Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

Mau Mencoba Iyengar Yoga? Di Kamalini Yoga Studio Tempatnya

20 July 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Latihan Pakai Banyak Properti dengan Guru Berdedikasi Tinggi

Yoga Adalah Kesatuan Jiwa, Raga Dan Pikiran

Manfaat yoga untuk kesehatan memang tak perlu diragukan. Pelaksanaannya yang menyatukan antara gerakan tubuh, konsentrasi dan pernafasan disukai karena bisa sekaligus dijadikan sebagai ajang relaksasi diri. Khususnya untuk memperbaiki suasana hati dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Biasanya pemula sering dianjurkan untuk mulai dengan mengikuti kelas Hatha Yoga. Selain lembut, gerakan dalam kelas hatha yoga juga cenderung santai jadi mudah diikuti. Namun kamu juga bisa memulainya dengan mengikuti kelas Iyengar Yoga. Ini karena gerakan-gerakan dalam yoga Iyengar tidak dinamis dan intens. Kamu juga akan menggunakan banyak alat (property) untuk membantu memaksimalkan tiap asana (gerakan). Sehingga semua orang relatif bisa mengikutinya.

Nggak percaya? Coba deh berkunjung ke Kamalini Yoga Studio dan buktikan sendiri. Lokasinya berada di Jalan H Misbah Komplek Multatuli Indah Blok A Nomor 26.

Namun jika belum pernah ke sini, bisa jadi kamu akan melewatkan tempat ini. Kamu perlu memperhatikan plang nama dengan lebih seksama. Sebab studio yoganya berada di lantai dua, satu bangunan dengan Earth Bake Café.

Uniknya untuk menemukan Earth Bake Café di Komplek Multatuli Indah terbilang cukup mudah. Ini karena dari luar kafe terpampang Wall-Art yang unik sekali. Perpaduan antara astronot dan jendela kecil hitam ala penjara, dijamin akan menarik perhatianmu atau siapa saja yang melintas di depannya.

Barulah setelah naik ke lantai atas, kamu akan menjumpai ruangan yang dipakai untuk kelas yoga. Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengunjungi dan berbincang langsung dengan Founder Kamalini Yoga Studio, Mariana Sin.

Memasuki tahun ke 12 sejak berdiri pertama kali pada 2010 lalu, Mariana berharap lewat Kamalini Yoga Studio ia bisa lebih mempopulerkan lagi semangat beryoga agar semakin banyak orang bisa merasakan manfaat yoga. Bukan hanya untuk memperkuat tubuh namun juga sekaligus mencapai kesatuan jiwa, raga dan pikiran.

"Yoga adalah salah satu sistem perawatan kesehatan yang berfokus pada pikiran dan tubuh. Praktek yoga akan menguatkan sistem saraf, membantu kita untuk mencapai kesatuan jiwa, raga dan pikiran. Sehingga kita dapat berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan secara sadar lewat sikap positif," katanya.

Latihan Pakai Banyak Properti dengan Guru Berdedikasi Tinggi

Kamalini Yoga Studio menyediakan kelas yoga dari level beginner sampai advance. Biasanya satu sesi berlangsung selama 1 sd 1,5 jam tergantung kelas yang diambil. Jadwal operasional Kamalini Yoga Studio sendiri dimulai dari Senin hingga Sabtu dari pukul 07:30 pagi sampai 19:00 malam.

Jika sewaktu-waktu kamu tidak bisa hadir di studio namun tidak ingin melewatkan kelas, tersedia juga kelas online yang bisa kamu akses. Untuk melihat jadwalnya silahkan kunjungi Instagram Kamalini Yoga Studio di akun @kamaliniyoga.

Paket harga yang di tawarkan juga beragam. Kamu cukup membayar Rp 500 ribu untuk kelas dengan 12 kali pertemuan dalam sebulan. Opsi lainnya yaitu kelas dengan delapan kali pertemuan per bulan seharga Rp 400 ribu. Ada juga paket unlimited dimana kamu bisa datang setiap hari selama satu bulan dengan harga hanya Rp 600 ribu saja.

Cukup terjangkau bukan. Silahkan menghubungi lewat direct message Instagram di akun @kamaliniyoga untuk reservasi kelas.
Rekam jejak pelayanan disini semakin maksimal berkat kehadiran instruktur yoga bersertifikat dengan pengalaman mengajar yang professional. Misalnya Mariana Sin dengan Sertifikasi Level 2 dari Ramamani Iyengar Memorial Yoga Institute (RIMYI) di Pune, India sejak Desember 2017 lalu.

