh dan Pikiran

7. Merawat Postur Tubuh

Penting untuk diingat

Sumber Referensi

Side Bend dalam konteks latihan yoga merujuk pada gerakan atau pose yang akan membuat Kamu melengkungkan tubuh ke samping atau melakukan peregangan di sepanjang sisi samping tubuh. 

Gerakan ini dirancang untuk memperpanjang otot-otot di area samping tubuh sekaligus membuka  otot di area interkostal (di antara tulang rusuk).

Gerakan "side bend" dapat dilakukan dalam berbagai pose yoga dan dapat disesuaikan dengan tingkat kemahiran tubuh masing-masing. 

Manfaat Melakukan Yoga Side Bending

Berikut adalah beberapa manfaat utama melakukan gerakan yoga side bending secara rutin.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Gerakan side bending akan membantu meregangkan otot-otot di sisi samping tubuh. Termasuk punggung, pinggang dan pinggul. Ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak di sisi tubuh yang diregangkan.

2. Penguatan Otot Inti

Gerakan side bending dalam yoga juga akan melibatkan otot-otot inti saat melakukannya seperti otot perut dan punggung bagian bawah. Ini dapat membantu memperkuat inti tubuh, yang penting untuk menjaga postur yang baik.

3. Mengurangi Ketegangan pada Punggung

Peregangan pada sisi samping tubuh juga dapat membantu mengurangi ketegangan pada punggung, terutama area punggung bagian bawah. Hal ini dapat membantu meredakan rasa sakit punggung dan meningkatkan kenyamanan postur tubuh.

4. Meningkatkan Keseimbangan (Balancing)

Melakukan yoga side bending juga akan melibatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Jika dilakukan secara rutin maka bisa membantu meningkatkan keterampilan keseimbangan (balancing), yang tentu akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan aktivitas fisik lainnya.

5. Meningkatkan Fungsi Pernapasan dan Sirkulasi Darah

Gerakan side bending juga dapat membantu memperbaiki pola pernapasan. Saat melakukan gerakan side bending, Kamu akan dilatih untuk fokus pada pernapasan yang lebih dalam dan terkontrol. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, dapat membantu meningkatkan kapasitas fungsi paru-paru sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah.

6. Meningkatkan Koneksi Antara Tubuh dan Pikiran

Melakukan yoga side bending juga akan melatih kesadaran tubuh, di mana ketika melakukannya maka Kamu harus fokus pada gerakan dan ritme pernapasan. Ini akan membantu meningkatkan koneksi antara tubuh dan pikiran. Sehingga Kamu akan lebih terlatih dalam hal fokus dan konsentrasi.

7. Merawat Postur Tubuh

Saat melakukan gerakan yoga side bending maka Kamu akan melibatkan otot inti dan otot di area punggung. Jika dilakukan secara konsisten, ini juga dapat membantu merawat postur tubuh secara keseluruhan. Dari postur yang mungkin bungkuk, terasa jadi lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang akan merasakan manfaat yang sama ketika melakukan gerakan yoga side bending. Beberapa mungkin tidak akan merasakan manfaat yang signifikan. Jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri.

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter professional sebelum mencoba melakukan yoga.

Sumber Referensi

Every Day Yoga. 2023. Yoga Side-bending Poses for Beginners [Online] (https://www.everydayyoga.com/blogs/guides/yoga-side-bending-poses-for-beginners diakses 30 November 2023)

Mattie Schuler. 2023. Feel Your Best With Standing Side Bend Pose [Online] (https://www.beachbodyondemand.com/blog/standing-side-bend diakses 30 November 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya