Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Mencegah Nyeri Punggung

07 August 2021

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Jenis-Jenis Nyeri Punggung

Siapa Saja Yang Rentan Nyeri Punggung?

Ayo Aktif!

Mencegah Cedera

Kebiasaan Sehat

KESIMPULAN

Jenis-Jenis Nyeri Punggung

Nyeri punggung dapat merupakan nyeri akut (yang terjadi dalam jangka waktu pendek) maupun kronik (yang terjadi dalam jangka waktu panjang). Nyeri tersebut dapat dirasakan seperti nyeri yang tiba-tiba, bisa terasa tajam maupun tumpul, dan berlangsung secara konstan.

Nyeri punggung akut dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Umumnya, nyeri punggung disebabkan oleh kecelakaan, jatuh, atau mengangkat beban yang terlalu berat. Namun, nyeri punggung akut biasanya dapat membaik dengan sendirinya, walaupun tanpa pengobatan. Tetapi mungkin juga ada saat-saat dimana Anda memerlukan perawatan medis.

Nyeri punggung kronik dapat berlangsung lebih dari 3 bulan lamanya. Walaupun jarang terjadi dibandingkan nyeri punggung akut, kebanyakan nyeri punggung kronik dapat diobati tanpa operasi.

Siapa Saja Yang Rentan Nyeri Punggung?

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami nyeri punggung, karena nyeri ini merupakan masalah medis yang paling umum. Anda mungkin saja lebih rentan mengalami nyeri punggung seiring dengan bertambahnya usia.

Banyak orang mengalami cedera punggung saat mengangkat, mendorong, atau menarik sesuatu yang terlalu berat. Anda mungkin berisiko mengalami nyeri punggung jika Anda sedang dalam salah satu kondisi dibawah ini:

  • Sedang hamil
  • Memiliki postur tubuh yang buruk (tidak berdiri dan duduk dengan tegak)
  • Jarang beraktivitas fisik
  • Memiliki riwayat jatuh atau pernah mengalami kecelakaan
  • Memiliki masalah kesehatan yang dapat menyebabkan nyeri punggung (seperti radang sendi atau kanker)
  • Merokok

Ayo Aktif!

Mencegah lebih baik baik daripada mengobatinya. Beberapa aktivitas fisik yang dapat memperkuat punggung dan mengurangi risiko nyeri punggung adalah sebagai berikut:

  • Lakukan latihan penguatan dan peregangan punggung setidaknya dua kali dalam seminggu.
  • Cobalah kelas yoga. Yoga dapat membantu meregangkan dan memperkuat otot serta memperbaiki postur tubuh Anda.
  • Tetap aktif. Aktifitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga otot punggung tetap kuat. Lakukan aktivitas aerobik dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit dalam seminggu.

Jika Anda memiliki cedera, kondisi kesehatan, atau kecacatan, konsultasikan langsung kepada dokter atau perawat Anda jenis aktivitas mana yang paling baik untuk Anda.

Mencegah Cedera

Fokus pada postur tubuh yang baik

Fokus pada postur tubuh yang baik, karena hal ini dapat membantu mencegah nyeri punggung.

  • Usahakan untuk tidak membungkuk saat berdiri atau duduk.
  • Duduk tegak dengan punggung bersandar pada sandaran kursi dan kedua telapak kaki rata di lantai - jika memungkinkan, posisikan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda.
  • Berdiri tegak dengan kepala tegak dan bahu membelakang.
  • Jika bisa, ganti posisi Anda antara berdiri dan duduk agar Anda tidak berada dalam posisi yang sama terlalu lama.

Angkat dengan benar

Angkat barang dengan menggunakan kekuatan kaki Anda, bukan punggung Anda. Jaga punggung tetap lurus dan tekuk lutut atau pinggul. Mintalah bantuan seseorang jika beban yang ingin Anda angkat terlalu berat untuk diangkat sendiri.

Mencegah cedera punggung di tempat kerja

Cedera punggung adalah jenis cedera di tempat kerja yang paling umum. Memahami keamaan dan keselamatan kerja dapat membantu Anda mencegah cedera.

Kebiasaan Sehat

Perhatikan berat badan Anda

Menjaga berat badan yang sehat menurunkan risiko nyeri punggung. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dapat mengurangi ketegangan pada punggung Anda.

Dapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup

Mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup dapat membantu menjaga tulang Anda kuat dan mencegah osteoporosis. Osteoporosis membuat tulang Anda lebih lemah dan lebih rentan untuk mengalami fraktur (patah tulang). Fraktur tulang belakang akibat osteoporosis adalah penyebab utama nyeri punggung yang paling sering. Konsultasikan langsung kepada dokter Anda cara untuk mencegah osteoporosis.

KESIMPULAN

Cara terbaik untuk mencegah nyeri punggung atau yang dikenal sebagai back pain adalah dengan meningkatkan kekuatan otot punggung. Ikuti langkah dibawah ini untuk melindungi punggung Anda dan mencegah nyeri punggung:

  • Lakukan latihan penguatan dan peregangan punggung setidaknya dua kali dalam seminggu.
  • Berdiri dan duduk dalam posisi yang tegak.
  • Hindari mengangkat beban berat. Jika Anda diharuskan untuk mengangkat beban berat, lakukan dengan menekuk lutut dan jaga agar postur punggung Anda tetap lurus. Melalui cara ini, otot kaki Anda diharapkan dapat melakukan sebagian besar pekerjaan mengangkat beban tersebut.
  • Rajinlah beraktivitas dan makan makanan yang sehat. Kelebihan berat badan dapat membuat punggung Anda tegang. Dengan melakukan aktivitas fisik secara aktif, teratur, dan makan makanan yang sehat, hal ini dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat.
article

Artikel Terkait Lainnya