Selain itu guru-guru yoga top juga beberapa kali berkunjung dan mengajar di Kamalini Yoga Studio. Sebut saja seperti Jay Govinda, David Meloni, Yogi Zain, Olop Arpipi dan masih banyak lagi.

Untuk membuat suasana latihan yoga semakin kondusif, Kamalini Yoga Studio menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet dan kamar ganti yang bersih, loker untuk menyimpan barang, wi-fi, kafe, serta area parkir untuk kendaraan roda dua dan empat.

Saat memasuki ruangan studio yoga ini, kamu akan menemukan banyak sekali alat (properti) bukan cuma yoga mat saja. Pertama kamu akan disambut oleh banyaknya tali kurunta yang tergantung rapi di dinding dengan nuasa putih bersih.

Lalu ada pula kursi, jenisnya seperti kursi lipat, kemudian ada yoga block kayu, selimut, belt, bolster dan lainnya. Tujuan penggunaan properti ini salah satunya adalah agar kamu dapat melakukan tiap asana yoga dengan benar sekaligus meminimalkan potensi cedera.
Nah untuk membantu memaksimalkan latihan yoga kamu, pastikan untuk memilih yoga mat yang tepat. Kamu boleh memilih warna dan corak sesukamu namun ada beberapa kriteria yang tak boleh dilewatkan mengingat yoga mat fungsinya bukan sekedar sebagai alas saja.

Pilihlah yoga mat yang empuk dengan bahan non-slip untuk menghindari kaki tergelincir ketika berkeringat. Kamu juga dianjurkan memilih yoga mat dengan ketebalan 3mm sd 5 mm. Ini berguna untuk melindungimu dari benturan langsung dengan lantai. Kamu bisa menemukan yoga mat dengan kriteria tersebut di https://nirvanastore.id/

Yoga Adalah Kesatuan Jiwa, Raga Dan Pikiran

Penggunaan banyak property selama kelas berlangsung bukan tanpa alasan. Selain yang sudah disebutkan di atas, tujuan lainnya juga karena dalam Iyengar Yoga yang paling diutamakan adalah menuju pada asana yang benar untuk mencapai kesatuan jiwa, raga dan pikiran. Instruktur akan membahas asana secara detail dan mendalam. Nah, lewat bantuan properti-properti tadi, ketepatan asana dapat dicapai oleh tubuh secara maksimal.

Gerakannya tampak mudah, tapi percayalah jika ini adalah pengalaman pertama kamu, susah sekali dan harus mencoba berkali-kali. Walaupun terlihat hanya 'begitu-begitu saja' dijamin keringat tetap akan mengucur dengan deras.

Jika pose dan postur kita belum benar, badan seperti di 'dipaksa' untuk kembali berada di posisi yang memang sudah seharusnya. Sebenarnya di fase ini kita sekaligus diajarkan untuk bersyukur kepada Tuhan YME dengan menjaga keutuhan tubuh yang telah Tuhan berikan sejak kita lahir.

"Ketika lahir struktur tulang, postur tubuh kita benar dan rapi bukan? Namun semakin dewasa dengan banyak aktivitas, kita cenderung abai terhadap tubuh. Awalnya postur tubuh tegak dan bagus malah jadi buruk karena bungkuk," kata Mariana.
Ketepatan dan simetri postur tubuh begitu penting sebab postur tubuh yang tidak benar akan menggangu organ tubuh lainnya. Jika dibiarkan berlarut-larut juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

Misalnya saja pada tubuh dengan postur yang bungkuk. Ini akan membuat organ-organ dalam seperti jantung dan paru-paru tertekan. "Seharusnya, ada ruang antar organ sehingga paru-paru bisa bernapas lebih luas. Itulah mengapa jika asana dilakukan dengan tepat, kita bisa mendapatkan lebih banyak manfaat. Bukan sekadar peregangan tubuh saja," jelasnya.

Ini sesuai dengan pandangan BKS Iyengar atau yang dikenal juga sebagai Guruji bahwa ketepatan dan simetri ketika melakukan asana yoga bukan sekadar membetulkan postur. Namun juga akan melancarkan segala fungsi tubuh untuk kelangsungan hidup.

"Jika posisi tubuh kita seimbang dan tepat, maka nafas kita pun akan seimbang dan tepat. Nah jika nafas kita sudah seimbang dan tepat, maka pikiran, akal dan emosi kita pun akan mendapat efek yang super positif. Jadi dalam yoga bukan hanya asana (psikal) aja. Yoga itu sebenarnya harmoni dari ketiganya, Inilah alasan mengapa yoga adalah kesatuan antara jiwa, raga dan pikiran," jelasnya.

Jadi, kapan kamu akan mencobanya? Yuk, mulai yoga sekarang!

article

Artikel Terkait Lainnya