Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

19 December 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Gizi Tomat

Jenis-Jenis Tomat

Tomat Cherry

Tomat Roma

Tomat Beefsteak

Tomat Cherry Sun Gold

Manfaat Tomat Jika Dikonsumsi Secara Rutin

1. Tomat Sebagai Antioksidan

2. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

3. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

5. Menjaga Elastisitas Kulit

Sumber Referensi

Tomat sering ditemukan dalam berbagai olahan maupun campuran makanan. Baik diolah dengan bahan makanan lainnya seperti di saus tomat atau sup tomat. Hingga digunakan untuk menambah rasa dan tekstur makanan seperti di sandwich atau burger.

Kamu juga dapat mengonsumsi tomat sebagai minuman dengan di jus atau secara mentah sebagai camilan dengan menambahkan madu sesuai selara. Selain dapat memperkaya rasa makanan, konsumsi tomat secara teratur juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Ini karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam tomat.

Kandungan Gizi Tomat

Tomat mengandung banyak zat gizi yang penting untuk kesehatan. Itulah mengapa khasiatnya tak perlu diragukan. Mulai dari senyawa fenol, karotenoid hingga berbagai macam vitamin (A, C, dan K) serta mineral seperti mangan, tembaga dan kalium.

Tomat juga mengandung beberapa jenis asam lemak esensial seperti asam linoleat (kelompok asam lemak omega-6) dan asam linolenat (kelompok asam lemak omega-3). Keduanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, tomat juga mengandung serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Jenis-Jenis Tomat

Ada banyak jenis tomat yang dibudidayakan di seluruh dunia. Beberapa jenis tomat yang paling populer di antaranya adalah:

Tomat Cherry merupakan jenis tomat yang bisa dijuluki sebagai tomat mini. Tomat ini memiliki bentuk bulat kecil, berdiameter kurang dari 3 cm dan memiliki warna dari merah muda hingga merah tua.

Tomat Roma merupakan jenis tomat yang memiliki bentuk lonjong kecil dan berbentuk seperti buah plum. Tomat Roma juga memiliki warna merah terang dan kulitnya tipis dan halus.

Tomat Beefsteak merupakan jenis tomat yang memiliki bentuk bulat besar dan berwarna merah tua. Tomat ini memiliki kulit tebal dan daging yang lembut.

Tomat Cherry Sun Gold merupakan jenis tomat yang memiliki bentuk bulat kecil dan kulit tipis. Tomat ini berwarna kuning keemasan ketika matang dan memiliki rasa manis yang khas.

Manfaat Tomat Jika Dikonsumsi Secara Rutin

1. Tomat Sebagai Antioksidan

Tomat merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik karena mengandung likopen (jenis antioksidan yang kuat). Likopen dapat mencegah radikal bebas merusak sel-sel tubuh, sehingga dapat melindungi kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis kanker. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C, vitamin E dan mineral seperti kalium, yang semuanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan radikal bebas.

2. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam tomat akan membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ditambah kandungan vitamin A dalam tomat yang juga berperan dalam meningkatkan produksi antibodi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A dalam tomat ternyata juga bermanfaat untuk membantu mencegah penurunan kesehatan mata. Vitamin A adalah antioksidan yang akan melindungi sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, tomat juga mengandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan aliran darah ke mata hingga melindungi lensa mata.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Kandungan Vitamin C dalam tomat juga bisa membantu sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh. Di tambah kandungan serat di dalamnya sekaligus akan mengurangi risiko sembelit. Sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

5. Menjaga Elastisitas Kulit

Tomat mengandung banyak vitamin dan mineral yang juga bermanfaat bagi kecantikan. Vitamin A dalam tomat dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Sementara Vitamin E di dalamnya dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Selain dikonsumsi kamu juga dapat membuat masker wajah dari tomat untuk mempercantik kulit wajah secara alami.

Sumber Referensi


dr Rio Aditya. 2022. Kandungan Gizi Tomat yang Bisa Kamu Nikmati [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/kandungan-gizi-tomat-yang-bisa-kamu-nikmati di akses tanggal 16 Desember 2022)

dr Sienny Agustin. 2021. Sering Disangka Sayur, Ini 9 Manfaat Tomat bagi Kesehatan [online] (https://www.alodokter.com/9-manfaat-tomat-buah-yang-disangka-sayur di akses 16 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya